IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DI PASAR SAROHA KOTA
Kata Kunci:
Manajemen,, pemasaran, kepuasan.Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengimplementasikan manajemen pemasaran dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di pasar saroha kota padangsidempuan. Penelitian ini dilakukan di pasar saroha kota padangsidempuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatatif dengan jenis metode deskriptif dengan mengumpulkan data dari kegiatan observasi lapangan, melakukan wawancara terhadap sumber/objek yang relevan, dan pengambilan dokumentasi di lokasi penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penyediaan manajemen pemasaran di pasar akan menjadi lebih baik apabila perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengevaluasian. Tujuan diimplementasikannya manajemen pemasaran ini adalah untuk mempermudah berlangsungnya strategi serta proses pemasaran tersebut.Penyediaan manajemen pemasaran ini mencakup semua proses dalam manajemen dan juga semua aspek dalam manajemen pemasaran antara lain: strategi produk, strategi harga, strategi pasar, strategi promosi.
Referensi
Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Astute, Miguna.Manajemen Pemasaran (CVBudiUtama,Yogyakarta: 2015)
Muniarty, Puji. Manajemen Pemasaran ( PT Global Eksekutif Teknologi , Sumatera Barat: 2020).
Sarifuddin (2019). Implementasi Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Kepuasan pelanggan di Madrasa ‘Aliyah Terpadu (MAT) Darul Fallah Bogor, Jurnal manajemen pendidikan islam. Vol.02., No. 02.
Setiadi, J.N. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategidan Penelitian Pemasaran, Jakarta: Prenada Media.
Zainurossalamia, Saida. Manajemen Pemasaran Teori dan Strategi.