ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET (SMARTPHONE) TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 SOSOPAN

Penulis

  • Rummin Siregar Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Hanifah Nur Nasution Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Ahmad Zainy Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Abstrak

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, yang didasarkan pada hasil pengumpulan data. Adapun
kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dampak negatif dan dampak positif dari penggunaan gadget
(smartphone) terhadap karakter peserta didik, dimana dampak positifnya adalah dengan adanya gadget (smartphone)
dapat menambah pengetahuan bagi peserta didik, seperti mencari sumber informasi, meningkatkan kratifitas dalam
belajar peserta didik. Menurut respon peserta didik setelah dilakukan penelitian dampak positif dari penggunan
gadget (smartphone) dapat menambah pengetahan bagi peserta didik seperti mencari sumber atau informasi,
mencari referensi saat belajar, mempermudah komunikasi antara peserta didik dan guru arau sesama teman, dan
dapat meningkatkat kemampan dalam mengatur waktu. Kemudian dampak negatifnya adalah menggaggu
konsentrasi saat belajar, malas menulis dan membaca diakibatkan pada saat belajar peserta didik menjadi tidak fokus
dan hanya teringat dengan gadget (smartphone). Mrnurur respon peserta didik setelah dilakukan penelitian dampak
negatifnya yaitu dapat merusak penglihatan peserta didik, peserta didik menjadi malas belajar karena teringat dengan
gadget (smartphonnya), mengganggu konsentrasi peserta didik saat belajar, dan banyak peserta didik yang
kecanduan bemain gadget (smartpohne) nya. Implikasi penelitian merupakan arahan dan tindak lanjut dari makna
yang terkandung dalam temuan penelitian. Dalam penelitian ini ditemukan banyaknya dampak negatif bagi peserta
didik. Contohnya seperti peserta didik yang kecanduan bermain gadget (smartphone) sehingga banyak peserta
didik yang menggunakan gadget (smartphone) pada saat proses belajar mengajar. Seharusnya dalam proses belajar
mengajar peserta didik tidak menggunakan gadget (smartphone), jika tidak dibutuhkan

Referensi

Atikah, N., & Sumardjoko, B. (2019). Penggunaan

Gadget di Kalangan Anak Sekolah (Studi

Kasus di Desa Girilayu, Kecamatan Matesih,

Kabupaten Karanganyar) (Doctoral

dissertation, Universitas Muhammadiyah

Surakarta).

Indrayani, N. M. (2021). Dampak Penggunaan Media

Komunikasi (Gadget) terhadap Perubahan

Perilaku pada Generasi Muda Hindu.

Lampuhyang, 12(1), 1-16.

Muttabiah, A., Suryani, E., & Hawa, A. M. (2021).

Dampak Penggunaan Gadget Terhadap

Interaksi Sosial Peserta Didik.

JANACITTA, 4(2).

Ngatiman, N., & Ibrahim, R. (2018). Pendidikan

Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam.

Manarul Qur'an: Jurnal Ilmiah Studi Islam,

(2), 213-228.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kualitatif.

Bandung: Alfabeta.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-05-22

Cara Mengutip

Rummin Siregar, Hanifah Nur Nasution, & Ahmad Zainy. (2024). ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET (SMARTPHONE) TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 SOSOPAN. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 108–114. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1492

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5