ANALISIS PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS V SDN MLAJAH 2

Isi Artikel Utama

Irawati Nurdiana
Fachrur Rozie
Astien Diena Koesmini
Rukmiyati Rukmiyati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas V di SDN Mlajah 2 pada pembelajaran IPAS. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menghadapi berbagai kesulitan belajar, antara lain kesulitan memahami materi, menyelesaikan soal, kurang konsentrasi, rendahnya motivasi belajar, keterbatasan penggunaan media pembelajaran, rendahnya prestasi akademik, serta gangguan perilaku. Faktor utama penyebab kesulitan ini meliputi rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa, minimnya media pembelajaran yang relevan, dan kurangnya perhatian siswa terhadap pelajaran. Guru berperan penting dalam mengatasi permasalahan tersebut melalui berbagai strategi, seperti melakukan pendekatan personal kepada siswa, memberikan motivasi, melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran, melakukan tes untuk mendeteksi kesulitan belajar, serta menyampaikan komunikasi dengan orang tua. Dengan pendekatan yang terencana, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPAS dan membantu mereka mencapai hasil belajar yang lebih baik.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nurdiana, Irawati, Fachrur Rozie, Astien Diena Koesmini, dan Rukmiyati Rukmiyati. “ANALISIS PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS V SDN MLAJAH 2”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 228–233. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2526.
Bagian
Artikel

Referensi

Hidayah, Ridha Maulani dkk. 2024. Analisis Kesulitan Belajar Pada Muatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN 4 Ampenan, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09 (02)

Hidayat, Muhammad Ramadhan Arian Nur dkk. 2022. Analisis Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar IPA Siswa Kelas IV Masa PPKM, Journal Of Science, Education and Studios

Purwanti, Siwi. 2018. Analisis Ragam Kesulitan Belajar IPA Kelas V SD Negeri Jombor

Fitriani, Sriningsih. 2020. Analisis Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 8(1)

Wismanto dkk. 2024. Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di SDIT Alfiyah Pekanbaru, Jurnal Ilmu Pendiidkan, 1(3)

Siregar, Nurhayati. 2023. Analisis Kesulitan Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas III SD Negeri 0118 Sibuhan Julu, Student Research Journal, 1(5)

Suot, Marlina M. dkk. 2024. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPAS di SD GMIM RANOME, Bloom Journal, 1(2)

Dauly, Najma Izzatuna dkk. 2024. Problematika Pembelajaran IPAS Kelas V SDN 1 Wonokerso, Jurnal Inovasi Sekolah, 11(1)

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama