PENERAPAN METODE HABITUASI SEBAGAI UPAYA PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Lu’luil Maknun
Amalia Putri Annisa

Abstrak

Sekolah merupakan tempat yang paling penting untuk menyelenggarakan Pendidikan karakter. Penerapan metode habituasi sangat cocok untuk diterapkan pada anak-anak sekolah dasar. Orang tua dan pendidik wajib memberikan Pendidikan karakter sejak dini agar anak didik mempunyai landasan yang kuat untuk kehidupan sosialnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, artinya kami mengumpulkan data dari artikel jurnal yang relevan, dan menganalisisnya untuk menarik kesimpulan. Adapun pendekatan pembiasaan yang dapat dilakukan untuk membentuk karakter riligius siswa, yaitu: (1) melaksanakan pembiasaan dalam akhlak, (2) melaksanakan pembiasaan dalam ibadah, (3) melaksanakan pembiasaan dalam akidah. Tujuan penelitian ini adalah guna mendeskripsikan bagaimana nilai-nilai karakter religius dapat ditanamkan pada anak sekolah dasar melalui metode pembiasaan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Maknun, Lu’luil, dan Amalia Putri Annisa. “PENERAPAN METODE HABITUASI SEBAGAI UPAYA PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 4, no. 2 (Mei 28, 2024): 87–96. Diakses Juli 23, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1845.
Bagian
Artikel

Referensi

Abidin, A. Mustika. 2018. “Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan.” DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan 12(2):183–96. doi: 10.30863/didaktika.v12i2.185.

Ahsanulkhaq, Moh. 2019. “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 2(1). doi: 10.24176/jpp.v2i1.4312.

Akhyar, Yundri, and Eli Sutrawati. 2021. “Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Religius Anak.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 18(2):132–46. doi: 10.46781/al-mutharahah.v18i2.363.

Amalia, Nailah, Luluk Asmawati, and Fahmi. 2019. “Meningkatkan Karakter Religius Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Gerak Dan Lagu.” JPP PAUD FKIP Untirta 6(1).

Amelia, Dinie Rizky, Mohamad Syarif Sumantri, and Erry Utomo. 2018. “Establishing Character Education in Elementary School: Increasing Concern and Environmental Responsibility Through Habiting and Modeling Working Group Activities.” International Journal of Multidisciplinary and Current Research 6(04):779–85. doi: 10.14741/ijmcr/v.6.4.15.

Andayani, Atika, and Zaini Dahlan. 2022. “Konstruksi Karakter Siswa Via Pembiasaan Shalat Dhuha.” Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 7(2):99. doi: 10.31602/muallimuna.v7i2.6531.

Angdreani, Vebri, Idi Warsah, and Asri Karolina. 2020. “Implementasi Metode Pembiasaan : Upaya Penanaman Nilai-Nilai Islami Siswa SDN 08 Rejang Lebong.” Jurnal At-Ta’lim 19(1).

Anggraeni, Cindy, Elan, and Sima Mulyadi. 2021. “Metode Pembiasaan Untuk Menanamkan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Di RA Daarul Falaah Tasikmalaya.” Jurnal PAUD Agapedia 5(1).

Ashar. 2019. “Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Berpola Pembiasaan Perilaku Di Taman Kanak-Kanak Rosihan Anwar.” Jurnal Warna : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini 4(2).

Ayni, Nuril, Risma Nurmaning Azizah, and Reksa Adya Pribadi. 2022. “Pengaruh Kegiatan Pembiasaan Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin.” Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 10(1):267–77. doi: 10.47668/pkwu.v10i1.353.

Handayani, Rekno, Imaniar Purbasari, Deka Setiawan, Farid Ahmadi, and Ramadhani Putri Praswanti. 2021. “The Role of Family Education in Forming the Independent Character of Students in Elementary School.” International Journal of Elementary Education 5(2):291. doi: 10.23887/ijee.v5i2.30812.

Hidayati, Ninik, Nurul Hakim, and M. Zakki Sulton. 2020. “Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Rutin Untuk Menanamkan Nilai - Nilai Pendidikan Islam Pada Siswa SD/MI.” PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education 2(2):47–61. doi: 10.51675/jp.v2i2.104.

Luthfiyah, Rifa, and Ashif Az Zafi. 2021. “Penanaman Nilai Karakter Religius Dalam Perspektif Pendidikan Islam Di Lingkungan Sekolah RA Hidayatus Shibyan Temulus.” Jurnal Golden Age 5(2).

Marwiyati, Sri. 2020. “Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan.” Jurnal ThufuLA 9(2).

Nurbaiti, Rahma, Susiati Alwy, and Imam Taulabi. 2020. “Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan.” El Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education 2(1).

Oktaviana, Anita, Marhumah, Erni Munastiwi, and Na’imah. 2022. “Peran Pendidik Dalam Menerapkan Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(5):5297–5306. doi: 10.31004/obsesi.v6i5.2715.

Putri, Riyan Aryuning, Ika Ari Pratiwi, and M. Syafruddin Kuryanto. 2022. “Problematika Guru Dalam Program Pembiasaan Karakter Sopan Santun Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi 9(1).

Rahim, Abdan, and Agus Setiawan. 2019. “Implementasi Nilai-Nilai Karakter Islam Berbasis Pembiasaan Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Batu.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 7(1).

Rini, Tien Sulistyo. 2021. “Penanaman Karakter Religious Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha.” Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media 1(2).

Rohman, Taufiqur. 2020. “Mata Pelajaran Akidah Akhlak Sebagai Sarana Pembiasaan Sikap Tawadhu.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 4(1).

Siswanto, Ifnaldi Nurmal, and Syihab Budin. 2021. “Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan.” AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar 5(1):1–11. doi: 10.29240/jpd.

Solekha, Sindy Umroh Atus, and Suyatno. 2021. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Membaca Al- Qur ’ an Siswa Kelas v Di Sekolah Dasar.” Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) 4(3):328–40.

Syaroh, Lyna Dwi Muya, and Zeni Murtafiati Mizani. 2020. “Membentuk Karakter Religius Dengan Pembiasaan Perilaku Religi Di Sekolah: Studi Di SMA Negeri 3 Ponorogo.” Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES) 3(1).

Uge, Sarnely, Wa Ode Lidya Arisanti, and Hikmawati. 2022. “Upaya Guru Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 6(2):460–76.

Utama, Mohamad Maulidin Alif. 2022. “Method of Habituation Pillars Character Building Students in Covid Era.” At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Kebudayaan 9(1):130–47. doi: 10.32505/tarbawi.v9i1.4242.

Wandira, Ayu, and Agus Muharam. 2022. “Strengthening Character Education through Daily Habituation Activities.” International Conference on Elementary Education 4(1):59–71.

Wening, Muslimah Hikmah, Enung Hasanah, and Ahmad Dahlan. 2020. “Strategies for Developing Religious Culture To Shape, the Character of Students.” International Journal of Educational Management and Innovation 1(3):262. doi: 10.12928/ijemi.v1i3.2592.

Zebua, Rony Sandra Yofa, and Sunarti. 2020. “The Strategy of Islamic Character Education with Role Model and Habituation Method on Online Learning.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 9(2):45–58.