PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS 5 DI SD NEGERI 104204 SAMBIREJO TIMUR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa kelas 5 pada materi Bab 7 Daerah Kebanggaanku Topik A: Seperti Apakah Budaya Daerahku di SDN 104204 Sambirejo Timur. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen non-equivalent control group. Sampel terdiri dari 20 siswa kelas 5-A (kelas eksperimen) dan 20 siswa kelas 5-B (kelas kontrol) yang dipilih melalui teknik total sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda, dan analisis data dilakukan dengan uji-t menggunakan bantuan SPSS 27. Hasil uji normalitas pre-test menunjukkan nilai signifikansi 0,200 > 0,05 pada kedua kelompok, menandakan data berdistribusi normal. Uji normalitas post-test juga menunjukkan nilai 0,200 > 0,05 pada kedua kelompok. Uji homogenitas menunjukkan nilai signifikansi 0,789 > 0,05, menandakan kedua kelompok memiliki varians yang sama. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa pada materi tersebut.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Amri, Sofan. (2016). Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Berlian, Ujang Cepi. Solekah, Siti. Rahayu, Puji. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118.
Chintya Kurniawati. (2017). “Pengaruh Keaktifan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B SMP Kanisius Kalasan pada Topik Bahasan Operasi Aljabar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Tahun Ajaran 2016/2017” (Skripsi, Universitas Sanata DharmaYogyakarta, 2017), 18.
Hattarina, Shofia dkk. 2022. Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. Jurnal Senassdra, 1(2), 181-192.
Hidayat, Isnu. (2019). 50 Strategi Pembelajaran Populer. Yogyakarta: Diva Press.
Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodist dan Paradigmatis. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Indarta, Yose dkk. 2022. Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (2), 3011-3024.
Lubis, Novita Maharani. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Kelas IV MIN 8 Medan Kecamatan Medan Petisah Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) T.A 2018/2019. Skripsi UINSU. Halaman 1-133.
Rochsantiningsih, D., Suciati, E. and Hartoyo, A. (2020) ‘Rekonstruksi Kurikulum Berbasis Kompetensi Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0’, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), pp. 448–457.
Yanto, Ari. (2015). Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 1, No.1. Halaman 53-57