PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PQ4R TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CUACA DAN PENGARUHNYA BAGI MANUSIA DI KELAS III SD NEGERI 100106 SIBANGKUA

Isi Artikel Utama

melisa anjeli nasution
Kasmudin Harahap
Sabri Sabri

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan untuk mengetahui, apakah ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar siswa pada materi cuaca dan pengaruhnya bagi manusia di kelas III SD Negeri 100106 Sibangkua. Penelitian ini dilaksanakan  bulan Maret s/d Juli 2021. Model penelitian yang digunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas III SD Negeri 100106 Sibangkua yang berjumlah 20 orang Siswa dan terdiri dari 1 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah tehnik total sampling. Pada penelitian ini, pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dan observasi dan data dianalisis dengan du acara yakni analisis deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan analisis deskriptif, nilai rata-rata penggunaan model pembelajaran PQ4R yang diperoleh adalah 75 berada pada kategori “Sangat Baik”.Hasil belajar materi Cuaca dan Pengaruhnya Bagi Manusia sebelum menggunakan model pembelajaran PQ4R diperoleh rata-rata 70 berada pada kategori “Kurang”. Sedangkan Hasil belajar materi Cuaca dan Pengaruhnya Bagi Manusia  sesudah menggunakan model pembelajaran PQ4R diperoleh rata-rata 94, berada pada kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan statistic inferensial dengan menggunakan rumus uji “t-test” diperoleh thitung  = 13,79 dan ttabel  =1,66 pada tingkat kepercayaan 95% atau tingkat kesalahan 5%  dk = N – 2 = 20-2 =18. Jelas terlihat perbedaan bahwa thitung lebih besar dari ttabel  = 13,79> 1,66. Berarti hipotesis alternative pada penelitian ini dapat diterima atau disetujui. Dengan kata lain, ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar siswa pada materi cuaca dan pengaruhnya bagi manusia di kelas III SD Negeri 100106 Sibangkua.


Katakunci : Model Pembelajaran PQ4R, Cuaca dan Pengaruhnya Bagi Manusia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
nasution, melisa anjeli, Kasmudin Harahap, dan Sabri Sabri. “PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PQ4R TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CUACA DAN PENGARUHNYA BAGI MANUSIA DI KELAS III SD NEGERI 100106 SIBANGKUA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 03 (Agustus 6, 2023): 543–551. Diakses Mei 10, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/186.
Bagian
Artikel

Referensi

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Burton, William. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Efriyanti, (2015). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran PQ4R Terhadap Hasil Belajar Biologi Siwa Pada Materi Pokok Animalia di SMA Negeri 1 Pinangsori.

Fitria Linayaningsih, (2011). Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Fakultas psikologi Universitas AKI.

Gagne, (1989). Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada media Group.

Hartono, (2011). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Zanafa Publishing.

Istania dan Intan Pulungan, (2015). Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada.

Julismin. (2012). Dampak dan Perubahan Iklim di Indonesia. Medan:Universitas Negeri Medan.

Kusumawati, Yun dan Ariguntar, Panca. (2018). Cuaca, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Gramedia.

Nawawi dan Brahim, K. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ninong Santika , (2009). Sains Cerita. Teluk Pinang: Duta Grafika.

Nana Sadjana. 2014. Penilaian hasil proses belajar mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Oemar Hamalik. 2010. Proses belajar mengajar, Jakarta: PT bumi aksara

Punaji setyosari. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta: Penadamedia Group

Qudratullah, Ihsan. (2017). Analis Unsur-Unsur Cuaca Berdasarkan Hasil Pengukuran Automated Weather System ( AWS) Tipe Vaisala Maws 201. Padang: Universitas Negeri Padang.

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV.

________. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suryani dan Hendryadi, (2015). Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasih Pada Penelitian Bidang Manajemen Dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenada Media Group.

Suryani dan Hendryadi. ( 2015). Metode Riset Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media Kencana.

Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto Ibnu Badar Al-Tabany, (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta:Predadamadia Group.

Trianto, (2011). Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tega Kependidikan. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

_________, (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). JAKARTA: Kencana Prenada Media Group.

Ulber Silalahi, (2012). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Rafika Aditama

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>