PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HAKIKAT TIK DAN KOMPUTER DI KELAS X SMA NEGERI 1 SIHAPAS BARUMUN

Penulis

  • Mizah Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Rahmad Fauzi institut pendidikan tapanuli selatan
  • Mutiara institut pendidikan tapanuli selatan

Kata Kunci:

Problem Based Learning (PBL), TIK, Minat belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sejauh mana Pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap minat belajar siswa pada materi pokok hakikat TIK dan komputer di kelas X SMA Negeri 1 Sihapas Barumun. Jenis penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen dengan penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sihapas Barumun yang terdiri dari 2 dengan jumlah siswa 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara Total Sampling, sehingga sampel penelitian yang diambil yaitu kelas X IPA sebagai kelas eksperimen dan X IPS sebagai kelas kontrol. Untuk memperoleh data, penulis menggunakan angket berupa angket Problem Based Learning (PBL) dan angket minat belajar siswa untuk kedua variabel tersebut. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif diperoleh nilai rata-rata minat belajar siswa pada materi pokok hakikat TIK dan komputer sebelum menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berada pada kategori “Baik”. Sedangkan sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berada pada kategori “Sangat Baik”. Sedangkan minat belajar siswa pada kelas kontrol berada pada kategori “Kurang” dan pada kelas eksperimen berada pada kategori “Sangat Baik”. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji “t-test”. Dari hasil perhitungan yang dilakukan, diperoleh nilai yang signifikasi pada kelas X IPA dan kelas X IPS. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Artinya penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi pokok hakikat TIK dan komputer di kelas X SMA Negeri 1 Sihapas Barumun.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Batubara Husein Hamdan. 2017. Teknologi

Informasi dan Komunikasi (TIK). Yogyakarta: Deepublish

Fauzia Awalia Hadist. 2015. Penerapan

Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD.

Nasution, H. N. (2022). PERANCANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO 8.5 PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KELAS IX SMP NEGERI 5 MUARA BATANG GADIS. Jurnal Education and Development, 10(1), 438-444.

Nasution, H. N., & Nasution, S. W. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android matakuliah aplikasi komputer guna meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Education and Development, 5(1), 8-8.

Nasution, H. N., Fauzi, R., & Hidayat, T. (2022). Sistem Pengenalan Biji Kopi Arabika, Robusta, Liberika, Dan Eksalsa Mengunakan Metode S Yuleq. Jurnal Education And Development, 10(1), 415-418.

Nasution, H. N., Rambe, E., & Hidayat, T. (2017). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Elektronik Berbasis Web. Jurnal Education and Development, 6(3), 69-69.

Nasution, S. W. R., & Nasution, H. N. (2020). Perancangan dan Implementasi Bahan Ajar Berbasis Penelitian Microsoft Office 2013 pada Mata Kuliah Aplikasi Komputer di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jurnal Education and Development, 8(4), 415-415.

Nasution, S. W. R., Nasution, H. N., Fauzi, R., & Harahap, M. S. (2020). Pengaruh Promosi Perguruan Tinggi terhadap Peningkatan Peluang Kerja pada Warga Desa Sampean. Jurnal Education and Development, 8(2), 16-16.

Nasution, S. W. R., Siregar, L. H., & Situmorang, R. S. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER DI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 12(1), 269-274.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-08-21

Cara Mengutip

Mizah, Rahmad Fauzi, & Mutiara. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HAKIKAT TIK DAN KOMPUTER DI KELAS X SMA NEGERI 1 SIHAPAS BARUMUN. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(2), 56–65. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1507

Terbitan

Bagian

Informatika

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2