HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MASA NEW NORMAL PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU DI KELAS IV SD NEGERI 101680 SISANGKAP

Isi Artikel Utama

Balqis Bilkhoirot
Zulfadli Zulfadli
Sukriadi Hasibuan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan mendeskripsi hubungan antara kebiasaan belajar siswa pada masa new normal dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101680 Sisangkap. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 101680 Sisangkap yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan angket, dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas data dan uji linieritas regresi. Uji hipotesis meliputiuji korelasi Product Moment, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai rata-rata kebiasaan belajar siswa kelas IV sebesar 59,38 tergolong sedang; (2) nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 82,90 tergolong baik; (3) ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar siswa pada masa new normal dengan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan adanya rhitung> rtabel (0,625>0,456)dan tarafsignifikansi 0,05, korelasi dalam penelitian ini tergolong kuat. Dari hasil perhitungan koefesien determine dinyatakan bahwa nilai koefesien diperoleh sebesar 0,390 karena signifikan 0,390 > 0,05 dengan kategori hubungan yng lemah. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar siswa pada masa new normal dengan hasil belajar, dan tergolong sedang.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Bilkhoirot, Balqis, Zulfadli Zulfadli, dan Sukriadi Hasibuan. “HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MASA NEW NORMAL PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU DI KELAS IV SD NEGERI 101680 SISANGKAP”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 1, no. 04 (November 10, 2021): 42–49. Diakses Desember 22, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/157.
Bagian
Artikel

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Pendidikan dengan Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Elisabeth. Pinis. dkk. 2017. Analisis Penggunaan Media Buku Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi Membuat Sinopsis Novel Remaja Indonesia Kelas VIII C Di SMP Negeri 2 Sawan. e-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume : Vol: 7 No: 2 Tahun:2017

Eti Muliani. 2020. Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Benderang Volume 01, Nomor 01. Publikasi online April 2020 Halaman Jurnal: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JB

Purwanti. 2008. Assesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Putra, Sitiatava Rizema. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta:Diva Press.

Ibrahim. Abdur. 2014. Strategi Belajar Siswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sma Negeri 22 Makassar. Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Ilmus Sosial, Universitas Negeri Makassar

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rifa’i, A. & Anni, C.T. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press

Riza Anugrah Putra, dkk. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Mandiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Bina Mandiri Cipageran). Jurnal Antologi Pendidikan Luar Sekolah Volume I ,nomor 1 ,Januari 2017

Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung:Alfabeta.

Sekar. 2015. Hubungan Antara Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar Sistem Pengapian. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 2, No. 1

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni. Wiratna. 2014. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Press

Suprijono Agus. 2015. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Samsul. R. Harahap. 2020. Kebiasaan Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal pendidikan dan konseling. Vol. 10, No. 1, Edisi Januari-Juni 2020.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>