IMPLEMENTASI PROGRAM KLINIK BACA DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN LITERASI SISWA SD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Literasi sangat penting dalam dunia pendidikan, tetapi rendahnya kemampuan membaca siswa juga menjadi tantangan utama dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan program Klinik Baca sebagai upaya meningkatkan kecakapan literasi siswa sekolah dasar, khususnya dalam keterampilan membaca. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada siswa kelas III di SDN Mlajah 2 Bangkalan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Klinik Baca efektif dalam meningkatkan minat dan kemampuan membaca siswa, terutama pada mereka yang mengalami kesulitan dalam membaca. Program Klinik Baca merupakan kegiatan pendampingan membaca intensif yang dilakukan secara terstruktur dengan pendekatan yang menarik dan interaktif. Program Klinik Baca diharapkan dapat mendukung pengembangan literasi dasar pada siswa, sehingga meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang lebih berpengetahuan dan berdaya saing.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230–238. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4663
Nurkhofifah, F. I. (2022). Penggunaan Media Smartboard dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Fitria Indar Nurkhofifah. 6(2), 2701–2709.
Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572
Ilmi, N., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2866–2873. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/990
Yunianika, I. T., & . S. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 507. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.1733
Borusilaban, L. J. A., & Harsiwi, N. E. (2023). Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaan Siswa Kelas I. Jurnal Basicedu, 7(4), 2502-2509.
Baharun, H., Zamroni, Amir, & Saleha, L. (2021). Pengelolaan APE Berbahan Limbah untuk Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1382–1395.
Salsabila, Zela., & Siswoyo, A. A. (2024). Analisis Peran Klinik Baca dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN Telang Bangkalan. Journal On Education, 06, 4-5.
Fitriani Anita., & Attalina, C. N. S. (2024). Analisis Implementasi Program Klinik Literasi GEDEBUK dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4.
Apriyanda., Puti, M. S., & Jannah, R. (2023). Upaya dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Tingkat Dasar Melalui Tahap Pembiasaan. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 13.
Jasmine, D. F., Sunaengsih, C., & Syahid, A. A. (2024). Analisis Program Budaya Literasi dalam Peningkatan Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 13.
Nurahmah, S. S., Barkah., & Adela, D. (2023). Penerapan Fun Literacy untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada SIswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7.
Rodiyah, Muslimatur., (2024). Program Budaya Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Raudhatussalam dan Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum Besuk Probolinggo. Jurnal Riset Islam, 7.