PEMBENTUKAN BAKAT DAN KREATIVITAS SISWA MENGGUNAKAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO KELAS XI SMKN 4 PADANGSIDIMPUAN

Penulis

  • Mardiana Pasaribu Pendidikan Vokasional Informatika

Kata Kunci:

autoplay media studio

Abstrak

Media merupakan alat perantara untuk menyampaikan pesan dari pemberi pesan kepada penerima
pesan. Autoplay Media Studio merupakan perangkat lunak untuk membuat perangkat lunak multimedia dengan
mengintegrasikan berbagai tipe media misalnya gambar, suara, video, teks, dan flash ke dalam presentasi yang
dibuat.Penggunaan media Autoplay merupakan suatu proses peggunaan media yang dalam proses belajar
mengajar dilakukan dengan cara menggunakan bantuan komputer serta memadukan media gambar. Video,
maupun teks, sehingga siswa tertarik mengikuti pelajaran, dengan demikian akan berdampak baik terhadap
pembentukan bakat dan kreatif siswa kelas XI SMK Negeri 4 Padangsidimpuan. Berdasarkan latar belakang
diatas maka permasalahan yang timbul adalah: (1) Bagaimana penggunaan media Autoplay dapat meningkatkan
bakat dan kreatif siswa kelas XI SMK Negeri 4 Padangsidimpuan kota Padangsidimpuan.. (2) Apakah
pembentukan bakat dan kreatif siswa kelas XI SMK Negeri 4 Padangsidimpuan meningkat setelah
pembelajaraan mengggunakan media Autoplay?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memukan solusi dari permasalahan tersebut diatas, yakni untuk
membentuk bakat dan kreatif siswa dalam mata pelajaran TIK . Oleh karena itu, peneliti mengadakan penelitian
dengan mengggunakan media Autoplay Media Studio pada mata pelajaran TIK agar bakat siswa terbangun yang
berdampak pada peningkatan hasil belajaranya.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Tatap Muka atau
Penelitian tindakan kelas dengan Praktek di kelas. Adapun tahapannya sebagai berikut: perencanaan (Planning),
tindakan (Acting), pengamatan (Observing), dan refleksi (Reflecting).
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media Autoplay media studio ini akan meningkatkan
bakat dan kreatif siswa pada mata pelajaran TIK di kelas XI SMK Negeri 4 Padangsidimpuan kota
padangsidimpuan. Prosentasinya akan terbukti pada saat saya mengadakan Penelitian di kelas XI SMK Negeri 4
Padangsidimpuan.

Referensi

Chaeruman, Uwes. 2010. E-Learning dalam

Pendidikan Jarak Jauh. Jakarta : Kemendiknas

Haryoko, Sapto. 2009. Efektivitas Pemanfaatan

Media Audio-Visual Sebagai Alternatif

Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal

Edukasi@Elektro, Volume 5,No.1, Maret 2009,

Hal 1-10. Muderawan, I.W. 2011. “Perkembangan

Teknologi Informasi dan Komunikasi dan

Aplikasinya dalam Pembelajaran”. Makalah

disajikan dalam Seminar Nasional Optimalisasi

Pemanfaatan Aplikasi TIdalam Dunia Pendidikan.

Jurusan Pendidikan Teknik Informasika. Singaraja.

September 2011 Saefullah. 2012. Psikologi

Perkembangan Pendidikan. Bandung: CV Pustaka

Setia. Sudarma. .2013. Mengembangkan

Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: Rajawali

Press. Suprijono, Agus. 2014. Cooperative

Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-01-29

Cara Mengutip

Pasaribu, M. (2021). PEMBENTUKAN BAKAT DAN KREATIVITAS SISWA MENGGUNAKAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO KELAS XI SMKN 4 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 1(1), 5–11. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/8