PENERAPAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 SIPIROK

Penulis

  • Hasnan institut pendidikan tapanuli selatan
  • Hanifah Nur Nasution
  • Ahmad Zainy

Kata Kunci:

Media E-Learning, edmodo, hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media e-learning berbasis edmodo efektif dan efisien digunakan terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ 1 di SMK Negeri 1 Sipirok. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen design dengan desain one group pre-test post-test design.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Sipirok. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas X TKJ 1 yang berjumlah 26 orang siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh didapatkan uji normalitas untuk pre-test terdistribusi normal karena Lo < Ltabel. Sedangkan uji normalitas untuk post-test juga terdistribusi normal sebesar 0,14 < 0,173. Untuk uji homogenitas dari kedua data didapatkan Fhitung sebesar 1,642 sedangkan Ftabel sebesar 1,95 yang artinya data yang diperoleh bervarian homogen karena Fhitung<Ftabel.  Setelah data terdistribusi normal dan homogen maka dilakukan uji t untuk membuktikan hipotesis. Pada uji t diperoleh thitung 24,41 sedangkan ttabel sebesar 1,676. Berdasarkan konsultasi nilai hipotesis tersebut maka hipotesis yang diajukan dapat diterima karena thitung < ttabel, maka penerapan media e-learning berbasis edmodo pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar efektif dan efisien digunakan terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ 1 di SMK Negeri 1 Sipirok.

Referensi

Cahdriyana, Rima Aksen. 2016. Karakteristik Media Pembelajaran Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP. Journal of Mathematics Education. 2(2). Hal. 1-1.

Dharmawati. 2017. Penggunaan Media e-Learning Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran English for Business. Query: Jurnal Sistem Informasi. 01(01). Hal. 43-49.

Hadibin, Mochamad Miswar, dkk. 2017. Pembangunan MEDIA Pembelajran Teknik Komputer Jaringan Kelas X Semester Ganjil Pada Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Bangsa PATI Berbasis Multimedia Interaktif. IJCS-Indonesian Journal on Computer Sciences. ISSN. 1979-9330. Hal. 1-6.

Haryawan, Agus. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Sebagai Pendukung Kuliah Jaringan Komputer di Politama. Politeknosains. 15(1). Hal. 1-7. 3(1). Hal. 79-86.

Miftah, M. 2013. Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan. 1(2). Hal. 95-105.

Noor, Juliansyah. 2016. Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenamedia Group.

Rahmaningrum, Vardana Nur. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran E-learning Berbasis Edmodo Pada Mata Pelajaran Penerapan Elektronika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Teknik Audio Video di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 05(03). Hal. 689-696.

Sa’diyah, Halimah, dkk. 2016. Pengembangan Media E-learning Berbasis Edmodo Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Depok. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan.

Septanto, Henri. 2015. Elearning Menggunakan Edmodo Sebuah Aplikasi Pembelajaran Berbasis Web Pada Kelas Shift di STMIK Bina Insani. Bina Insani ICT Journal. 2(2). Hal. 121-141.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantiatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-10-23

Cara Mengutip

Hasnan, Nasution, H. N., & Zainy, A. (2021). PENERAPAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 SIPIROK. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 1(3), 25–31. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/241

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama