PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATERI KOMPUTER DANJARINGAN DASAR
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran nyata hasil belajar siswa melalui penggunaan video pembelajaran pada materi komputer dan jaringan dasar di SMK Swasta Teruna Padangsidimpuan, penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif deskritif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ SMK Swasta Teruna Padangsidimpuan yang terdiri dari satu kelas yang berjumlah sebanyak 33 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling. Kemudian Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah observasi, wawancara, tes, angket. Kemudian data hasil penelitian ini diolah dengan dua tahap dimana tahap pertama dengan analisis deskiptif dan analisis diferensial yang bertujuan untuk mengetahui gambaran kedua variabel penelitian. Kemudian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kedua variabel maka digunakan rumus uji-t dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa nilai rata-rata hasi penggunaan video pembelajaran adalah 88,97 dengan kategori “sangat baik” berdasarkan analisis yang telah dilakukan diketahui t hitung lebih besar dibandingkan t tabel yaitu 25,041>1.693 maka hipotesis yang ditegakkan di terima kebenarannya “ artinya terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ SMK Swasta Teruna Padangsdimpuan “.
Referensi
Akhmad Busyaeri, Tamsik Udin , A. Zaenuddin. 2016. Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar MAPEL IPA DI MIN KROYA CIREBON. Volume 3 Nomor 1 Tahun 2016.
Agustiningsih. 2015. Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Volume 4 Nomor 1 Tahun 2015.
Budi Purwanti. 2015. Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika Dengan Model Assure. Volume 3 Nomor 1 Tahun 2019.