PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) TERHADAP HASIL BELAJAR PENJAS SISWA KELAS V SDN 200301 PUDUN PADANGSIDIMPUAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar penjas melalui pendekatan pembelajaran Teaching Games For Understanding (TGFU) pada kelas V SDN 200301 Pudun Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis quasi eksperiment dengan desain one group pre-test post-test, populasi penelitian terdiri dari 40 siswa kelas V-A dan V-B. Adapun teknik penentuan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Subjek penelitian ini melibatkan 20 siswa laki-laki sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan pendekatan TGFU. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif. Sehingga data yang diambil akan menggunakan one sample t-test (uji satu sampel dengan t-test). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa, dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 59 dan post-test sebesar 82,5. Berdasarkan hasil uji normalitas data pre-test dengan menggunakan uji Liliefors, diperoleh nilai Lhitung sebesar 0,1783 yang lebih kecil daripada Ltabel sebesar 0,190 (0,1783 < 0,190). Demikian pula, hasil uji normalitas pada data post-test menunjukkan Lhitung sebesar 0,1636 yang juga lebih kecil daripada Ltabel sebesar 0,190 (0,1636 < 0,190), sehingga data post-test juga berdistribusi normal. Selanjutnya, hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa Fhitung sebesar 1,9652 lebih kecil dari Ftabel sebesar 2,1682 (1,9652 < 2,1682), yang berarti bahwa varians data pre-test dan post-test homogen. Uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan t hitung (11,094) lebih besar dari t tabel (2,024), yang berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan dari penerapan pendekatan TGFU terhadap hasil belajar pendidikan jasmani siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif di sekolah dasar.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ananda & Fadhli, (2018). Statistik Pendidikan Teori dan Praktik Dalam Pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita.
Ariani dkk. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung
Asmarita, Desi. (2023). “Model Pembelajaran TGFU Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Kelas VIII Di Smp Negeri 2 Pajangan.”
Faiza, Silviana Nur. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume 1 Nomor 2 Tahun 2017 p-ISSN: 2579-6259 e-ISSN: 2621-895X.
Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Paduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan dan Analisis Dalam Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Magdalena, Riana, dan Maria Angela Krisanti. (2019). “Pengujian Independent Sample T-Test di PT.Merck, Tbk.” Jurnal Tekno 16 (2): 35–48.
Papagiannopoulos, Dionysios, Nikolaos Digelidis, dan Ioannis Syrmpas. (2023). “PE teachers’ perceptions of and experiences with using the TGFU model in teaching team games in elementary school.” Journal of Physical Education and Sport 23
Rukminingsih. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka Art.
Zultaniah, Anna. (2019). “Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Games For Understanding (TGFU) Terhadap Hasil Belajar Servis Bulutangkis Siswa SMA Negeri 3 Takalar.” Journal of Chemical Information and Modeling 110 (9): 1689–99.