PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKITF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 106806 CINTA RAKYAT
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan keefektifan dari media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran IPAS Kelas IV SDN 106806 Cinta Rakyat. Penelitian dan pengembangan dilakukan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan diantaranya Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian ini 21 siswa yang tediri dari 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, angket dan tes. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen wawancara, instrumen ahli (angket, tes, desain, dan materi), instrument praktikalitas (angket respon guru dan siswa), dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validitas mendapatkan persentase 84 persen berkategori sangat layak. Hasil uji praktikalitas memperoleh hasil skor nilai kepraktisan dengan persentase sebesar 90 persen berkategori Sangat Praktis. Hasil efektifitas produk dari hasil pre test dan post test peserta didik berdasarkan hasil analisis N-Gain memperoleh skor rata-rata N-Gain sebesar 0,64 dengan kategori “Efektif”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwasanya media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran IPAS dinyatakan Sangat Layak, Sangat Praktis, dan Efektif digunakan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Andini, Deassy May, & Endang Supardi. (2018). KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN VARIABEL KONTROL LATAR BELAKANG PENDIDIKAN GURU. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(2):1–7. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000
Agustina, U., & Elan (2021). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDN SINDANGHEULA 02. JS (Jurnal Sekolah), 5(3) 165-169 https://doi.org/10.24114/jsv513.26827
Agustira, Shinta, & Rina Rahmi. (2022). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TINGKAT SD. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1):72–80. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i1.6267
Darnawati, Jamiludin, La Batia, Irawaty, & Salim. (2019). PEMBERDAYAAN GURU MELALUI PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1):8–16.
Husain , R & Ibrahim, D. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Non Formal, 7(03) , 1365-1374. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1365-1374.2021
Nursyam, A. (2019). PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 811-819. http://dx.doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.371
Ricca, A & Simanihuruk, L (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MODEL THINK PHAIR SHARE BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 SD NEGERI 105282 GALANG. Jurnal Handayani PGSD FIP Unimed. 14(1), 54-67. https://doi.org/10.24114/jh.v14i1.46416
Saodah, S., Amini, Q., Rizkyah, K., Nuralviah, S., & Urfany, N. (2020). PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP SISWA SEKOLAH DASAR. PANDAWA, 2(3) ,375-385. https://doi.org/10.36088/pandawa.v2i3.907
Sunarni dan Karyono. 2023. PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR. Jurnal on Education, 5(2), 1613-1620. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.796
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahyudi, I., Jayanti, J., & Suryani, I. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUCATION WORDWALL MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS V SDN 92 PALEMBANG. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 5(1), 45–61. https://doi.org/10.37081/jipdas.v5i1.2421