PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUCATION WORDWALL MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS V SDN 92 PALEMBANG

Isi Artikel Utama

Ikhsan Wahyudi
Jayanti Jayanti
Ida Suryani

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Game Education Wordwall pada mata pelajaran matematika yang berbentuk media audio-visual atau yang lebih dikenal dengan media pembelajaran pada kelas V SD yang valid, praktis, dan efektif agar siswa lebih mudah memahami materi penjumlahan bilangan  pecahan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 92 Palembang. Subjek penelitian yaitu siswa kelas Va SD dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket dan dokumentasi.  Hasil dari ketiga validator ahli pada penelitian ini didapatkan skor rata-rata 85% dengan kriteria sangat valid. Hasil kepraktisan dari angket respon siswa berada pada kriteria sangat praktis dengan nilai rata-rata 91,70%. Sedangkan hasil keefektifan dari uji tes kelompok besar siswa mendapat nilai rata-rata 85,21% dengan kategori sangat efektif. Maka dapat dikatakan produk yang telah dikembangkan sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif. Dari hasil yang didapatkan pada bahwa pengembangan media Game Education Wordwall pada materi penjumlahan bilangan pecahan kelas V SD yang sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif dapat digunakan dalam proses pembelajaran serta dapat dimanfaatkan dalam proses kegiatan belajar mengajar dan membantu guru maupun siswa demi tercapainya tujuan pembelajaran.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Wahyudi, Ikhsan, Jayanti Jayanti, dan Ida Suryani. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUCATION WORDWALL MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS V SDN 92 PALEMBANG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 45–61. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2421.
Bagian
Artikel

Referensi

Alti, R. M., Anasi, P. T., & Silalahi, D. (2022). Media Pembelajaran. Padang.

Amril, Darniyanti, Y., & Sapitri, D. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Wordwall pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar (Vol. 03). Jurnal Of Social Science Research.

Amril, Darniyanti, y., & sapitri, D. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Wordwall Pada Mata Peleajaran IPA Kelas V sekolah Dasar. Journal Of Social Science Research, 03.

Anggraini, Y. (2021). Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 05.

Anugrah, A. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran WordwallBerbasis Game Edukasi Pada Mata Pelajaran IPS KelasVI SDN 48 Cakranegara. Jurnal Pendidikan Dasar.

Aprilia, A., & Fitriana, D. N. (2022). Minset Awal Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika yang Sulit dan Menakutkan. Jurnal Elmentary Education, 01.

Aryati, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Materi Pecahan Melalui media Visual Kelas IV Sekolah Dasar. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan.

Candra, A. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 05.

Eprilianti, L., Lidiana, N., Munawaroh, N., & Nurfijri, S. (2021). Penggunaan Media Wordwall Sebagai Alat Penilaian Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 06.

Fadjarajani, S., Indrianeu, T., Haekal, Purnama, Y. I., Abdullah, G., Saleh, M., . . . Nasir. (2020). Media Pembelajaran Transformatif. Gorontalo: Ideas Publishing.

Gandasari, P. P. (2021). Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 03.

Hartiwi, U. B., & Arini, L. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekola Dasar. Jurnal Basicedu, 04.

Herta, N., Nupus, B. C., Sunggarwati, R., & Setiawan , T. Y. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Paedagoria.

Heru, AS, R., & Pajrin , V. (2022). Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Pecahan. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika.

Hidayat, T., Surmilasari, N., & Jayanti. (2023). Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kompuatasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 06.

Imanulhaq, R., & Prastowo, A. (2022). Edugame Wordwall : Inovasi Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan STKIP Bima, 04.

Indah, S. (2020). Penggunaan Metode "Perang Mental Matematika" Dengan Menggunakan Media kartu Pecahan Pada materi Penjumlahan Bilangan Pecahan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Kamal, M. (2020). Research and development (R&D) Tadribat / Drill Madrasah Aliyah Class X Teaching Materials Arabic Language. Jurnal Sejarah, Pendidikan dan Humaniora, 04.

Khoirunnisa, A., Miftakh, F., & Fitriyana, W. (2023). Keterlibatan Perilaku Siswa dalam Penggunaan Wordwall.Net Pada Tahun 2017 Pembelajaran Kosakata. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.

Khotimah, H. A. (n.d.). Pendidikan berbasis teknologi (permasalahan dan tantangan). 358.

Kunto, e. (2022). Penerapan media berbasis wordwall dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII B pelajaran pendidikan agama islam di SMP 2 panji situbondo tahun pelajaran 2021/2022. Situbondo.

Larasati, P., Putrayasa, I. B., & Mrtha, I. N. (2023). Pemanfaatan Media Wordwall.net Sebagai Media Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia.

Lestari, F., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD. Pengembangan Bahan Ajar, 255-256.

Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05.

Marista, A. S. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Jurnal penelitian dan kajian sosial keagamaan, 18.

Mulyani Fitri, N. H. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling , 3(1), 101-109.

Mulyati, S. E. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegara. Jurnal Pendidikan Matematika, 03.

Mutia. (2021). Characteristics Of Children Age Basic Education. FITRAH, 117.

Nabila, Adha, & Febriandi. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3928-3929.

Nurdewi. (2022). Implementasi Personal Branding Smart ASN Perwujudan Bangga Melayani Di Provinsi Maluku Utara. Jurnal Riset Ilmiah, 300.

Nurhasanah Putri, R. H. (2023). Pengembangan E-Book Inetraktif untuk Meneladani Perilaku Jujur pada Siswa Kelas 2 SD dari Kisah Nabi Muhammad. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4351-4357.

Nurjamilah, E. T. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Book Keragaman Rumah Adat Di Indonesia Pembelajaran IPS Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(8), 1047-1056.

Nurrokhmah, D. S. (2021). Strategi Observasi Kritis Untuk Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. Journal of Education and Learning Sciences .

Oktaviani, P. S., Casnan, Hadiana, O., Heriana, T., & Nurhayati, T. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Wordwall Dan Mistar Pintar Terhadap Hasil Belajar Operasi Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas Rendah. JES-MAT, 09.

Pujiyanto, H. (2021). Metode Observasi Lingkungan dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa MTs . Jurnal Inovasi dan Riset Akademik.

Purba, E. H. (2023). Kendala dalam Pembelajran Penjumlahan Pecahan dari Operasi Konkrit Menuju Operasi Formal di SMP Tunas Pelita Binjai. Jurnal Ilmiah Pendidikan matematika.

Rahma, F. L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integratet Reading and Composition pada Pembelajaran Matematika. Jurrnal Penelitian Pendidikan Matematika, 03.

Rahmadhon, Mukminin, a., & Muazza. (2021). Kompetensi Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Tekhnologi, Informasi Dan Komunikasi Pada Masa Pandemi Covi-19 Di Mis Darussalam Kec. Jelutung Kota Jambi. Jurnal manajemen dan ilmu pendidikan, 02.

Rezky, M. P. (2019). Generasi milenial yang siap menghadapi era revolusi digital (society 5.0 dan revolusi industri 4.0) di bidang pendidikan melalui pengembangan sumber daya menusia. UNNES, 1119.

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz dan Wordwell Pada Pembelajaran IPA Bagi Guru-Guru SDIT AL-Kahfi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 04.

Suciati, I. (2020). Penggunaan Metode "Perang Mental Matematika" dengan Menggunakan Media kartu Pecahan Pada Materi Pejumlahan Bilangan Pecahan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 03.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALVABETA.

Sukarno, M. (2020). Penguatan pendidikan karakter dalam era masyarakat 5.0. Karakter education stangtaning in era of society 5.0, 32-33.

Supriadi, Sani, A., & Setiawan, I. P. (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa . Jurnal of Management.

Syarifatunnisa, A. (2023). Pengembangan Media Wordwall tentang Belajar Membandingkan Berat Benda di Kelas 1 Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education.

Wildan, A. S. (2023). Pengembangan Media GAULL (Game Edukasi Wordwall) Pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Sekolah Dasar (Vol. 07). Jurnal Pendidikan Matematika.