PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS 3 DIMENSI PADA MATERI PENGKABELAN LAN MENGGUNAKAN BLENDER 3D DI SMK SWASTA TERUNA PADANGSIDIMPUAN
Kata Kunci:
perancangan, media pembelajaran 3 dimensi, Blender 3D, ADDIEAbstrak
Peningkatan mutu pendidikan dapat terwujudkan apabila dalam proses kegiatan pembelajaran berjalan dengan lancar, terarah dan mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran bertujuan untuk mengembangkan seluruh kemampuan dan potensi siswa untuk memenuhi tuntutan kebutuhan zaman dan mempunyai daya saing dalam mempertahankan kehidupannya di era global. Proses belajar mengajar di jaman sekarang ini tidak bisa kita pisahkan dari pemanfaatan teknologi. Salah satu pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan yaitu dengan memanfaatkan media pembelajaran. Banyak jenis media yang dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan pembelajaran, salah satunya adalah media pembelajaran berbasis tiga dimensi (3D). Penelitian ini bertujuan untuk merancang Media pembelajaran Berbasis 3 Dimensi Pada Materi Pengkabelan LAN (Local Area Network) Menggunakan Blender 3D dan Untuk mengetahui kelayakan suatu produk tertentu. Penelitian ini menggunakan Metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan Model atau pendekatan ADDIE yang terdiri dari, (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa data dari ahli dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi dari ahli media mendapatkan nilai persentase 92% dan dari ahli materi 96% dan dapat dikategorikan dengan kategori “Sangat Valid”. Selanjutnya hasil uji respon siswa kelas X TKJ adalah 90,5% dan dapat dikategorikan dengan kategori “Sangat Layak”.
Referensi
Aghni Rizqi Ilyasa. (2018). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Volume XVI, Nomor1.
Azis Nur, Pribadi Gali Dan Nurcahya Manda Savitrie. (2020). Analisa Dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Ingris Dasar Berbasis Android. Jurnal IKRA-ITH Informatika. Volume 4 Nomor 3.
Dana, P. D. A., Sunarya, I. M. G., & ... (2022). Pengembangan Film Animasi 3 Dimensi Tude The Movie-Hilangnya Handphone Bayu Saat Bermain Deduplak. Jurnal Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI). Volume 11 Nomor 3.
Faujiah, N., Septiani, S. N., Putri, T., Setiawan, (2022). Kelebihan Dan Kekurangan Jenis-Jenis Media. Jurnal Telekomunikasi, Kendali Dan Listrik. Volume 3 Nomor 2.
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, Volume 2 Nomor 1.
Nasution, N Hanifah, 2022. Perancangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Canvapada
Mata Pelajaran Administrasisistem Jaringan. Jurnal Vinertek Vol.2No.3
Limbong Elia, Dkk. (2017). Rancang Bangun Animasi 3 Dimensi Budaya Pasisiran. Jurnal Teknik Informatika. Volume 10 Nomor 1.
Muhson Ali. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Media Sisfo. Volume 8 Nomor 3.
Sumantri Maulana Muhammad, Dkk. (2020). Animasi 3 Dimensi Proses Mimikri Bunglon. Sasak : Desain Visual Dan Komunikasi. Volume 2 Nomor 1.
Nasution, N Hanifah, 2022. Perancangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Canvapada Mata Pelajaran Administrasisistem Jaringan. Jurnal Vinertek Vol.2No.3EdisiOktober 2022
Ulfa M. (2019). Perancangan Animasi 3D Gedung Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah Sebagai Media Informasi. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi. Volume 2 Nomor 1.