PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKITF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 106806 CINTA RAKYAT

Isi Artikel Utama

Teguh Angginta
Lidia Simanihuruk
Wildansyah Lubis
Winara Winara
Putra Afriadi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan keefektifan dari media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran IPAS Kelas IV SDN 106806 Cinta Rakyat. Penelitian dan pengembangan dilakukan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan diantaranya  Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian ini 21 siswa yang tediri dari 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, angket dan tes. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen wawancara, instrumen ahli (angket, tes, desain, dan materi), instrument praktikalitas (angket respon guru dan siswa), dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validitas mendapatkan persentase 84 persen berkategori sangat layak. Hasil uji praktikalitas memperoleh hasil skor nilai kepraktisan dengan persentase sebesar 90 persen berkategori Sangat Praktis. Hasil efektifitas produk dari hasil pre test dan post test peserta didik berdasarkan hasil analisis N-Gain memperoleh skor rata-rata N-Gain sebesar 0,64 dengan kategori “Efektif”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwasanya media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran IPAS dinyatakan Sangat Layak, Sangat Praktis, dan Efektif digunakan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Angginta, Teguh, Lidia Simanihuruk, Wildansyah Lubis, Winara Winara, dan Putra Afriadi. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKITF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 106806 CINTA RAKYAT”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1625–1639. Diakses Juni 23, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2921.
Bagian
Artikel

Referensi

Andini, Deassy May, & Endang Supardi. (2018). KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN VARIABEL KONTROL LATAR BELAKANG PENDIDIKAN GURU. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(2):1–7. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000

Agustina, U., & Elan (2021). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDN SINDANGHEULA 02. JS (Jurnal Sekolah), 5(3) 165-169 https://doi.org/10.24114/jsv513.26827

Agustira, Shinta, & Rina Rahmi. (2022). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TINGKAT SD. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1):72–80. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i1.6267

Darnawati, Jamiludin, La Batia, Irawaty, & Salim. (2019). PEMBERDAYAAN GURU MELALUI PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1):8–16.

Husain , R & Ibrahim, D. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Non Formal, 7(03) , 1365-1374. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1365-1374.2021

Nursyam, A. (2019). PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 811-819. http://dx.doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.371

Ricca, A & Simanihuruk, L (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MODEL THINK PHAIR SHARE BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 SD NEGERI 105282 GALANG. Jurnal Handayani PGSD FIP Unimed. 14(1), 54-67. https://doi.org/10.24114/jh.v14i1.46416

Saodah, S., Amini, Q., Rizkyah, K., Nuralviah, S., & Urfany, N. (2020). PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP SISWA SEKOLAH DASAR. PANDAWA, 2(3) ,375-385. https://doi.org/10.36088/pandawa.v2i3.907

Sunarni dan Karyono. 2023. PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR. Jurnal on Education, 5(2), 1613-1620. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.796

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyudi, I., Jayanti, J., & Suryani, I. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUCATION WORDWALL MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS V SDN 92 PALEMBANG. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 5(1), 45–61. https://doi.org/10.37081/jipdas.v5i1.2421