PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SEMESTER GANJIL TAHUNAJARAN 2020-2021 DI KELAS III SD NEGERI NO. 100109 PANOBASAN LOMBANG

Penulis

  • Ahmad Zainy INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN
  • Sukriadi Hasibuan
  • Ayu Audya Muliyani

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah ada pengaruh  peran orangtua antara hasil belajar siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2020-2021  kelas  III SD Negeri 100109 Panobasan Lombang , jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Penelitian korelasi adalah penelitian yang ditujukan untuk mengungkapkan pengaruh  antar variabel, Populasi pada penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 100109 Panobasan Lombang sebanyak 20 siswa, Sampelini menggunakan teknik Total Sampling. Sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 100109 Panobasan Lombang yang berjumlah 20 siswa.Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen peran orangtua, karena hasil belajar didapat melalui metode dokumentasi. Instrumen peran orangtua berbentuk angket atau kuesioner. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner(angket) dan dokumentasi.Dari hasil analisis data yang telah dikemukakan maka kesimpulan yang dapat diperoleh adalah:  peran orangtua siswa kelas III SD Negeri 100109 Panobasan Lombang berada pada “kurang” dengan rata – rata 56,252) Hasil belajar pada semester ganjil tahun ajaran 2020-2021 kelas III SD Negeri 100109 Panobasan Lombang berada kategori baik dengan rata-rata 71,5, dan Berdasarkan perhitungan yang dilakukan untuk menguji hipotesis yang ditetapkan diperoleh  Jadi perhitungan data diatas menunjukaan bahwa rhitungl< ttabel  yaitu rhitung < rtabel (0.0028> 0.468). Berdasarkan hasil analisis di atas, maka di peroleh nialai  thitung  sebesar 0.011. sedangkan nilai ttabel   1, 734 dengan taraf signifikan 0,05 dan  dk = N -2 =20-2 =18 diperoleh ttabel   = 0,05 , (30) = 1,734. Jadi thitung   lebih kecil dari pada ttabel  atau 0.011 < 1,734. Artinya tidak terdapat pengaruh  yang signifikan antara peran orangtua siswa dengan hasil belajar pada semester ganjil tahun ajaran 2020-2021 di kelas III SD Negeri 100109 Panobasan Lombang.

Referensi

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Emzir. 2015. Mettodologi Penelitian Pendidikan ( Kuantitatif & kualitatif). Jakarta: Rajawali Pers.

Muthmainnah. 2012. Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Pribadi Anak yang Androgynius Melalui Kegiatan Bermain.Jurnal Pendidikan Anak Volume 1 Edisi 1 (2012).

Novrinda. 2017. Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensia Vol 2 No . 1 (2017)

Nizar, Ahmad Rangkuti. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Ciptapustaka Media.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Slameto. 2012. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Memeprngaruhinya. Bandung. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2012. Penelitian Hasil Proses Mengjar. Bnadung: Remaja Rosda Karya

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-02-07

Cara Mengutip

Zainy, A., Sukriadi Hasibuan, & Ayu Audya Muliyani. (2022). PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SEMESTER GANJIL TAHUNAJARAN 2020-2021 DI KELAS III SD NEGERI NO. 100109 PANOBASAN LOMBANG. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 2(1), 20–25. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/301