HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 100890 GUNUNGTUA

Isi Artikel Utama

Edy Humala

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 100890 Gunungtua Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini di lakukan selama 2 bulan pada semester II. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 orang. Penetapan sampel penelitian ini sebanyak 30 orang, dengan mengambil seluruh jumlah populasi karena jumlah populasi yang kurang dari 100 orang. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan dimulai dari bulan January sampai dengan bulan Maret. hasil analisis data dengan uji Korelasi Product Moment, diperoleh koefisien korelasi rhitung = 0,41 dengan rtabel = 0,361 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 0,41 > 0,361 atau nilai rhitung lebih besar daripada nilai rtabel maka keterampilan mengajar guru memiliki hubungan yang positif dengan motivasi belajar siswa. Untuk mengetahui signifikansi hubungan keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa digunakan rumus uji t. Dari uji tersebut diperoleh thitung = 2,378 dengan ttabel = 1,701 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 2,378 > 1,701 atau nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel sehingga hubungan antara variabel x dan variabel y dikatakan signifikan. Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa kelas IV  SD Negeri 100890 Gunungtua ”dapat diterima”.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Humala, Edy. “HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 100890 GUNUNGTUA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 1, no. 1 (Februari 1, 2021): 42–56. Diakses April 20, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/18.
Bagian
Artikel

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.