PENGOLAHAN BUAH SALAK MENJADI NATA DE SALACCA DI KELURAHAN SITINJAK

Isi Artikel Utama

Rizkia Putri
Lia Purnama Sari
Selly Syafitri
Yuyun Yuyun
Ermawita Ermawita

Abstrak

Abstrak


Pengabdian masyarakat ini telah dilaksanakan pada bulan Juni di Kelurahan Sitinjak,  Kec Angkola Barat, Kab. Tapanuli Selatan.Pengabdian  ini bertujuan untuk mengajak masyarakat   Sitinjak untuk pengolahan buah salak menjadi berbagai jenis olahan makanan atau cemilan bahkan minuman untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Metode pengabdian ini dilakukan dengan menjelaskan bagaimana cara pengolahan buah salak yang baik dan benar kepada masyarakat dan mengajarkan cara memproduksi serta mempromosikan hasil olahan tersebut. Menurut partisipan dengan adanya kegiatan ini sangat membantu untuk mempermudah masyarakat dalam mengelola SDA dengan sebaik-baiknya.Dalam kegiatan ini sedikit banyaknya sudah menambah wawasan bagi masyarakat dalam mengelola buah salak yang mudah di dapat.Selama berlangsungnya kegiatan, Pengabdian dilakukan dalam bentuk penyuluhan tentang pemanfaatan buah salak yang sangat banyak guna serta manfaatnya oleh karena itu adapun Pengolahan Buah salak ini agar memudahkan masyarakat dalam mengelola buah salak yang ada bahkan bisa dijadikan sebagai bisnis setempat.Setelah pengabdian selesai,masyarakat jadi Tahu tentang pengolahan  buah salak yang jarang diketahui masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan peran aktif dan antusiasme mereka dalam melaksanakan kegiatan. Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat ini di antara nya: 1) untuk mengajarkan dan mengajak masyarakat dalam pengelolaan buah salak.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Putri, Rizkia, Lia Purnama Sari, Selly Syafitri, Yuyun Yuyun, dan Ermawita Ermawita. “PENGOLAHAN BUAH SALAK MENJADI NATA DE SALACCA DI KELURAHAN SITINJAK”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (Februari 10, 2023): 1–6. Diakses Juli 22, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1084.
Bagian
adam

Referensi

Alexander, P.A., & Jetton, T.L. 2000. Laerning from text: Amultidimensional and developmental perspective. In R. Barr, M. Kamil, P. Mosenthal, & P.D. Pearson (eds). Handbook of reading research, 3(1): 285-310).

Alicia, Dona. 2016. Teaching Vocabulary By Using Semantic Feature Analysis Strategy For The Young Learners. Jurnal Curricula, 1(1): 23-33.

Anggara, M.B., Waluyanto, H.D., & Zacky, A. 2014. Perancangan Buku Cerita Bergambar Interaktif Pendidikan Karakter untuk Anak Usia 4-6 Tahun. Surabaya

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama