PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VLOG PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X RPL DI SMK NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR

Penulis

  • Indah Lestari Harahap Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Lukman Hakim Siregar institut pendidikan tapanuli selatan
  • Lia Purnama Sari institut pendidikan tapanuli selatan

Kata Kunci:

media pembelajaran, vlog, hasil belajar

Abstrak

Siswa kurang memperhatikan guru saat proses pembelajaran berlangsung hal ini dikarenakan siswa merasa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran terutama pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar.Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis Vlog terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di Kelas X RPL SMK Negeri 1 Angkola Timur.Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian Kuantitatif.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan desain True-Expreminetal Design dengan tipe One Group Pretest and Postest Design. Populasiadalah seluruh siswa Kelas X RPL Di SMK Negeri 1 Angkola Timur yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 48 Siswa. Berdasarkan analisis data peneliti menarik kesimpulan berdasarkan hasil dari pengumpulan data, terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis Vlog pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil uji paired sample test yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dapat disimpulkan bahwa H0 pada kelas eksperimen ditolak dan Ha diterima karena nilai sig (2-tailed) pada kelas eksperimen adalah 0,00 lebih kecil dari 0,05.

Referensi

Dewi, C., Sari, C., Rosita, D. (2020). Vlog Sebagai Media Edukasi Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis, 3(2). 24-34.

Harsiwi, U., Arini, L.(2020). Pengaruh Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4 (4).1105-1113.

Kurniawan, B., Wiharna, O., Permana, T. (2017). Studi Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif.Journal Of Mechanical Eingineering Education. 4 (2). 156-162. Rendro, D. B. dkk, (2020).Analisis Monitoring Sistem Keamanan Jaringan Komputer Menggunakan Software NMAP (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Kota Serang). Jurnal Prosisko, 108-115.

Samosir, A., Efendi, S., Gultom, M. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Google Clasroom Dengan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Massa Covid-19 Di Lubuk Pakam.Jurnal Tunas Bangsa. 7 ( 2). 1-13.

Siregar,L.H.(2019). Metode Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan Padangsidimpuan. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan., 7(1 ). 91-94.

Yudhi, R., dan Priana, S. (2017). Pemanfaatan Vlog Sebagai Media Pembelajaran Terintegrasi Teknologi Informasi FKIP UNTIRTA. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidika., 3(6). 313-316. Zaid, A. (2012). Analisis Vulnerabilitas Host Pada Keamanan Jaringan Komputer di PT. Sumeks Tivi Palembang (PALTV) Menggunakan Router Berbasis Unix. Jurnal Teknologi dan Informatika, 2(3), 189-199.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-12-13

Cara Mengutip

Indah Lestari Harahap, Lukman Hakim Siregar, & Lia Purnama Sari. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VLOG PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X RPL DI SMK NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 24–28. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1494

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>