PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X TKJ DI SMK NEGERI 1 PANYABUNGAN
Kata Kunci:
Discovery Learning, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer kelas X TKJ SMK Negeri 1 Panyabungan. Penelitian dilakukan dengan metode True-Experimental Design desain (posttest only control design), dengan sampel 60 siswa yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Lembar observasi menunjukkan penilaian ranah sikap siswa kelas eksperimen adalah 2,68 (kategori baik) dan kelas kontrol adalah 2,43 (kategori cukup). Artinya peneliti telah melaksanakan model pembelajaran discovery learning sesuai dengan langkah-langkahnya. Rata-rata hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran discovery learning adalah 73,30 (kategori B+) dan yang tidak menggunakan model pembelajaran discovery learning adalah 68,12 (kategori B). Selanjutnya dengan menggunakan uji Normalitas ditemukan nilai >0,05 dan disimpulkan tes yang dilakukan berdristribusi normal, uji Homogenitas diketahui nilai signifikasinya 0,654>0,05 artinya data yang dikumpulkan bersifat homogen, dan uji hipotesis diketahui nilai signifikasinya 0,000<0,05. Disimpulkan ada pengaruh dari model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer kelas X TKJ SMK Negeri 1 Panyabungan.
Referensi
Andriani, A., & Wakhudin, W. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di Mim Pasir Lor Karanglewas Banyumas. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 51-63.
Asmawadi, A. (2021). Fun learning melalui media whatsapp pada pembelajaran jarak jauh untuk kelas 1 sekolah dasar. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 1-10.
Mukhlisin, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 20(2), 321-334.
Nasution, N Hanifah, 2022. Perancangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Canvapada Mata Pelajaran Administrasisistem Jaringan. Jurnal Vinertek Vol.2No.3EdisiOktober 2022
Rohayati, T., & Dwiyanti, W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. PI-MATH – Jurnal Pendidikan Matematika Sebelas April, 1(2), 84-95.
Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.