PERANCANGAN MODUL PRAKTIKUM BERBASIS WEB PADA MATERI ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN DI SMA NEGERI 1 BATANGTORU

Penulis

  • Ika Nurhasanah Rambe Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Hanifah Nur Nasution Intitut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Sari Wahyuni Rozi Nasution Intitut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Arsyad Harahap Intitut Pendidikan Tapanuli Selatan

Kata Kunci:

perancangan, modul, ADDIE, algoritma dan pemrograman

Abstrak

Di era teknologi komunikasi dan informasi saat ini, pendidikan di Indonesia dituntut untuk selalu bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman masa kini. Untuk mewujudkan suasana pembelajaran dan proses pembelajaran yang efektif, diharapkan guru dapat memanfaatkan berbagai sumber belajar agar potensi peserta didik dapat dikembangkan secara maksimal untuk mewujudkan tujuan pendidikan.. Salah satunya adalah dengan adanya modul praktikum yang dapat dijadikan pedoman belajar baik bagi siswa maupun guru. Modul adalah suatu bahan ajar yang terurai secara lengkap dan berdiri sendiri yang didalamnya memuat tujuan, pokok-pokok materi, sumber belajar. Lembar kerja dan program evaluasi Praktikum merupakan suatu metode pembelajaran berbentuk pengamatan dan alasisi, biasanya kegiatan ini dilakukan di ruang laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perancangan modul praktikum berbasis web pada materi algoritma dan pemrograman dan untuk mengetahui kelayakan modul praktikum berbasis web pada materi algoritma dan pemrograman di SMA Negeri 1 Batangtoru. Penelitian ini menggunakan metode R & D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang teridiri dari (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain/Perancangan), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), dan (5) Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Batangtoru yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa data dari ahli, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi dari dua ahli modul praktikum nilai persentase 90%, dan dapat dikategorikan Sangat Valid. Selanjutnya hasil persentase kelayakan dari respon siswa XI MIA 3 mendapatkan nilai persentase 87,3% dengan mendapatkan kategori Sangat Baik.

 

Referensi

Febrina Tasya, dkk. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Matematika berbasis web.

Nisa (2017). Metode Praktikum untuk meningkatkan Pemahaman Hasil Belajar siswa kelas X MI YPPI 1945 Babat pada materi zat tunggal dan campuran

Sugiyono.(2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-02-05

Cara Mengutip

Rambe, I. N., Hanifah Nur Nasution, Sari Wahyuni Rozi Nasution, & Arsyad Harahap. (2024). PERANCANGAN MODUL PRAKTIKUM BERBASIS WEB PADA MATERI ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN DI SMA NEGERI 1 BATANGTORU. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 17–20. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1222

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>