PEMBENTUKAN BAKAT DAN KREATIVITAS SISWA MENGGUNAKAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO KELAS XI SMKN 4 PADANGSIDIMPUAN
Kata Kunci:
autoplay media studioAbstrak
Media merupakan alat perantara untuk menyampaikan pesan dari pemberi pesan kepada penerima
pesan. Autoplay Media Studio merupakan perangkat lunak untuk membuat perangkat lunak multimedia dengan
mengintegrasikan berbagai tipe media misalnya gambar, suara, video, teks, dan flash ke dalam presentasi yang
dibuat.Penggunaan media Autoplay merupakan suatu proses peggunaan media yang dalam proses belajar
mengajar dilakukan dengan cara menggunakan bantuan komputer serta memadukan media gambar. Video,
maupun teks, sehingga siswa tertarik mengikuti pelajaran, dengan demikian akan berdampak baik terhadap
pembentukan bakat dan kreatif siswa kelas XI SMK Negeri 4 Padangsidimpuan. Berdasarkan latar belakang
diatas maka permasalahan yang timbul adalah: (1) Bagaimana penggunaan media Autoplay dapat meningkatkan
bakat dan kreatif siswa kelas XI SMK Negeri 4 Padangsidimpuan kota Padangsidimpuan.. (2) Apakah
pembentukan bakat dan kreatif siswa kelas XI SMK Negeri 4 Padangsidimpuan meningkat setelah
pembelajaraan mengggunakan media Autoplay?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memukan solusi dari permasalahan tersebut diatas, yakni untuk
membentuk bakat dan kreatif siswa dalam mata pelajaran TIK . Oleh karena itu, peneliti mengadakan penelitian
dengan mengggunakan media Autoplay Media Studio pada mata pelajaran TIK agar bakat siswa terbangun yang
berdampak pada peningkatan hasil belajaranya.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Tatap Muka atau
Penelitian tindakan kelas dengan Praktek di kelas. Adapun tahapannya sebagai berikut: perencanaan (Planning),
tindakan (Acting), pengamatan (Observing), dan refleksi (Reflecting).
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media Autoplay media studio ini akan meningkatkan
bakat dan kreatif siswa pada mata pelajaran TIK di kelas XI SMK Negeri 4 Padangsidimpuan kota
padangsidimpuan. Prosentasinya akan terbukti pada saat saya mengadakan Penelitian di kelas XI SMK Negeri 4
Padangsidimpuan.
Referensi
Chaeruman, Uwes. 2010. E-Learning dalam Pendidikan Jarak Jauh. Jakarta : Kemendiknas Haryoko, Sapto. 2009. Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi@Elektr
Ermawita, E., & Zainy, A. (2019). Desain MEDIA Pembelajaran Materi Perangkat Keras Komputer Menggunakan Adobe Flash Cs5. Jurnal Education and Development, 7(2), 561637.
Fauzi, R. (2016). Implementasi Jaringan Saraf Tiruan Dengan Metode Backpropagation Terhadap Bibit Tanaman Karet. Jurnal Education and Development STKIP Tapanuli Selatan, 1-11.
Fauzi, R. (2017). Identifikasi Jenis Tanaman Tin Sesuai Dengan Bentuk Daun Menggunakan Jaringan Saraf Tiruan (Jst) Dengan Metode Backpropafation. Jurnal Education and Development, 6(3), 73-73.
Fauzi, R. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Profile Matching untuk Menentukan Kualitas Hasil Produk (Studi Kasus di Unit Produksi Smk Negeri 1 Ampek Angkek). Jurnal Education and Development, 6(3), 115-115.
Harahap, M. S., & Fauzi, R. (2017). Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis web. Jurnal Education and development, 4(5), 13-13.
Harahap, M. S., Fauzi, R., Nasution, S. W. R., & Nasution, H. N. (2020). Lesson Study Berbasis Point System Terhadap Keaktifan Mahasiswa. Jurnal Education and Development, 8(1), 262-262.
Hidayat, T., Nasution, H. N., Nasution, S. W. R., & Fauzi, R. (2019). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Lupus Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal Education and Development, 7(3), 114-114.
Lubis, J. R., Fauzi, R., Fauzan, M., & Sari, L. P. (2019). Rumus matematika sekolah dasar berbasis android menggunakan ADT (Android Developer Tools). Jurnal Education and Development, 7(1), 103-103.
Lubis, N. F. (2020). Validitas pengintegrasian pendekatan saintifik dengan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran kimia kurikulum 2013 untuk meningkatkan kompetensi soft skills dan hard skills siswa ditinjau dari kelayakan isi. Jurnal Education and Development, 8(2), 328-328.
Muderawan, I.W. 2011. “Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Aplikasinya dalam Pembelajaran”. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Optimalisasi Pemanfaatan Aplikasi TIdalam Dunia Pendidikan. Jurusan Pendidikan Teknik Informasika. Singaraja. 20 September 2011 Saefullah. 2012.
Nasution, H. N., & Nasution, S. W. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android matakuliah aplikasi komputer guna meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Education and Development, 5(1), 8-8.
Nasution, H. N., Rambe, E., & Hidayat, T. (2017). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Elektronik Berbasis Web. Jurnal Education and Development, 6(3), 69-69.
Nasution, S. W. R., & Nasution, H. N. (2020). Perancangan dan Implementasi Bahan Ajar Berbasis Penelitian Microsoft Office 2013 pada Mata Kuliah Aplikasi Komputer di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jurnal Education and Development, 8(4), 415-415.
Sari, L. P., Hatchi, I., Pd, E. S., Kom, M., & Kahanna, M. (2020). Modul Ajar Fisika Dasar Berbasis Model Project Based Learning (Pjbl) Yang Efektif Bagi Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Education And Development, 8(1), 272-272.
Siregar, L. H. (2019). Penerapan metode pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar mahasiswa di institut pendidikan Tapanuli Selatan Padangsidimpuan. Jurnal Education and development, 7(1), 91-91.
Siregar, L. H., Rambe, Y. M., & Lubis, U. K. (2020). Ensiklopedia budaya TAPPATAMA (tapanuli selatan, padang lawas, tapanuli utara dan mandaling) berbasis android untuk menumbuh kembangkan cinta budaya bangsa siswa sekolah dasar. Jurnal Education and Development, 8(3), 944-944.
Zainy, A. (2020). Identifikasi Calon Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi Menggunakan Metode Backpropagation. Jurnal Education and Development, 8(1), 57-57.
Zainy, A., Nasution, H. N., & ahdi Lubis, I. S. (2020). MEDIA Pembelajaran Berbasis Komputer pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar di Padang Sidempuan. Jurnal Education and Development, 8(4), 527-527