EFEKTIFITAS MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI DAN NUMERISASI SISWA DENGAN BIMBINGAN BELAJAR SDN MLAJAH 2 BANGKALAN

Isi Artikel Utama

Indah Wulandari
Fachrur Rozie
Rukmiyati Rukmiyati
Astien Diena Koesmini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca dan berhitung siswa. Program ini menyasar siswa sekolah dasar di kelas atas yang mengalami kesulitan membaca dan berhitung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Pengembangan).Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri Mlajah 2 Bangkalan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah: 1)Wawancara dengan kepala sekolah dan guru pamong, 2) Diskusi dengan anggota asistensi mengajar untuk menentukan program kerja, 3) Diskusi, mendata siswa terkait pelaksanaan program kerja bimbingan belajar membaca dan menghitung, 4) Pengefixan data program kerja bimbingan belajar membaca dan menghitung, 5) Pelaksanaan bimbingan belajar membaca dan menghitung, 6) Tes kemampuan siswa, 7) Evaluasi program bimbingan belajar.  Pelaksanaan program bimbingan belajar membaca dilaksanakan setiap hari Senin dan Selasa untuk bimbingan belajar berhitung dilaksanakan setiap hari Rabu dan Kamis, dalam waktu 30 menit.  Program bimbingan belajar yang dilaksanakan oleh tim asistensi mengajar mulai 1 Oktober 2024 sampai dengan 14 November 2024. berdasarkan dari hasil penelitian dari program ini adalah meningkatkan keampuan membaca dan berhitung siswa. Setelah mengikuti program ini, sisswa dapat mengenal dan lancar membaca berhitung.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Wulandari, Indah, Fachrur Rozie, Rukmiyati Rukmiyati, dan Astien Diena Koesmini. “EFEKTIFITAS MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI DAN NUMERISASI SISWA DENGAN BIMBINGAN BELAJAR SDN MLAJAH 2 BANGKALAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 805–812. Diakses Juni 17, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2555.
Bagian
Artikel

Referensi

Anggraeni, P. S., & Dewi, S. E. K. (2021). Perbandingan Prestasi Belajar Siswa yang Mengikuti Bimbingan Belajar dan Tidak Mengikuti Bimbingan Belajar Siswa Kelas V SDN 01 Tulus Ayu. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(1), 18–24. https://doi.org/10.30599/jemari.v3i1.772

Hallahan D.P & Kauffman, J,M. (2006). Exceptional Learners. An Introduction to special Education. (10thed.). Allyn and bacon, Massachusetts

Nasution, H. F. (2021). Peningkatan hasil belajar matematika melalui bimbingan belajar gratis. Indonesian Journal of Community Service, 1(1), 66–73. http://ijocs.rcipublisher.org/index.php/ijocs/article/view/42

Prasetyo, T., & Afaria, Z. (2022). Bimbingan Belajar Matematika Secara Daring Untuk Siswa Sekolah Dasar di Kelurahan Margomulyo. Jurnal Berdaya Mandiri, 4(2), 198-207. https://doi.org/10.31316/jbm.v4i2.2503

Ramadani, S. L., Fatihaturosyidah, F., & Suratno, T. (2022). Program Layanan Bimbingan Belajar Bagi Siswa Yang Berkesulitan Membaca di SD Kelas Rendah. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 72– 78. https://doi.org/10.37150/perseda.v5i1.1584

Santoso, A., & Rusmawati, Y. (2019). Pendampingan Belajar Siswa di Rumah Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 36-43. https://doi.org/10.30736/jab.v2i02.7

Sari, S. (2018). Komunikasi Interpersonal Guru dalam Meningkatkan Kepercayaan Siswa pada Bimbingan Belajar Onma di Kota Bengkulu. Professional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 5(1), 1-7.https://doi.org/10.37676/professional.v5i1.705

Sherley, Y., Ardian, Q. J., & Kurnia, W. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Media Pembelajaran Berbasis Website (Studi Kasus: Bimbingan Belajar De Potlood). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 2(3), 136–147. https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i3.879

Silaban, R. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Kata Sederhana Melalui Metode Latihan Siswa Kelas I SD Negeri 014 Pagaran Tapah Darussalam. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(1), 16–24. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v1i1.4365

Sinaga, J. B., Manurung, S., & Marpaung, J. E. (2017). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini di Kelurahan Buliang RW 18. Minda Baharu, 1(1), 33-41. https://doi.org/10.33373/jmb.v1i1.1171

Suryani, S., Aliyyah, R. R., & Muhdiyati, I. (2022). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Belajar Dari Rumah di Kelas IVb SDN Pakuhaji. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 70–80. https://doi.org/10.36456/inventa.6.1.a5306

Yulianti, F., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2021). Pengembangan Media Ludo Math Game Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 207–218.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama