PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMINJAMAN BUKU PADA PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 3 PADANGSIDEMPUAN

Penulis

  • Rizky Johanes Markus ipts
  • Hanifah Nur Nasution institut pendidikan tapanuli selatan
  • Ermawita institut pendidikan tapanuli selatan

Kata Kunci:

Perpustakaan, Microsoft Visual Studio, Sistem Informasi

Abstrak

Sistem informasi peminjaman buku di sekolah SMK Negeri 3 Padangsidimpuan masih bersifat manual dan belum pernah menerapkan sistem peminjaman berupa aplikasi, dimana cara peminjaman yang dilakukan yaitu masih menulis di buku besar dan ditulis secara manual bagi siswa yang akan meminjam buku, oleh karena itu peneliti memberikan masukan berupa sistem peminjaman dengan menggunakan aplikasi peminjaman buku karna peneliti mengetahui sekolah tersebut belum pernah menerapkan sistem peminjaman buku berbasis aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang system informasi peminjaman buku pada perpustakaan SMK Negeri 3 Padangsidimpuan dengan aplikasi pendukung yaitu Microsoft Visual Studio. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model Waterfall. Metode Waterfall bersifat serial yang dimulai dari proses perencanaan, analisis kebutuhan, tahap design (System & Software Design), pengkodean (Coding), Pengujian program, dan implementasi Perancangan sistem informasi peminjaman buku pada perpustakaan SMK Negeri 3 Padangsdimpuan dengan tahap waterfall menghasilkan produk sistem peminjaman buku berupa aplikasi yang mudah digunakan oleh staff perpustakaan maupun siswa yang akan meminjam buku.

Referensi

Ahmad Hanafie. 2022. Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri (Mtsn) 4 Bone Berbasis Web. Jurnal Teknologi dan Komputer Vol 1. No. 2

D. Syahrul Suci Romadhon, 2019. Perancangan Website Sistem Informasi Simpan Pinjam menggunakan Framework Codeiginter pada Koperasi Bumi Sejahtera Jakarta, J. Inf. Syst. Informatics Comput.3,(1)

Darwati, I. 2017. Rancang Bangun Peminjaman Dan Pengembalian Buku Pada Perpustakaan Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer.

Ichsan Raksa Gumilang.2022. Penerapan Metode Sdlc (System Devlopment Life Cycle) Pada Website Penjualan Produk Vapor. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Teknik. 1 (1)

Iqbal, M. 2019. 5 Jam Belajar PHP MySQL dengan Dreamweaver CS3. Yogyakarta: Deepublish Publisher

Nelam Maisya Anjelina. (2022). Perancangan Aplikasi Layanan Perpustakaan Berbasis Android (Studi Kasus : Sma N 1 Salimpaung)

Sandi Nova, Yudhi Yanuar 2021. Perancangan Sistem Informasi Nilai Berbasis Desktop Dengan Microsoft Visual Studio 2012 Dan Microsoft Sql Server 2012 Di Smk Wiraswasta Cimahi

Slamet Ashadi, April Firman Daru. (2021). Aplikasi Perpustakaan Menggunakan Microsoft Visual Basic 2010. Jurnal Information Science and Library e- vol.2 (1)

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Nasution, N Hanifah, 2022. Perancangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Canvapada Mata Pelajaran Administrasisistem Jaringan. Jurnal Vinertek Vol.2No.3EdisiOktober 2022

Zeni Muhammad Noer, dan Adrian Ramdhan. 2019. Sub Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Di SMK MJPS 3 Kota Tasikmalaya. Jurnal Teknik Informatika. 7 (1)

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-10-28

Cara Mengutip

Rizky Johanes Markus, Hanifah Nur Nasution, & Ermawita. (2024). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMINJAMAN BUKU PADA PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 3 PADANGSIDEMPUAN. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(3), 78–88. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/2400

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>