PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATERI KOMPUTER DANJARINGAN DASAR

Penulis

  • Lia Hasanah Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Rahmad Fauzi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Ahmad Zainy Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk  mengetahui gambaran nyata hasil belajar siswa melalui penggunaan video pembelajaran pada materi komputer dan jaringan dasar di SMK Swasta Teruna Padangsidimpuan, penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif deskritif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ SMK Swasta Teruna Padangsidimpuan yang terdiri dari satu kelas yang berjumlah sebanyak 33 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling.  Kemudian Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah observasi, wawancara, tes, angket. Kemudian data hasil penelitian ini diolah dengan dua tahap dimana tahap pertama dengan analisis deskiptif dan analisis diferensial yang bertujuan untuk mengetahui gambaran kedua variabel penelitian. Kemudian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kedua variabel maka digunakan rumus uji-t dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa nilai rata-rata hasi penggunaan video pembelajaran adalah 88,97 dengan kategori “sangat baik” berdasarkan analisis yang telah dilakukan diketahui t hitung  lebih besar dibandingkan t tabel yaitu 25,041>1.693 maka hipotesis yang ditegakkan di terima kebenarannya “ artinya terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ SMK Swasta Teruna Padangsdimpuan “.

Referensi

Akhmad Busyaeri, Tamsik Udin , A. Zaenuddin. 2016. Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar MAPEL IPA DI MIN KROYA CIREBON. Volume 3 Nomor 1 Tahun 2016.

Agustiningsih. 2015. Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Volume 4 Nomor 1 Tahun 2015.

Budi Purwanti. 2015. Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika Dengan Model Assure. Volume 3 Nomor 1 Tahun 2019.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-10

Cara Mengutip

Hasanah, L., Fauzi, R., & Zainy, A. . (2021). PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATERI KOMPUTER DANJARINGAN DASAR. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 1(2), 28–32. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/218

Terbitan

Bagian

Informatika