ANALISIS PENERAPAN “KLINIK BACA” DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA LANCAR DI UPTD SDN MLAJAH 2 BANGKALAN

Isi Artikel Utama

Rifa Hadijah
Fachrur Rozie
Astien Diena Koesmini
Rukmiyati Rukmiyati

Abstrak

Klinik baca adalah sebuah layanan atau program yang bertujuan membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca. Penelitian ini dilakukan untuk mengetauhi perkembangan siswa yang belum bisa membaca lancar dengan adanya program kerja “klinik baca” yang dilaksanakan setiap hari senin dan selasa. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi , dan kajian pustaka. Penelitian ini dapat disimpulkan melalui adanya wawancara dan observasi bahwa terdapat peningkatan keterampilan membaca lancar setelah adanya program kerja “klinik baca”

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hadijah, Rifa, Fachrur Rozie, Astien Diena Koesmini, dan Rukmiyati Rukmiyati. “ANALISIS PENERAPAN ‘KLINIK BACA’ DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA LANCAR DI UPTD SDN MLAJAH 2 BANGKALAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 297–301. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2544.
Bagian
Artikel

Referensi

Arnisyah, S., Syafutri, H. D., & Lastaria, L. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa SD Kelas Rendah di SDN 7 Langkai Palangkaraya: Analysis Of Beginning Difficulties of Reading in Low Grade Elementary Students at SDN 7 Langkai Palangkaraya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 60-66.

Hasanah, U. (2019). Pengembangan pembelajaran literasi membaca untuk meningkatkan daya baca siswa. Media Pustakawan, 26(2), 129-139.

Helvina, M., Noeng, A. Y., & Timba, F. N. S. (2021). Pengaruh penggunaan media animasi terhadap kemampuan membaca permulaan siswa selama pandemi Covid-19. Tunas Nusantara, 3(2), 379-386.

Huduni, A., Affandi, L. H., & Nisa, K. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Membaca Permulaan di Kelas 1 SD Negeri 3 Darek. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 394–398. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.488

Munah, A. S., Riastianty, A. D., Indah, S. T., Karminatuzahra, M., & Putri, V. D. (2024). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kesulitan Membaca pada Remaja Melalui Klinik Baca di SMPN 1 Kedawung. In Trends in Applied Sciences, Social Sciences, and Education | (Vol. 2, Issue 1).

Rafika, N., Pgri, U., & Kartikasari, M. M. (n.d.). Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 2020. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Sahara Perwitasari, T., Rohmah, M., & Setyawan, A. (n.d.). Analisis Kesulitan Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar. https://jepjurnal.stkipalitb.ac.id/index.php/hepi

Tarigan, H. (2008). Membaca : Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (2008th ed.).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama