PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN EMAZE DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA KELAS X TKJ PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR
Kata Kunci:
Kompetensi Siswa, Emaze, Media pembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan media pembelajaran Emaze dalam meningkatkan kompetensi siswa kelas X Tkj Smk Al-Habibi Sibuhuan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa Kelas X Tkj Smk Al-Habibi Sibuhuan yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 47 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik non probability sampling. Sehingga didapat sampel penelitian sebanyak 23 siswa. Berdasarkan nilai rata-rata nilai Pre-Test sebesar 36,04 dengan kategori D+. Sedangkan nilai rata-rata pada Post Test sebesar 85,20 dengan kategori A- terlihat bahwa nilai rata-rata untuk hasil Post-Test kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata Pre-Test kelas eksperimen karena pada Post-Test kelas eksperimen sudah diberikan perlakuan dengan menggunakan media Emaze. Agar diketahui hipotesis diterima atau ditolak, maka dianalisi menggunakan rumus uji “t-test”. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai “t-hitung” sebesar 12,120 sedangkan t-tabel pada taraf signifikansi 5 % adalah 1.711. Berarti hipotesis yang ditegakkan pada penelitian ini dapat diterima atau disetujui terhadap kompetensi siswa kelas X Tkj Smk Al-Habibi Sibuhuan.
Referensi
Alif, M., Susmiarti (2022). Penggunaan Aplikasi Emaze Sebagai Media Pembelajaran Seni Budaya Di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Jurnal sendratasik. 11 (4). 506-512.
Diah, R, S., Relsas, Y., Rahmadhani F.(; 2022). Validitas Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Emaze Tentang Materi Protista Untuk Peserta Didik Sma.Jurnal Fondatia, 828-838.
Nasution, H. N. (2022). PERANCANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO 8.5 PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KELAS IX SMP NEGERI 5 MUARA BATANG GADIS. Jurnal Education and Development, 10(1), 438-444.
Nasution, H. N., & Nasution, S. W. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android matakuliah aplikasi komputer guna meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Education and Development, 5(1), 8-8.
Nasution, H. N., Fauzi, R., & Hidayat, T. (2022). Sistem Pengenalan Biji Kopi Arabika, Robusta, Liberika, Dan Eksalsa Mengunakan Metode S Yuleq. Jurnal Education And Development, 10(1), 415-418.
Nasution, H. N., Rambe, E., & Hidayat, T. (2017). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Elektronik Berbasis Web. Jurnal Education and Development, 6(3), 69-69.
Nasution, S. W. R., & Nasution, H. N. (2020). Perancangan dan Implementasi Bahan Ajar Berbasis Penelitian Microsoft Office 2013 pada Mata Kuliah Aplikasi Komputer di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jurnal Education and Development, 8(4), 415-415.
Nasution, S. W. R., Nasution, H. N., Fauzi, R., & Harahap, M. S. (2020). Pengaruh Promosi Perguruan Tinggi terhadap Peningkatan Peluang Kerja pada Warga Desa Sampean. Jurnal Education and Development, 8(2), 16-16.
Nasution, S. W. R., Siregar, L. H., & Situmorang, R. S. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER DI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 12(1), 269-274.
Usmeldi. 2017. Efektivitas penerapan media pembelajaran interaktif dengan software outorun untuk meningkatkan kompetensi fisika siswa smk negeri 1 padang. Jurnal eksakta pendidikan. 1(1):79-85.
Novita. Rini. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran sistem komputer. Jurnal fakultas sains dan teknologi. 8(1):36-44