PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS BAAMBOOZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN 056012 SUKA JADI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan media pembelajaran interaktif yang berbasis Baamboozle terhadap pencapaian hasil belajar Pancasila pada siswa kelas IV di SDN 056012 Suka Jadi. Penelitian ini mengadopsi desain quasi eksperimen dengan tipe pre-eksperimental. Untuk menganalisis data empiris, hasil tes awal dan tes akhir dibandingkan melalui uji hipotesis statistik. Desain penelitian yang diterapkan dalam studi ini adalah One-Shot Case Study. Dalam studi ini, sampel yang diambil terdiri dari 28 siswa kelas IV di SDN 056012 Suka Jadi. Dalam penelitian ini, peneliti menerapkan teknik sampling jenuh, di mana seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-Gain. data hasil pre-test dan post-test yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa setelah penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Baamboozle. Rata-rata (mean) nilai pre-test adalah 63,17, sedangkan pada post-test meningkat menjadi 81,34, mencerminkan kemajuan yang jelas. Nilai t yang diperoleh adalah 5,563 dengan derajat kebebasan (df) sebanyak 28. Signifikansi (p-value) dari uji ini adalah 0,000, yang jauh lebih kecil dari level alpha 0,05. maka hipotesis nol ditolak yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang sebelum dan setelah menggunakan media Baamboozle pada mata pelajaran pendidikan Pancasila di kelas IV SDN 056012 Suka Jadi.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Alti,dkk. (2022). Media Pembelajaran. PT. Global Eksekutif Teknologi. Padang
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 01-17.
Halimah, N., & Adiyono, A. (2022). Unsur-Unsur Penting Penilaian Objek Dalam Evaluasi Hasil Belajar. EDUCATIONAL JOURNAL: General and Specific Research, 2(1), 160-167
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104-1113.
Huda, I. A. (2020). Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121-125.
Julianti, U. F. (2022). Prestasi Belajar Mahasiswa: Kaitannya Dengan Kualitas Pengajaran Dosen. Penerbit Nem
Kurniawati, I.D dan Nita, S. 2018. “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa”. Journal of Computer and Information Technology Vol.1, No. 2.
Mariani, S. D., Larasati, D. A., Prasetya, D. S. P., & Stiawan, A. (2022). Pengaruh pembelajaran hybrid learning menggunakan media Baamboozle terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa smp. vol, 2, 206-2016
May, B., Tobing, D. U. A. L., Ritonga, N. S., Jamaludin, J., & Yunita, S. (2024). Strategi Pembelajaran Kreativitas Media Bamboozle Untuk Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 62-69.
Miftah, M., & Rokhman, N. (2022). Kriteria pemilihan dan prinsip pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK sesuai kebutuhan peserta didik. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(9), 641-649
Miftah, M., & Rokhman, N. (2022). Kriteria pemilihan dan prinsip pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK sesuai kebutuhan peserta didik. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(9), 641-649.
Nababan, E., Hsb, S. H. M., Mika, S., Putri, T. A., & Siregar, W. M. (2024). Implementasi Pendidikan Pancasila Di Sd 060824 Medan Area: Meningkatkan Kesadaran Siswa Akan Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4), 410-416.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Putri, V. D. S., Hartono, Y., & Nurkholipah, S. (2024, September). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Baamboozle Pada Mata Pelajaran Sejarah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII di SMA Negeri 5 Madiun. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SNISTEK) (Vol. 6, pp. 9-14).
Putri, V. D. S., Hartono, Y., & Nurkholipah, S. (2024, September). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Baamboozle Pada Mata Pelajaran Sejarah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII di SMA Negeri 5 Madiun. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SNISTEK) (Vol. 6, pp. 9-14).
Roflin, E., & Liberty, I. A. (2021). Populasi, Sampel, Variabel Dalam Penelitian Kedokteran. Penerbit NEM.
Rukminingsih,dkk.(2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Erhaka Utama. Yogyakarta
Setyawan, A. S., & Panduwinata, L. F. (2023). Pengaruh model group investigation berbantuan edugames Baamboozle terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran otk kepegawaian di smkn 1 jombang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 5960-5968.
Shoffa,Shoffan. (2023). Media Pembelajaran. CV. Afasa Pustaka.Pasaman
Siregar, W. M., Sitanggang, F. Y., Manurung, D., Aulia, W. A., & Sembiring, T. S. B. (2024). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inklusif, 8(6).
Wardana, M. A. W., Indra, D. P., & Ulya, C. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Surakarta. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 95-114.