ANALISIS PENERAPAN PROGRAM KLINIK HITUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA UPTD SDN MLAJAH 2

Isi Artikel Utama

Nailis Saadah
Fachrur Rozie
Rukmiyati Rukmiyati
Astien Diena Koesmini

Abstrak

Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan program "Klinik Hitung" sebagai upaya meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Program ini dirancang untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam berhitung melalui pendekatan bimbingan intensif dan latihan terfokus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kegiatan. Partisipan penelitian terdiri dari guru dan sejumlah siswa sekolah dasar yang dipilih berdasarkan kemampuan berhitung yang membutuhkan pengembangan. Analisis data dilakukan melalui teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program serta dampaknya terhadap kemampuan berhitung siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Klinik Hitung memiliki pengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Siswa menunjukkan peningkatan dalam kecepatan dan ketepatan perhitungan dasar, serta peningkatan rasa percaya diri dalam menghadapi soal matematika. Selain itu, interaksi antara tutor dan siswa serta metode pembelajaran yang menyenangkan berperan signifikan dalam keberhasilan program ini. Temuan ini menyarankan bahwa program Klinik Hitung dapat menjadi alternatif yang efektif untuk membantu siswa mengatasi kesulitan berhitung, dan disarankan untuk diterapkan secara lebih luas di sekolah.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Saadah, Nailis, Fachrur Rozie, Rukmiyati Rukmiyati, dan Astien Diena Koesmini. “ANALISIS PENERAPAN PROGRAM KLINIK HITUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA UPTD SDN MLAJAH 2”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 221–227. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2514.
Bagian
Artikel

Referensi

Hamidy, A., & Syam, H. (2020). Peningkatan Kemampuan Dasar Matematika Siswa SMA melalui Kegiatan Klinik Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 153-160.

Nainggolan, A. C., & Sitepu, I. (2023). Implementasi Math Clinic Dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Dengan System Pembelajaran Hibryd. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 2(1), 256-262.

Pamungkas, B., & Jana, P. (2018). WORKSHOP PENANGANAN SISWA KESULITAN BELAJAR MENGHITUNG (DYSKALKULIA) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Abdi Masyarakat, 1(2).

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran matematika dengan menggunakan media berhitung di sekolah dasar dalam meningkatkan pemahaman siswa. Edisi, 2(3), 435-448.

Muyassaroh, I. (2023). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 4 dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa SD. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 10(2), 100-112

Nainggolan, A. C., & Panjaitan, S. N. (2024). PENINGKATAN PENGGUNAAN APLIKASI TEACHMINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI WARGA DAN SISWA-SISWI TANJUNG SELAMAT. BESIRU: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 45-54.

Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (Vol. 1). UMMPress

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama