MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PEMANFAATAN HEWAN SEBAGAI SUMBER DAYA ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SISWA KELAS IV SD NEGERI 101470 SOBAR KAB. PADANG LAWAS UTARA

Isi Artikel Utama

Maya Sari Harahap
Zulfadli Zulfadli
Khoiruddin Saleh Siregar
Nurzanna Nurzanna

Abstrak

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan penggunaan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi Pemanfaatan hewan sebagai sumber daya alam siswa kelas IV SD Negeri 101470 Sobar Kab. Padang Lawas Utara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101470 Sobar Kab.padang lawas utara yang berjumlah sebanyak 20 orang yang terdiri dari 9 orang putra dan 11 orang putri. Adapun instrument yang digunakan adalah lembar observasi guru, siswa, dan tes lembar soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101470 Sobar kab. Padang lawas utara hasil belajar siswa megalami peningkatan dari siklus I Ke siklus II, dengan diterapkannya Model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match hasil belajar siswa meningkat dan termasuk kedalam kategori baik. Hal ini juga ditunjukkan adanya peningkatan tiap siklus melalui lembar Obserasi guru peningkatan pada siklus I diperoleh jumlah skor 49 dengan nilai presentase 72,05% termasuk dalam kategori tinggi dan lembar observasi siswa di siklus I diperoleh jumlah skor 27 dengan nilai presentase 84,37% termasuk kategori sangat baik. Sedangkan pada siklus II lembar observasi guru diperoleh jumlah skor 80,88% dan lembar observasi siswa siklus II diperoleh jumlah skor 90,62% termasuk kategori sangat tinggi. Selanjutnya dilihat pada lembar soal tes apabilah dibandingkan dengan siklus I dan siklus II. Pada siklus I didapatkan jumlah nilai rata-rata 71,5% termasuk dalam kategori sedang, stelah dilakukan perbaikan di siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah nilai rata-rata 78,5% termasuk dalam kategori tinggi. Melalui penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Pemanfaatan hewan sebagai sumber daya alam siswa kelas IV SD Negeri 101470 Sobar Kab. Padang Lawas Utara.


 


 


Kata kunci: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Pemanfaatan Hewan Sebagai Sumber Daya Alam

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Harahap, Maya Sari, Zulfadli Zulfadli, Khoiruddin Saleh Siregar, dan Nurzanna Nurzanna. “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PEMANFAATAN HEWAN SEBAGAI SUMBER DAYA ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH SISWA KELAS IV SD NEGERI 101470 SOBAR KAB. PADANG LAWAS UTARA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 03 (Agustus 6, 2023): 534–542. Diakses November 21, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1418.
Bagian
Artikel

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

________. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati, Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2020. Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Manullang F.R 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Srategi Pembelajaran aktif Team Quiz Siswa Kelas IV SD N Pelembang. Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 15 (1).

Zulfadli. 2022. Selayang Pandang Ilmu Pendidikan. Bojong Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.

Octavia, A Shilphy. 2020. Model – Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sardiman. 2014. Integrasi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Sapriati Amalia. 2014. Pembelajaran IPA di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.