PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM TATA SURYA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI DI SDIT KAUTSAR ILMU TANJUNG RAJA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6 pada Sistem Tata Surya yang valid, dan praktis di kelas VI SDIT Kautsar Ilmi Tanjung Raja. Peneliti menggunakan metode pengembangan R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Media divalidasi oleh 2 dosen ahli dengan memvalidasi materi dan validasi media. Subjek uji coba adalah 22 peserta didik kelas VI SDIT Kautsar Ilmi Tanjung Raja (kelas B). Penelitian menghasilkan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Adobe Flash CS6 yang valid dan praktis. Dengan perolehan hasil persentase kevalidan sebesar 84% dan persentase kepraktisan sebesar 91% yang dilihat dari respon peserta didik.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Afriani, Fitriani. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Berbantuan Adobe Flash Cs6 untuk Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan
Arda, dkk. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP Kelas VIII. E-jurnal Mitra Sains.
Deliany, dkk. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educare: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Ekayani. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Ganesha University of Education.
Kamelia, dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 untuk Siswa Kelas VI SD/MI.
Karitas, dkk. (2018). Buku Guru Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nurlaila, dkk. 2018. Pengaruh Model cooperative Learning Tipe Games Team Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN Gugus X Kota Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar.
Pertami, dkk. (2021). Perkembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Materi Bangun DAtar Kelas IV SD. NSJ: Nubin Smart Journal.
Rezeki. (2018). Pemanfaatan Adobe Flash CS6 Berbasis Problem Based Learning pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Samidi., dan Istarani. (2016). Kompetensi & Profesionalisme Guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika. Medan: Larispa
Santi & Astuti, (2020). Pembuatan Prototype Aplikasi Game Edukasi Sistem Tata Surya untuk Siswa Sekolah Dasar. JOISM: Sistem Informatika Universitas Amikom Yogyakarta.
Sugiyono,Rachmat, A., & Krisnadi, I. (2020). "Analisis Efektifitas Pembe lajaran Daring (Online) Untuk Siswa SMK Negeri 8 Kota Tangerang Pada Saat Pandemi Covid 19". Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–7
Suryani,dkk. (2018). Media Pembelaj aran Inovatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Traharti Melia. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Negeri
Tritih Wetan 05 jeruklegi Cilacap. Skripsi. Cilacap: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY
Trianto, (2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta:PT Bumi Aksara