PENGARUH FILM KARTUN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD N 104202 BANDAR SETIA

Isi Artikel Utama

Fransiska Yunita litau
Edizal Hatmi
Halimatussakdiah
Albert Pauli Sirait
Masta Marselina Sembiring

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Signifikan  penggunaan film kartun terhadap kemampuan menyimak pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 104202 Bandar Setia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen digunakan media pembelajaran berupa film kartun, sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan menggunakan media konvensional berupa buku cerita. Jumlah siswa dalam penelitiian ini adalah 37 orang.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu seluruh populasi dijadikan sebagai sampel karena jumlahnya relatif kecil dan memungkinkan untuk diteliti secara menyeluruh. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes berbentuk soal essay, baik pada saat pretest maupun posttest, untuk mengukur kemampuan menyimak siswa sebelum dan sesudah perlakuan.Uji prasyarat data dilakukan menggunakan uji independent sample t-test untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 117,33 dan kelas kontrol sebesar 53,62. Setelah diberi perlakuan, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen meningkat menjadi 173,33, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 80,58. Berdasarkan hasil uji t, diperoleh nilai  sebesar 8,28 dan  sebesar 2,03. Karena  > , maka  ditolak dan diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan film kartun terhadap keterampilan menyimak dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN 104202 Bandar Setia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Yunita litau, Fransiska, Edizal Hatmi, Halimatussakdiah Halimatussakdiah, Albert Pauli Sirait, dan Masta Marselina Sembiring. “PENGARUH FILM KARTUN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD N 104202 BANDAR SETIA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2837–2852. Diakses Desember 26, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3062.
Bagian
Artikel

Referensi

Afifah, dkk. 2023. Dampak Menonton Serial Film Kartun Kesukaan Terhadap Prilaku Anak.Jurnal Pendidikan Anak, E 12 (1), 2023, 72-80

Alisnaini, A. F., Syahira, F., Ariyani, V., Syahrial, S., & Noviyanti, S. (2022). Penerapan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Berbasis Teks Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 387-393.

Apriansyah, M. R., Sambowo, K. A., & Maulana, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 8–18.

Asdam, Muhammad, (2019). Pembelajarann Keterampilan Berbahasa. Makassar:Lipa

Asdar. 2018. Motode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Azkiya Publishing

Astutiningsih, E. E. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Fabel Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 2(3), 371-383

Ernawati, N. L. S., & Rasna, I. W. (2020). Menumbuhkan Keterampilan Menyimak Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 103-112.

Evya, E., Asdar, A., & Bakri, M. (2024). Keefektifan Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerita Fiksi Siswa Kelas IV SDN Pagandongan. Bosowa Journal of Education, 5(1), 55-59.

Fani, R. S., & Cunandar, D. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Di Kelas II SD Negeri 1 Ciporang. Cendekiawan, 6(2), 166-173.

Fitriani, L., & Nurjamaludin, M. (2020). Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi: Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi. Bale Aksara, 1(1), 31-42.

Girsang, M. L., Ridlo, M. R., & Utari, A. (2019). Penggunaan metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak usia dini kelompok B di TK Mawar Indah Kecamatan Medan Petisah. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, 2(2), 258-269.

Gusnetti, K. C., & Amanda.(2022). Bahan Ajar Keterampilan Menyimak. padang: LPPM Universitas Bung Hatta

Habibah, A., & Syihabuddin, S. (2020). Evaluasi Ketrampilan Menyimak Dengan Memanfaatkan Permainan Berbisik Berantai Dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Evaluasi Ketrampilan Menyimak Dengan Memanfaatkan Permainan Berbisik Berantai Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ittijah: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Bahasa Arab, 12(2), 97-106.

Kementerian Pendidikan & Kebudayaan.(2017). Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Muttoharoh, L., Tiana, H., & Muhtarom, M. (2022). Pengaruh Film Kartun Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia Dini di RA Al-Islami Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 9498-9509.

Ngura, A. V., Pali, A., & Kala, G. S. M. (2024). Penggunaan Media Film Kartun Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Peserta Didik Kelas Iv Sdi Danga Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 4(3), 209-222.

Nugroho, S. H., & Ruliana, P. (2021). Kartun sebagai media komunikasi visual materi ajar di dunia pendidikan. CARAKA: Indonesia Journal of Communication, 2(2), 57-64.

Nurgiyantoro, Burhan. (2017). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Patonah, D., Wijaya, W. M., & Rosalin, E. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Kartun Pada Pembelajaran Untuk Meningkatkan Berhitung Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(1), 37-45

Popiyanti, Z., & Lian, B. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Kartun Terhadap Kemampuan Menyimak Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tanjung Kerang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 6160-6171.

Rahma, A., Aprilia, P. D., Nuari, P. A., Rahmadian, R., Fatmawati, R. F., & Lestari, S. A. (2022). Aspek kemampuan menyimak anak usia dini. Jurnal Paud Emas, 1(2), 18-27

Rahman, A., Naldi, W., Arifin, A., & Mujahid, F. (2021). Analisis UU Sistem Pendidikan Nasional Np 20 Tahun 2003 dan Implikasinya terhadap Pelaksanaan Pendidikan di Indonesia. Analisis Uu Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Dan Implikasinya Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Di Indonesia, 4(1), 98-107.

Rukayah, R., Amin, M., & Safitri, A. H. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Film Kartun Terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Fiksi Siswa. Global Journal Education And Learning (Gjel), 1(2), 99-105.

Sabila, L., Marhayani, D. A., & Kariadi, D. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Film Kartun Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas V. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 5831-5841.

Salam, R., Djaga, S., Sahabuddin, E., & Pasila, Y. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Film Kartun Terhadap Keterampilan Menyimak Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd Inpres Mariso I Kota Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 12(2), 290-298

Sara, S. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Memahami Isi Cerita Fiksi Menggunakan Model Pembelajaran Role Playing Dan Media Visual Kelas IV SD Negeri 8 Kutablang. Jupendas (Jurnal Pendidikan Dasar), 10 (1), 30-36.

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Pendidikan(Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Bandung:Alfabeta

Sukma, Hanifa & Saifudin, (2021). Keterampilan Menyimak Dan Berbicara: Teori Dan Praktek. Yoyakarta:K-Media

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama