PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR

Penulis

  • Dini Tiara Pangestu institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Hanifah Nur Nasution institut pendidikan tapanuli selatan
  • Febriani Hastini Nasution institut pendidikan tapanuli selatan
  • Thofik Hidayat institut pendidikan tapanuli selatan

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Aplikasi Quizizz, hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Marancar pada materi Instalasi Jaringan Komputer. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian Kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain penelitian Pre-Experimental Designs (nondesigns) tipe One Group Pretst and Postest Design. Populasinya adalah seluruh  siswa Kelas X TKJ Di SMK Negeri 1 Marancar yang terdiri dari satu kelas berjumlah 24 Siswa yang terdiri dari 17 orang perempuan dan 7 orang laki-laki, dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ materi Instalasi Jaringan Komputer. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil uji Paired Samples Test yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Hditolak dan Ha diterima karena nilai signifikan (2-tailed) tersebut adalah 0,00 lebih kecil dari 0,05.

Referensi

Ardianto, F., & Akbar, T. 2017. Perancangan Sistem Monitoring Keamanan Jaringan Jarak Jauh Menggunakan Mikrotik Operational System Melalui Virtual Private Network. Jurnal Surya Energy, 2(1), 135-139.

Darsono. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Negeri Segugus Ahmad Dahlan Kecamatan Sruweng. Jurnal Cakrawala: Studi Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial, 4(2), 300-307.

Jauhari, T., Hikmawati, H., & Wahyudi, W. 2016. Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media phet terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 1 Gunungsari tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(1), 7-12.

Nasution, H. N. (2022). PERANCANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO 8.5 PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KELAS IX SMP NEGERI 5 MUARA BATANG GADIS. Jurnal Education and Development, 10(1), 438-444.

Nasution, H. N., & Nasution, S. W. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android matakuliah aplikasi komputer guna meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Education and Development, 5(1), 8-8.

Nasution, H. N., Fauzi, R., & Hidayat, T. (2022). Sistem Pengenalan Biji Kopi Arabika, Robusta, Liberika, Dan Eksalsa Mengunakan Metode S Yuleq. Jurnal Education And Development, 10(1), 415-418.

Nasution, H. N., Rambe, E., & Hidayat, T. (2017). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Elektronik Berbasis Web. Jurnal Education and Development, 6(3), 69-69.

Nasution, S. W. R., & Nasution, H. N. (2020). Perancangan dan Implementasi Bahan Ajar Berbasis Penelitian Microsoft Office 2013 pada Mata Kuliah Aplikasi Komputer di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jurnal Education and Development, 8(4), 415-415.

Nasution, S. W. R., Nasution, H. N., Fauzi, R., & Harahap, M. S. (2020). Pengaruh Promosi Perguruan Tinggi terhadap Peningkatan Peluang Kerja pada Warga Desa Sampean. Jurnal Education and Development, 8(2), 16-16.

Nasution, S. W. R., Siregar, L. H., & Situmorang, R. S. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER DI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 12(1), 269-274.

Rendro, D. B. dkk, 2020. Analisis Monitoring Sistem Keamanan Jaringan Komputer Menggunakan Software NMAP (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Kota Serang). Jurnal Prosisko, 108-115.

Rusman. 2019. Model - Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sujatno, E. L., Mewengkang, A., & Takaredase, A. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 1(5), 567-580.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-08-21

Cara Mengutip

Dini Tiara Pangestu, Hanifah Nur Nasution, Febriani Hastini Nasution, & Thofik Hidayat. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(2), 66–71. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/2141

Terbitan

Bagian

Informatika

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>