PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN EMAZE DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA KELAS X TKJ PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR

Penulis

  • Kartini Harahap Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Rahmad Fauzi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Lia Purnama Sari Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Kata Kunci:

media pembelajaran, emaze, kompetensi siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan media pembelajaran Emaze dalam meningkatkan kompetensi siswa kelas X Tkj Smk Al-Habibi Sibuhuan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa Kelas X Tkj Smk Al-Habibi Sibuhuan yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 47 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik non probability sampling. Sehingga didapat sampel penelitian sebanyak 23 siswa. Berdasarkan nilai rata-rata nilai Pre-Test sebesar 36,04 dengan kategori D+. Sedangkan nilai rata-rata pada Post Test sebesar 85,20 dengan kategori A- terlihat bahwa nilai rata-rata untuk hasil Post-Test kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata Pre-Test kelas eksperimen karena pada Post-Test kelas eksperimen sudah diberikan perlakuan dengan menggunakan media Emaze. Agar diketahui hipotesis diterima atau ditolak, maka dianalisi menggunakan rumus uji “t-test”. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai “t-hitung” sebesar 12,120 sedangkan t-tabel pada taraf signifikansi 5 % adalah 1.711. Berarti hipotesis yang ditegakkan pada penelitian ini dapat diterima atau disetujui terhadap kompetensi siswa kelas X Tkj Smk Al-Habibi Sibuhuan.

Referensi

Alif, M., Susmiarti (2022). Penggunaan Aplikasi Emaze Sebagai Media Pembelajaran Seni Budaya Di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Jurnal sendratasik. 11 (4). 506-512.

Diah, R, S., Relsas, Y., Rahmadhani F.(; 2022). Validitas Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Emaze Tentang Materi Protista Untuk Peserta Didik Sma.Jurnal Fondatia, 828-838.

Harsiwi, U., Arini, L.(2020). Pengaruh Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4 (4).1105-1113.

Kurniawan, B., Wiharna, O., Permana, T. (2017). Studi Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif.Journal Of Mechanical Eingineering Education. 4 (2). 156-162.

Novera, Alita (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Emaze Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik (Studi Eksperimen Siswa Kelas XI pada SMKN 5 Jakarta. Sarjana Thesis, Universitas Negeri Jakarta.

Rendro, D. B. dkk, (2020).Analisis Monitoring Sistem Keamanan Jaringan Komputer Menggunakan Software NMAP (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Kota Serang). Jurnal Prosisko, 108-115.

Rangkuti, A, N., 2015. Statistik UntukPenelitianPendidikan.Padangsidimpuan: Perdana Publishing

Rangkuti, Ahmad Nizar. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan. Bandung: Citapustaka Media.

Samosir, A., Efendi, S., Gultom, M. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Google Clasroom Dengan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Massa Covid-19 Di Lubuk Pakam.Jurnal Tunas Bangsa. 7 ( 2). 1-13.

Usmeldi. 2017. Efektivitas penerapan media pembelajaran interaktif dengan software outorun untuk meningkatkan kompetensi fisika siswa smk negeri 1 padang. Jurnal eksakta pendidikan. 1(1):79-85.

Novita. Rini. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran sistem komputer. Jurnal fakultas sains dan teknologi. 8(1):36-44

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-05-22

Cara Mengutip

Kartini Harahap, Rahmad Fauzi, & Lia Purnama Sari. (2024). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN EMAZE DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA KELAS X TKJ PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR . JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 115–120. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/257