PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SOFTWARE JARINGAN GNS3 DAN PACKET TRACER SMK NEGERI 1 MARANCAR

Penulis

  • Seri Devi Harahap Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Hanifah Nur Nasution institut pendidikan tapanuli selatan
  • Ahmad Zainy institut pendidikan tapanuli selatan

Kata Kunci:

Perbandingan Hasil Belajar, GNS3, Packet Tracer

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Perbandingan  hasil belajar dengan software simulator jaringan GNS3 dan packet tracer pada kompetensi teknologi jaringan berbasis luas (TJBL) kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Marancar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Marancar. Metode yang akan dipergunakan dalam penelitian ini, yaitu metode eksperimen. Populasi peneliti ini adalah siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Marancar yang berjumlah dua kelas dengan jumlah 23 siswa.Sampel penelitian yakni berjumlah 23 siswa.Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan angket dan tes.Teknik analisis data digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan skripsi ini dapat diambil hasil uji hipotesis diketahui bahwa nilai thitung sebesar 6.348 sedangkan ttabel sebesar 1.721 sehingga dapat disimpulkan bahwa 6.348 > 1.721.Kemudian adapun nilai Sig. (2-tailed) < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif yang dirumuskan dalam penelitian ini diterima, artinya “Terdapat perbandingan hasil belajar dengan software simulator jaringan GNS3 dan Packet tracer Pada Kompetensi Teknologi Jaringan Berbasis Luas (TJBL) kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Marancar.”

 

Referensi

Aisyah, Nasution H.N (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software Pada Mata Pelajaran Sejarah. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 7–11

Fahroji A,Nasution H.N, “Evektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Sparkol Videoscribe Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata

Pelajaran Tik”, VN, vol. 3, no. 1, hlm. 1–6, Feb 2023.

Fauzi, R., & Nasution, H. N. (2021). Peggunaan MEDIA Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa SMKN 1 Tantom Angkola. Jurnal Education and Development, 9(3), 426-430.

Fauzi, R., Zainy, A., Nasution, H. N., Nasution, F. H., & Simanjuntak, F. A. (2023). Perancangan Aplikasi Pariwisata Berbasis Android Di Kota Padang Sidempuan. Jurnal Education and Development, 11(1), 437-442.

harahap Nasution H.N. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Kelas X Sman 1 Angkola Selatan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 51–56

Harianja, Nasution H.N. (2023). Perancangan Media Pembelajaran Menggunakan Assembler Edu Pada Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 83–89.

Hasibuan, Nasution H.N. dkk (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Csh Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Gambar (Bitmap) Kelas X Multimedia Di Smk Negeri 4Padangsidimpuan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 37–41

Hidayat, T., Nasution, H. N., Nasution, S. W. R., & Fauzi, R. (2019). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Lupus Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal Education and Development, 7(3), 114-114.

Lubis K, Nasution H.N. (2023). Analisis Minat Belajar Terhadap Pelajaran Jaringan Dasar Di Smk Negeri 1 Panyabungan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 7–10

Lubis, Siregar A, & Nasution H.N. (2023). Implementasi Manajemen Pemasaran Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Pasar Saroha Kota . Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 54–61.

Muhammad Ricky Rahman, Hanifah Nur Nasution, Ahmad Zainy, & Ermawita. (2023). Perancangan Modul Ajar Aplikasi Coreldraw Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Di Smk Negeri 2 Panyabungan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 48–53.

Muji, Nasution H.N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Berbantu Aplikasi Anyflip Pada Mata Pelajaran Ipa Biologi. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 29–34

Nasution, H. N. (2022). Perancangan Bahan Ajar Berbasis Media Pembelajaran Autoplay Media Studio 8.5 Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kelas Ix Smp Negeri 5 Muara Batang Gadis. Jurnal Education and Development, 10(1), 438-444.

Nasution, H. N., & Nasution, S. W. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android matakuliah aplikasi komputer guna meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Education and Development, 5(1), 8-8.

Nasution, H. N., Fauzi, R., & Hidayat, T. (2022). Sistem Pengenalan Biji Kopi Arabika, Robusta, Liberika, Dan Eksalsa Mengunakan Metode S Yuleq. Jurnal Education And Development, 10(1), 415-418.

Nasution, H. N., Rambe, E., & Hidayat, T. (2017). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Elektronik Berbasis Web. Jurnal Education and Development, 6(3), 69-69.

Nasution. H. N, Nasution. S. W. R, Hidayat. T, ( 2022) “Mendesain Secara Praktis dengan Corel Draw” PT. Nasya Expanding Management , 1-142

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2025-05-05

Cara Mengutip

Devi Harahap, S., Hanifah Nur Nasution, & Ahmad Zainy. (2025). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SOFTWARE JARINGAN GNS3 DAN PACKET TRACER SMK NEGERI 1 MARANCAR. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 5(1), 30–37. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/2972

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >>