PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI 100106 SIBANGKUA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik subtema kekayaan sumber energi di Indonesia dengan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas IV SD Negeri 100106 Sibangkua. Penelitian ini akan dilaksanakan di SD Negeri 100106 Sibangkua. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar pada materi kekayaan sumber energi di Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah PTK. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian siklus I diketahui hasil observasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBL sebesar 63.75 yaitu berada pada kategori kurang. Kemudian pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 76.25 yakni berada pada kategori baik. Hasil pembelajaran siklus I diketahui jumlah peserta didik tidak tuntas yaitu sebanyak 9 peserta didik atau sekitar 44%. Kemudian pembelajaran siklus II jumlah peserta didik tidak tuntas sebanyak 2 peserta didik atau 10%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Bukhori, Heri Retnawati. 2017. Perangkat Pembelajaran Matematika Problem Based Learning. Yogyakarta: Parama Publishing.
Djajadi. 2019. Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta: CV. Arti Bumi Intaran.
Margono. S. 2009. Metedologi penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Okta, Jayanti, Chika. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IV MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal. Volume 1. Nomor 2
Rangkuti Ahmad, Nizar. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: IKAPI.
Widayati, Ani. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. VI No. 1.