ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Luthfi Annaurotin
Fachrur Rozie
Rukmiyati Rukmiyati
Astien Diena Koesmini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab keterlambatan membaca permulaan pada siswa kelas II sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas II di UPTD SDN Mlajah 2 Bangkalan, dan siswa kelas II di UPTD SDN Mlajah 2 Bangkalan dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang menjadi penyebab keterlambatan membaca permulaan adalah faktor fisiologis, faktor intelektual, faktor lingkungan, dan faktor psikologis (motivasi, minat, dan perkembangan sosial, emosi, dan penyesuaian diri). Dan ditemukan tingkat jenis keterlambatan membaca permulaan pada siswa kelas II di UPTD SDN Mlajah 2 Bangkalan yang beragam seperti 1 siswa yang belum mengenal abjad seperti n, v, w, dan y. Serta terdapat 4 siswa yang masih terbata bata dalam membaca kata demi kata.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Annaurotin, Luthfi, Fachrur Rozie, Rukmiyati Rukmiyati, dan Astien Diena Koesmini. “ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 657–662. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2520.
Bagian
Artikel

Referensi

Alkhasanah, N., Isnaini, Y. F., Muhtadin, L., Ningsih, P. O., Fatoni, A., & Minsih, M. (2023). Analisis kesulitan belajar membaca permulaan siswa kelas 2 sd. Al-Irsyad: Journal of Education Science, 2(1), 44-55.

Dalman. (2020). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT RAAGRAFINDO PERSADA.

Friantini, R. N., dan Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. Volume 4. Nomor 1 (hlm. 6-11).

Irham, Muhammad., & Novan Ardy Wiyani. (2016). Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Miptahiyah, M. (2022). Analisis Faktor Keterlambatan Membaca di Kelas IV MI Nurul Qur’an Pagutan Tahun 2021/2022 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Mataram).

Rahim, Farida. (2018). Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rofiqi. (2020). Diagnosis Kesuliatn Belajar Siswa. Jakarta: Literasi Nusantara.

Saadah, V. N., & Hidayah, N. (2013). Pengaruh permainan scrabble terhadap peningkatan kemampuan membaca anak disleksia (Doctoral dissertation, Universitas Ahmad Dahlan).

Soleha, R. S., Enawar, E., Fadhillah, D., & Sumiyani, S. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 58-62.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama