PENERAPAN METODE STORYTELLING DALAM PEMBELAJARAN DI MI/SD

Isi Artikel Utama

Lu’luil Maknun
Fitri Adelia

Abstrak

Abstract


Storytelling is a student's creative process, which in its development always activates not only intellectual aspects, but also sensitivity, emotion, art, imagination and imagination of children, which prioritizes not only left brain skills, but also right brain skills. The purpose of this study was to describe the application of the storytelling method to MI/SD student learning due to students who lack confidence in their communication skills in front of many people. This type of research is descriptive qualitative, and data collection techniques with in-depth interviews and document studies. This study aims to analyze the application of the storytelling method in the learning of MI/SD students. Based on the discussion of the results of the study of the articles referred to, all the results of the articles state that there is an influence from the application of the storytelling method in learning in MI/SD.


 


Abstrak


Storytelling atau mendongeng ialah proses kreatif siswa, yang dalam perkembangannya senantiasa mengaktifkan tidak hanya aspek intelektual saja, namun pula kepekaan, emosi, seni, khayalan serta imajinasi yang dimiliki anak, mengutamakan tidak hanya pada keterampilan otak kiri, namun juga keterampilan otak kanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode strorytelling pada pembelajaran siswa MI/SD dikarenakan siswa yang kurang percaya diri dengan kemampuan berkomunikasinya di depan banyak orang. Jenis penelitian ini ialah Deskriptif Kualitatif, dan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam dan studi dokumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode storytelling dalam pembelajaran peserta didik MI/SD. Berdasarkan pembahasan hasil kajian artikel yang menjadi rujukan penulis, seluruh hasil artikel menyatakan bahwa adanya pengaruh dari penerapan metode storytelling atau bercerita dalam pembelajaran di MI/SD.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Maknun, Lu’luil, dan Fitri Adelia. “PENERAPAN METODE STORYTELLING DALAM PEMBELAJARAN DI MI/SD”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 1 (Februari 20, 2023): 34–41. Diakses April 24, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1283.
Bagian
Artikel

Referensi

Aisyah, N., & Suryana. (2021). Belajar dengan Bercerita: Penggunaan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini, Efektifkah? AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies, V6(2). http://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/1147

Asrul, N., & Rahmawati, R. (2022). Pelatihan Membaca Bahasa Inggris Dengan Metode Storytelling Bagi Siswa Kelas 4 SD Muhammadiyah 1 Medan. Journal Of Human And Education (JAHE), 2(1), 43–49. https://doi.org/10.31004/jh.v2i1.39

Difany, S., Hidayati, N., & Raihan, A. (2021). Aku Bangga Menjadi Guru; Peran Guru dalam Penguatan Nilai Karakter Peserta Didik (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Agama Islam) (Y. Hanafiah, Y. Masduki, F. Setiawan, & Y. Ichsan (eds.); Cetakan pe). UAD Press (Anggota IKAPI dan APPTI). https://www.google.co.id/books/edition/Aku_Bangga_Menjadi_Guru_Peran_Guru_dalam/MTk1EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0

Elly, A., & Mursalim, M. (2022). Implementasi Model Paired Storytelling Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Inpres 14 Samate Raja Ampat. Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), 101–109. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/2661

Haerudin, D. A., & Cahyati, N. (2018). Penerapan Metode Storytelling Berbasis Cerita Rakyat dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Anak. Jurnal Pelita PAUD, 3(1), 1–9.

Hariana, O. A., Muktadir, A., & Lusa, H. (2018). Pengaruh Mendongeng dengan Metode Storytelling Games Terhadap Sikap Peduli Sosial Siswa Kelas V SDN 49 Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(2), 81–88.

Hastuti, H., Yunus, M., & Asdar, A. (2021). Pengaruh Metode Storytelling Berbantuan LCD Proyektor Terhadap Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Peserta Didik SDN 64 Malaka Kabupaten Maros. Bosowa Journal of Education, 1(2), 51–57. https://doi.org/10.35965/bje.v1i2.660

Hidayat, D. B. (2022). EFEKTIVITAS METODE MENDONGENG (STORYTELLING) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA (Sebuah Studi Kasus di SDN 55 Bengkulu Selatan). Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (Kapedas), 2(1), 36–44. https://doi.org/10.33369/kapedas.v1i1.21067

Holidi, H., Karoma, K., & Astrid, A. (2021). Metode Storytelling dalam Membina Perilaku Religius Siswa Sekolah Dasar YP Indra Palembang. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 15(1), 28–39. https://doi.org/10.51672/alfikru.v15i1.43

Husada, S. P., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 419–425. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.373

Jannah, M., & Darwis, U. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Paired Storytelling Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas IV SD Al-Washliyah 43 Firdaus. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 01(01), 1–16. https://www.jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/view/1101%0Ahttps://www.jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/download/1101/702

Kalogiannakis, M., Nirgianaki, G. M., & Papadakis, S. (2018). Teaching Magnetism to Preschool Children: The Effectiveness of Picture Story Reading. Early Childhood Education Journal, 46(5), 535–546. https://doi.org/10.1007/s10643-017-0884-4

Manidhom, F. M., & Rahmawa, Z. D. (2022). IMPLEMENTASI STORYTELLING PADA PEMBELAJARAN DARING (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas 4 di MI Darul Ulum Nglumber). DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, Vol 9 No 1(Vol 9 No 1 (2022): April).

Maureen, I. Y., van der Meij, H., & de Jong, T. (2018). Supporting Literacy and Digital Literacy Development in Early Childhood Education Using Storytelling Activities. International Journal of Early Childhood, 50(3), 371–389. https://doi.org/10.1007/s13158-018-0230-z

Maureen, I. Y., van der Meij, H., & de Jong, T. (2020). Enhancing Storytelling Activities to Support Early (Digital) Literacy Development in Early Childhood Education. International Journal of Early Childhood, 52(1), 55–76. https://doi.org/10.1007/s13158-020-00263-7

Multi, A. O. P., Riyadi, A. R., & Mulyasari, E. (2021). Penerapan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(2), 72–83.

Plotka, R., & Wang, X. lei. (2019). Exploring Collectivist Approaches for Supporting Young Children’s Narrative Skills. Early Childhood Education Journal, 48(1), 29–37. https://doi.org/10.1007/s10643-019-00972-2

Prabawardani, & Agung, P. (2018). Pengaruh Metode Storytelling Berbantuan Komik Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. Jurnal EDUTECH Universitas Pedidikan Ganesha, 6, 147–158.

Rahiem, M. D. H. (2021). Storytelling in early childhood education: Time to go digital. International Journal of Child Care and Education Policy, 15(1). https://doi.org/10.1186/s40723-021-00081-x

Rusiyono, R., & Apriani, A.-N. (2020). Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Penanaman Karakter Nasionalisme Pada Siswa SD. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 11. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).11-19

Sa’diyah, M. K., Kiranti, N., Rustini, T., & Arifin, M. H. (2022). Pembelajaran IPS menggunakan Metode Storytelling di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10459–10465. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4085%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/4085/3427

Salsabila, A. T., Astuti, D. Y., Hafidah, R., Nurjanah, N. E., & Jumiatmoko, J. (2021). Pengaruh Storytelling dalam Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 164–171. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.41747

Sari, V. D. P. (2022). MENGGUNAKAN METODE STORYTELLING PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. 5(2), 88–98.

Sylvia, R. I. (2019). Analisis Keterampilan Berbicara Berbasis Paired Storytelling (Bercerita Berpasangan) Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Siswa Kelas V SD Negeri 2 Mojoarum Tahun Ajaran 2018/2019. Pena SD, 05(01), 47–52. http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/pena-sd/article/view/1534

Zahrah, F. A., Robandi, B., & Heryanto, D. (2019). Penerapan Storytelling Berbantuan Puppet Show Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 134–142.