EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT BERBANTU MEDIA QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 AEK NABARA BARUMUN

Penulis

  • Anisya Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Hanifah Nur Nasution institut pendidikan tapanuli selatan
  • Mutiara Siagian institut pendidikan tapanuli selatan

Kata Kunci:

tgt, hasil belajar, quiziz

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament berbantu media Quizizz pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Aek Nabara. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Aek Nabara. Metode yang digunakan yaitu metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas kelas X TKJ SMK Negeri 1 Aek Nabara Barumun yang terdiri satu kelas yang berjumlah 26 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas X TKJ  sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Sesuai dengan hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament berbantu media Quizizz di kelas X TKJ SMK Negeri 1 Aek Nabara diperoleh nilai rata-rata sebesar 85.38 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 4.324 > 1.708. Selanjutnya dapat disimpulkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Berdasarkan hasil konsultasi nilai tersebut, maka hipotesis alternatif diterima atau disetujui kebenarannya yaitu “Terdapat efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament berbantu media Quizizz pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Aek Nabara”.

Referensi

Arikunto, Suharsimi, 2016. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad Azhar, 2017. Media Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Istarani. 2016. Kumpulan 39 Metode Pembelajaran. Medan: Iscom Medan.

Margono.S. 2015. Metodologi penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pudji Muljono dan Djaali. 2018. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Rangkuti. Ahmad Nizar. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif PTK. dan Penelitian Pengembangan. Bandung: Cita Pustaka Media.

Setiyoningtyas, Riska. 2020. Pengembangan Quizizz-Assisted Test Berbasis Literasi Sains Pada Materi Larutan Elektrolit Nonelektrolit. Journal of Chemistry In Education. Volume 9

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-08-21

Cara Mengutip

Anisya, Hanifah Nur Nasution, & Mutiara Siagian. (2024). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT BERBANTU MEDIA QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 AEK NABARA BARUMUN. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 2(3), 61–66. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1500

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>