PERANAN GURU PKn TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER NILAI-NILAI PANCASILA KETUHANAN YANG MAHA ESA KELAS XI TSM DI SMK NEGERI 1 PORTIBI

Penulis

  • Tamin Ritonga Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Seri Surianti Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

DOI:

https://doi.org/10.37081/kwn.v2i01.1672

Kata Kunci:

Peranan Guru, Pembentukan, Karakter, Nilai, Pancasil

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan:1) Untuk mengetahui peran Guru PKn terhadap pembentukan karakter percaya dan takwa terhadap Tuhanan Yang Maha Esapada siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Portibi, 2) Untuk mengetahui upaya Guru PKn dalam menanamkan hormat menghormati kepercayaan yang berbeda-beda pada siswa kelas XI TSM di SMK Negeri 1 Portibi, 3) Untuk mengetahui upaya guru PKn terhadap pembentukan perilaku saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah kepercayaan masing-masing pada siswa kelas XI TSM di SMK Negeri 1 Portibi, dan 4) Untuk mengetahui upaya  guru PKn terhadap pembentukan perilaku siswa untuk tidak memaksakan kepercayaan pada orang lain pada siswa kelas XI TSM di SMK Negeri 1 Portibi. Metode Penelitian  adalah penelitian kualitatif. Objek dan  Informan Penelitian, Subjek dalam penelitian adalah kepala sekolah, guru Pkn dan peserta didik SMK Negeri 1 Portibi.  Adapun objek penelitian ini adalah peranan guru membentuk karakter nilai-nilai pancasila Ketuhanan Yang Maha Esa siswa di SMK Negeri 1 Portibi. Sumber Data Penelitian  menggunakan sumber primer dan skunder Pengumpulan data pada penelitian kualitatif. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Teknik Menjamin Keabsahan Data menggunakan triaggulasi.  

Referensi

Abin Syamsuddin Makmur. 2003. Psikologi pendidikan. Bandung : PT Rosda Arikunto.

Bungin, Burhan. 2007. Penelitian kualitatif. Jakarta : kencana pranadamedia grup.

Fadli yaudi fauzi, dkk. Volume1. Nomor 2, tahun 2013. Jurnal PKn UJN ONLINE. Peran guru PKn dalam upaya pembentukan karakter peserta didik.

Iswandi. 2017. Teori Belajar. Bogor: In Media.

Kaelan & Achma Zubaidi. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.

Rusman. 2014. Model-model pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sardima. 2001. Interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Suriansyah, Ahmad, 2015. Profesi pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

www.gogle.com/ooto-2000910150958.2011

Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter:landas, Pilar, & implementasi. Jakarta: Kencana Pranadamedia Grup.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-01

Cara Mengutip

Ritonga, T. ., & Surianti, S. . (2024). PERANAN GURU PKn TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER NILAI-NILAI PANCASILA KETUHANAN YANG MAHA ESA KELAS XI TSM DI SMK NEGERI 1 PORTIBI. JURNAL KEWARGANEGARAAN, 2(01), 53–67. https://doi.org/10.37081/kwn.v2i01.1672

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama