PENGUATAN NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI SOSIALISASI PENCEGAHAN 3 DOSA BESAR PENDIDIKAN DI UPTD SDN MLAJAH 2 BANGKALAN

Isi Artikel Utama

Dzakiyatul Mumtazah
Fachrur Rozie
Astien Diena Koesmini
Rukmiyati Rukmiyati

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan  tujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa terkait 3 dosa besar pendidikan, dampak negatif dari perilaku tersebut, dan cara mengatasinya. Program sosialisasi ini juga dilakukan untuk memberikan penguatan nilai karakter siswa yang baik sehingga mampu menjadi teladan dan menciptakan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, damai, dan menyenangkan. Metode penelitian yang digunakkan adalah Participatory Action Research (PAR) dengan tujuan untuk menciptakan keterlibatan aktif bagi partisipan yang mengikutinya sehingga mendapatkan hasil transformasi yang lebih baik dari sebelumnya.  Hasil dari penelitian ini adalah siswa sudah mulai memahami konsep pencegahan tiga dosa besar pendidikan, dampak negatif yang dialami, dan cara mengatasinya. Hal ini dilihat dari seberapa tepat jawaban yang dilontarkan oleh siswa melalui tahap evaluasi tanya jawab. Hasil yang signifikan juga terjadi beberapa hari setelah program sosialisasi dan pemasangan poster edukasi dilaksanakan. Pasalnya, beberapa siswa selalu mengaitkan kegiatan program sosialisasi yang mereka ikuti ketika menegur temannya yang melakukan perilaku tersebut.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Mumtazah, Dzakiyatul, Fachrur Rozie, Astien Diena Koesmini, dan Rukmiyati Rukmiyati. “PENGUATAN NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI SOSIALISASI PENCEGAHAN 3 DOSA BESAR PENDIDIKAN DI UPTD SDN MLAJAH 2 BANGKALAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 234–244. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2554.
Bagian
Artikel

Referensi

Afandi, A. 2020. Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Agustiawan. (Eds). (2022). Kekerasan Seksual. Bandung: Media Sains Indonesia. Agustina, P.W. & Ratri, A.K. (2018). Analisis tindak kekerasan seksual pada anak Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(2): 151-155.

Ain, N. 2022. Analisis diagnostik fenomena kekerasan seksual di sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 7(2): 49–50.

Al Mursyidi, B. M., & Darmawan, D. (2023). The influence of academic success of Islamic religious education and social media involvement on student morality. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 17(2): 321–331.

Amir, S., & Hakim, A. 2018. Pencegahan Sikap Intoleransi pada Siawa Melalui Penguatan Pendidikan Pancasila. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 52-62.

Anindya, A., Dewi, Y.I.S., & Oentari, Z.D. (2020). Dampak psikologis dan upaya penanggulangan kekerasan seksual terhadap perempuan. Jurnal TIN: Terapan Informatika Nusantara, 1(3): 137-140.

Antoniadou, N., & Kokkinos, M. C. (2015). Cyber and school bullying: Same or different phenomena. Aggression and Violent Behavior, 1–10.

Bahruddin. 2023. Sosialisasi Bullying (Perundungan) sebagai Upaya Pencegahan Terjadinya Kekerasan di SD Negeri 1 Argosuko. TAFFANI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1): 25-38.

Darmawan, D. 2023. The importance of Islamic education teacher competence and parental attention in enhancing students’ character formation at Nur Al-Jadid Excellent Islamic High School. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(2), 1353–1363.

Darmayanti, K. K. H., Kurniawati, F., & Situmorang, D. D. B. 2019. Bullying di sekolah: Pengertian, dampak, pembagian dan cara menanggulanginya. Pedagogia, 17(1): 55-66.

Farida, N., et al. 2024. Sosialisasi 3 Dosa Besar dalam Pendidikan untuk Menanamkan Nilai Karakter pada Siswa Sekolah Dasar. MENGABDI: Jurnal Hasil Kegiatan Bersma Masyarakat, 2(5): 186-192.

Ghozali, S. 2021. Islamic education leadership in building tolerance of religious life in Balun Village, Tri Sub-district. Journal Education Multicultural of Islamic Society, 1(2): 181– 192.

Hariyadi, A., Jenuri, J., Darmawan, D., Suwarma, D. M., & Pramono, S. A. (2023). Building of the Pancasila character with religious harmony in the globalization era. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2): 2126–2133.

Leony, A., Lisdayanti, S., & Hakim, M. 2024. Sosialisasi 3 Dosa Besar Pendidikan untuk Menanamkan Nilai Karakter Peserta Didik di SMPN 02 Seluma. Community Development Journal, 5(1): 1770-1773.

Maunah, B. 2015. Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1): 90.

Nuriafuri, R., Rakhmawati, D., & Handayani, A. 2024. Penanaman nilai-nilai karakter siswa dalam upaya pencegahan terjadinya 3 dosa besar dunia pendidikan. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1): 659-669.

Octaviani, F., & Nurwati, N. 2021. Analisis Faktor dan Dampak Kekerasan Seksual pada Anak. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial HUMANITAS, 3(2): 56-60.

Omeri, Nopan. 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9 (3): 464-468.

Pristiwanti, D., et al. 2022. Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6): 7911-7915.

Quthrunnada, Z., et al. 2024. Penguatan Karakter melalui Sosialisasi Pencegahan Tiga Dosa Besar Pendidikan di Desa Pasinan Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan. MENGABDI: Jurnal Hasil Kegiatan Bersma Masyarakat, 2(5): 192-204.

Rahma, A., Mirawati., Ariana, A. R. 2024. Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak melalui Edukasi Berbasis Media. AHMAR METAKARYA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1): 75-80.

Sari, P, R., Bulantika, Z. S., & Nadalifa, T. 2024. Analisis dan Faktor Penyebab Kekerasan Seksual di Lingkungan Sekolah. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1): 159-168.

Septiana, A., & Afifah, L. 2022. Upaya Sekolah dalam Menanamkan Nilai Karakter Untuk Pencegahan 3 Dosa Besar Dunia Pendidikan. Proseding Didastis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1312–1322.

Sunaniah., et al. 2024. Sosialisasi Pencegahan Intoleransi di Sekolah UPT SPF SD Negeri Kakatua Kota Makassar. Panrita Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1): 37-41.

Suparno, P. 2015. Pendidikan karakter di sekolah. Yogyakarta: Kanisius, 35–37.

Umam, K., Nila, A., Zaenal, M., Masrul, A., & Riki, R. (2022). Peningkatan kualitas taman pendidikan Al-Qur'an (TPQ) melalui metode participatory action research (PAR). Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 5(4), 413–421.

Wafa, Z., Kusumaningtyas, D, E., Sulistiyaningsih, F, E. 2023. Peran Sekolah dalam Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual pada Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Grobogan, 7(3).

Yunina, S, D., et al. 2023. Sosialisasi 3 Dosa Besar dalam Pendidikan untuk Menanamkan Nilai Karakter Peserta Didik di SDN Banjar Kemuning. Jurnal BUDIMAN, 5(2): 1-8.

Yuwono, I.D. 2015. Penerapan Hukum dalam Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Anak. Yogyakarta: Medpress Digital.

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. 2017. Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2).

Zubaedi. 2017. Strategi Taktis Pendidikan Karakter (untuk PAUD dan Sekolah). Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama