PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PAGARAN SIGATAL

Isi Artikel Utama

rika afriani ritonga
Ilham Sahdi Lubis
Sabri Sabri

Abstrak

Tujuannya penelitian ini adalah untuk mengetahui 1)  gambaran pembelajaran secara daring, 2 ) gambaran kedisiplinan siswa delam pembelajaran secara daring, dan 3) apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD di desa Pagaran Sigatal. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan menerapkan correlational desain dengan jumlah sampel sebanyak 25 siswa yang diambil secara total sample.  Instrument yang dipergunakan adalah angket dan dokumentasi.   Deskriptif analisis menunjukkan 1) pembelajaran secara daring  1 siswa (4%) memiliki kategori sangat baik, 24 siswa (96%) memilki kategori baik, 2) rata – rata kedisiplinan siswa adalah 68.84.  Selanjuntnya berdasarkan analisis Chi Kuadrat menunjukkan sig 2-sided lebih besar daripada 0.05 (0.0246<0.05).  Artinya  terdapat hubungan kedisiplinan belajar secara daring terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Pagaran Sigatal.  


 


The purpose of this research is to know 1) the description of online learning, 2) the description of student discipline in online learning, and 3) whether there is any significant influence between learning discipline on the learning outcomes of fifth grade elementary school students in Pagaran Sigatal village. This study used a quantitative method by applying a correlational design with the sample 25 students. The instruments used questionnaires and documentation. The descriptive analysis showed 1) online learning got 1 student (4%) had very good category and 24 students (96%) had good category, 2) the average student discipline is 68.84. Furthermore, based on Chi Square analysis, the 2-sided sig is more than 0.05 (0.0246<0.05). This means that there is any correlation  of online learning discipline on the learning outcomes of fifth grade students of SD Pagaran Sigatal.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
afriani ritonga, rika, Ilham Sahdi Lubis, dan Sabri Sabri. “PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PAGARAN SIGATAL”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 4 (November 30, 2022): 291–301. Diakses Maret 28, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1177.
Bagian
Artikel

Referensi

Ahmadi, Rulam. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Akmaluddin. 2019. Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar (Studi Kasus). Journal of Education Science (JES). https://jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/viewFile/467/204

Ali. Gani H. 2013. Prinsip-Prinsip Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Pendidik dan Peserta Didik. Jurnal Al-Ta’dib Vol. 6 No. 1 Januari-Juni 2013. Diakses 30 Maret 2021

Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: YramaWidya.

Djabidi, Faizal. 2017. Manajemen Pengelolaan Kelas. Malang: Madani.

Kemendikbud. 2016. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2016. Jakarta: Kemendikbud

Kompri, 2014. Manajemen Sekolah Teori & Praktek. Bandung: Alfabeta

Kunandar. 2015. Penilaian Autentik. Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT. Raja Gafindo Persada.

Mulyawati . Yuli, dkk. 2019. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmiah Pendidikan. http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal

Parker, Deborah K. 2005. Menumbuhkan Kemandirian dan Harga Diri Anak. Diterjemahkan oleh Bambang Wibisono. 2006. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Purwanto, Ngalim. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor Yang Memengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yoyakarta: Pustaka Belajar

Suryani dkk. 2015. Metode Riset Kuantitatif. Jakarta. Kencana

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Yudrik Jahja. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana

Wahidmurni. 2017. Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>