PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS HEYZINE FLIPBOOK PELAJARAN MATEMATIKA MATERI SUDUT KELAS V SD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Materi sudut adalah salah satu materi pada pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar namun belum banyak yang sesuai untuk mendukung pembelajaran tersebut di Sekolah Dasar. Masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana mengembangkan e-modul berbasis heyzine flipbook pada pelajaran matematika materi sudut kelas V SD yang valid, 2) Bagaimana mengembangkan e-modul berbasis heyzine flipbook pada pelajaran matematika materi sudut kelas V SD yang praktis, 3) Bagaimana keefektifan e-modul berbasis heyzine flipbook pada pelajaran matematika materi sudut kelas V SD yang telah di kembangkan. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D). Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuisioner (angket), tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi oleh para ahli di bidang media, bahasa, dan materi mencapai persentase 94%, yang termasuk dalam kategori sangat valid. Dari segi kepraktisan, diperoleh hasil dari tes peserta didik sebesar 95% pada tahap one to one dan 98% pada tahap small group berdasarkan angket yang diisi oleh siswa, yang tergolong sangat praktis. Sementara itu, untuk aspek keefektifan, diperoleh persentase sebesar 90% yang termasuk dalam kategori sangat efektif. Data ini berasal dari hasil lembar kerja siswa, di mana 18 dari 20 peserta didik mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dalam rentang nilai 61–80. Hal ini menunjukkan bahwa siswa sangat antusias terhadap penggunaan media e-modul berbasis Heyzine Flipbook pada pembelajaran matematika materi sudut di kelas V sekolah dasar
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Arif, A., Hakim, L., Susanti, S., & Bahtiar, M. D. (2023). Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan E-Modul Perbankan Syariah sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Era Pandemi. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(1), 955–964. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i1.5022
Arsi, A. (2021). Realibilitas Instrumen Dengan Menggunakan Spss. Validitas Realibilitas Instrumen Dengan Menggunakan Spss, 1–8.
Ashari, L. S., & Puspasari, D. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Heyzine Flipbook pada Mata Pelajaran Otomatisasi Humas dan Keprotokolan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Journal of Social Science Research, 4(1), 2568.
Auwaliyah, H. M., Sahrina, A., Soekamto, H., & Masruroh, H. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Heyzine Flipbook Materi Mitigasi Bencana Untuk Siswa Kelas Xi Ips Sman 1 Singosari. Jurnal Geografi, 12(1), 40–55. https://doi.org/10.24036/geografi/vol12-iss1/3423
Dwiyanti, I., Supriatna, A. R., & Marini, A. (2021). Studi Fenomenologi Penggunaan E-Modul Dalam Pembelajaran Daring Muatan Ipa Di Sd Muhammadiyah 5 Jakarta. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 75. https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.4175
Ibrahim Maulana Syahid, Nur Annisa Istiqomah, & Azwary, K. (2024). Model Addie Dan Assure Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5), 258–268. https://doi.org/10.62504/jimr469
Jumroh, & Jayanti. (2021). The Development of Edmodo E-Module Assisted Statistics Teaching Materials for Public Senior High School Number One. 513, 607–611. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.170
Khotimah, N., Humairah, H., & Mudayan, A. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Sudut di Kelas IV MI Tarbiyatus Sa’adah. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(2), 255–263. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i2.573
Lorenza, D., Fuadiah, N. F., & Surmilasari, N. (2023). Learning Obstacle Materi Pengukuran Sudut Siswa Kelas IV di SD Negeri 32 Palembang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 12(1), 166. https://doi.org/10.25273/jipm.v12i1.17299
Manzil, E. F., Sukamti, S., & Thohir, M. A. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Heyzine Flipbook Berbasis Scientific Materi Siklus Air Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 31(2), 112. https://doi.org/10.17977/um009v31i22022p112
Nare, M. O., Rusmana, I. M., & Nusantari, D. O. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Rumah Panggung Khas Sunda di Daerah Kranggan Wetan. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 8(0), 223–234. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5938
Nuraeni, D., Azwar Uswatun, D., & Nurasiah, I. (2020). Analisis Pemahaman Kognitif Matematika Materi Sudut Menggunakan Video Pembelajaran Matematika Sistem Daring Di Kelas Iv B Sdn Pintukisi. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, V(Vol 5 No 1 June 2020), 61–75. https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.2915
Nurul Audie. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
Rahayu, et. al. (2019). Pentingnya Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 448–454.
Riskynianyo, H. R., Novita, L., & Windiyani, T. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Materi Manusia dan Lingkungan. Journal on Education, 06(03), 16091–16099. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/5491
Rizal Fanani, R., Patoni, A., & Wijayanto, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Tadarus, 10(1), 111–130. https://doi.org/10.30651/td.v10i1.9117
Saputri, D., Mellisa, Hidayati, N., & Fauziah, N. (2023). Lembar Validasi: Instrumen yang Digunakan Untuk Menilai Produk yang Dikembangkan Pada Penelitian Pengembangan Bidang Pendidikan. Biology and Education Journal, 3(2), 133–151.
Satriani, E., & Pryanti, D. (2024). Pelatihan Desain E-Modul Berbasis Aplikasi Heyzine Flipbook bagi Guru SMK YAPIM Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 5(2), 229. https://doi.org/10.33394/jpu.v5i2.10450
Sitepu, E. N. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Mahesa, 1(1), 242–248. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.195
Sri Wiyanah, Koryna Aviory, & Christina Eva Nuryani. (2022). Pelatihan Aplikasi Canva Bagi Guru Dalam Mengembangkan Materi Pembelajaran Di Smpn 1 Kasihan Yogyakarta. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 3703–3712. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i1.2266
Tarigan, F. D. (2021). Pengembangan Mediavisual Outdoor Untuk Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 134–140. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1868
Zuhro, I. N., Sutomo, M., & Mashudi, M. (2022). Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Addie. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5(2), 180–193. https://doi.org/10.52166/talim.v5i2.3085