PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI CISCO PACKET TRACER TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI TKJ PADA MATA PELAJARAN JARINGAN BERBASIS LUAS (WAN) DI SMK NEGERI 1 SIPIROK

Penulis

  • nina nurchalizh institut pendidikan tapanuli selatan
  • Rahmad Fauzi
  • Ahmad Zainy

Kata Kunci:

cisco packet tracer, minat belajar, media pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran nyata tentang 1) Untuk mengetahui minat belajar siswa melalui penerapan media pembelajaran aplikasi Cisco Packet Tracer pada mata pelajaran jaringan berbasis luas (WAN) di SMK Negeri 1 Sipirok, 2) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran aplikasi Cisco Packet Tracer terhadap minat belajar siswa kelas XI  TKJ pada mata pelajaran jaringan berbasis luas (WAN) di SMK Negeri 1 Sipirok.Metode penelitian adalah kuantitatif, populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI  TKJ di SMK Negeri 1 Sipirok  sebanyak 2 kelas yang berjumlah sebanyak 54 orang. Selanjutnya ditetapkan sampel sebanyak 28 orang dengan cara randoom sampling. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah angket dan tes. Kemudian data hasil penelitian diolah dengan dua tahap dimana tahap pertama dengan analisis deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran kedua variabel penelitian. Kemudian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh diantara kedua variabel maka diunakan rumus uji-t. Dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata hasil penerapan media pembelajaran aplikasi Cisco Packet Tracer adalah 85 dengan kategori ”Sangat Baik” dan rata-rata keterampilan menulis cerita pendek siswa adalah 74 dengan kategori “Baik”. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diketahui thitung lebih besar diabanding ttabel yaitu (3,207 > 0,684) maka hipotesis yang ditegakkan diterima kebenarannya. Artinya “Terdapat pengaruh media pembelajaran aplikasi Cisco Packet Tracer terhadap minat belajar siswa kelas XI  TKJ pada mata pelajaran jaringan berbasis luas (WAN) di SMK Negeri 1 Sipirok”.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan untuk bidang Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

_________________. 2018. Prosedur Penelitian Kualitatif dan Kuantitai. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Arico Ayani Suparto dan Rahmat Shofan Razaqi, (2019) Penerapan Cisco Packet Tracer Sebagai Media Pembelajaran Jaringan Untuk Meningkatkan Hasil BelajarSiswa pada Kelas X TKJ di SMK 2 Ibrahimy Sukorejo.

Asyar, 2019. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Dalyono, 2017. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, 2018. Kemampuan Dasar Mengajar (Landasan dan Konsep. Implementasi). Bandung: PT Alfabeta.

Deki Purnawan dan Fitri Astutik, (2018) Pengaruh Penggunaan Simulasi Jaringan Komputer Cisco Packet Tracer Terhadap Kreativitas Belajar Siswa.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Djamarah, 2016. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta. Ekasari.

Erwan, A. P dan Dyah, R. S. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Gava Media.

Fathurrohman Muhammad, 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Gie, 2019. Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta. Liberty.

Hamalik, Oemar, 2018. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Hakim, Luqman dan Razaqi, Rahmat Shofan, 2019. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Cisco Packet Tracer Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ1 Pada Mata pelajaran Komputer Jaringan Dasar di SMK Negeri 1 Kendit Situbondo. Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi.

Hamzah , 2017. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi. Aksara.

Hariyanto, 2017. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Refika Aditama.

Ismail, 2016. Pengembangan Kemampuan Kreativitas dalam. Jakarta: Kencana.

Iwan, 2010. Membangun Web Berbasis PHP Dengan Framework Codeigniter. Yogyakarta : Lokomedia.

Nasution, Edin Efendi, 2015. Pengaruh Media Packet Tracer Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Perancangan Wide Area Network (WAN) Program keahlian Teknik Komputer Jaringan (TKJ) di SMK Swasta Persatuan Amal Bakti 5 Klambir Lima Deli Serdang. Skripsi UNIME

Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Sarana Dan Prasarana Menjelaskan Bahwa Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Peraturan Pemerintah No 19 tahun 2005 Pasal 1.

Sardiman, 2016. Intraksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rajagrafindo.

Slameto, 2017. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Bina Aksara.

Suryani dan Hendryadi, 2016. Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta : Prenadamedia Group.

Sulaiman, O. S. 2018. 13 Lab Cisco Packet Tracer Routing and Switching. Medan: CV Budi Utama.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

________. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukri Hadi dan Ary Purmadi, 2018. Pengaruh Media Packet Tracer Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK.

Tersiana. 2018. Metode Penelitian . Yogyakarta : Tarsito.

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-10-23

Cara Mengutip

nurchalizh, nina, Fauzi, R. ., & Zainy, A. (2021). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI CISCO PACKET TRACER TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI TKJ PADA MATA PELAJARAN JARINGAN BERBASIS LUAS (WAN) DI SMK NEGERI 1 SIPIROK. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 1(3), 1–7. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/238