PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI ISPRING SUITE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 106163 BANDAR KLIPPA

Isi Artikel Utama

Defina Raysha
Faisal
Irsan
Halimatussakdiah
Masta Marselina Sembiring

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi iSpring Suite yang valid, praktis, dan efektif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa. Subjek penelitian terdiri dari 1 guru wali kelas V dan 22 peserta didik kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, kuesioner, dan tes, kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Validitas media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi iSpring Suite memperoleh nilai 88% dari validator ahli konten media dan termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, kemudian memperoleh nilai 91% dari validator ahli desain media dan termasuk dalam kategori “Sangat Layak”; (2) Praktikalitas media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi iSpring Suite memperoleh nilai 92% dari guru dan termasuk dalam kategori “Sangat Praktis”, serta memperoleh nilai 91,6% dari respon peserta didik dan termasuk dalam kategori “Sangat Praktis”; dan (3) Efektivitas media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi iSpring Suite dari kenaikan hasil rata-rata pre-test dan post-test yaitu memperoleh skor N-Gain 0,59 dan 0,51 yang termasuk dalam kategori “Efektif”. Selanjutnya dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi iSpring Suite pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Raysha, Defina, Faisal Faisal, Irsan Irsan, Halimatussakdiah Halimatussakdiah, dan Masta Marselina Sembiring. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI ISPRING SUITE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 106163 BANDAR KLIPPA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 3862–3879. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3168.
Bagian
Artikel

Referensi

Akbar, J. S., Ariani, M., Zulhawati, Haryani, Zani, B. N., Husnita, L., . . . Hamsiah, A.

(2023). Penerapan Media Pembelajaran Digital. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Alfriyanti, N., Hala, B., Karlina, I., Blegur, S., & Garak, S. S. (2023). Pemanfaatan

Powerpoint dan Ispring Suite Dalam Mendesain Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran

Matematika Berbasis Android. 1(2), 39–45.

Angelia, R. A., Vivayosa, N., Anatasia, D., & Hutapea, L. (2024). Pengembangan Media

Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Ispring Suite 9 Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Kelas IV Sekolah Dasar. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 4(2), 224-233.

Ardiani, K. E. (2022). Multimedia Pembelajaran Interaktif Berorientasi Teori Belajar

Ausubel pada Muatan IPA Materi Sumber Energi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan

Pendidikan, 6(1), 26–35. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45159

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen

Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal

Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arosyadi, M. I., & Suyantiningsih, S. (2020). Korelasi antara persepsi pengelolaan dan

layanan pustaka dengan motivasi belajar di digital library UNY. Epistema, 1(1), 59-67.

Astini, N. K. S. (2019). Pentingnya Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi

Guru Sekolah Dasar untuk Menyiapkan Generasi Milenial. Jurnal Prosiding Seminar Nasional

Dharma Acarya. 1(1), 119.

Aziz, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android

Menggunakan Aplikasi Ispring Suite pada Mata Pelajaran Teknik Gambar Manufaktur di Kelas XI

SMK Negeri 5 Padang. Jurnal pendidikan Tambusai. 6(2), 16624–16633.

Clarissa, W. F., Dewi, C., & Hartini. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis

Ispring Suite 9 pada Pembelajaran Tematik Kelas V Semester 2 SDN 03 Madiun Lor. Prosiding

Konferensi Ilmiah Dasar, 525-537. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep

Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294.

https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993

Fadli, R., Hakiki, M., Rahayu, S., & Astriyani, S. (2020). Validitas Media Pembelajaran

Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di Sekolah

Menengah Kejuruan. JIPTI: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi, 1(1), 9-15.

https://doi.org/10.52060/pti.v1i1.302

Firdausi, A. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint

pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa SMP Kelas VIII Sebagai Sumber Belajar (Skripsi).

Tersedia dari Repositori UIN Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/61574

Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas media pembelajaran interaktif dengan aplikasi

powntoon pada mata pelajaran bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 1-13.

Halimatussakdiah, Simanungkalit, E., Faisal, Sembiring, M. M., & Siregar, S. L. (2019).

Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas Rendah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Hanisah, Irhasyuarna, Y., & Yulinda, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran

Interaktif Menggunakan Ispring Suite 10 pada Materi Reproduksi Tumbuhan untuk Mengukur

Hasil Belajar. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 6-16.

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... &

Indra, I. (2021). Media pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Hidayatillah, W., Ningsih, E. T. W., & Pratama, L. D. (2022). Kepraktisan Media

Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Sites Berorientasi Pada Hasil Belajar Dan Minat Belajar

Siswa. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 93–104.

https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.675

Huda, N., & Mulyani, A. E. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika

Berbasis Android dengan Ispring Suite pada Materi Garis dan Sudut. Al-Khwarizmi: Jurnal

Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 12(1), 51-66.

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v12i1.4022

iSpring Solutions, Inc. (2023). iSpring Suite: The Complete Guide. Diakses tanggal 15

Oktober 2024, dari https://www.ispringsolutions.com/articles/create-learning-course-with-ispring

Khoiruman, M. A. (2021). Analisis Hambatan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah

Dasar. Kajian Linguistik, 9(2), 51-62.

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Sutabaya.

Kusuma, Y. (2020). Analisis Komunikatif Peserta Didik Pada Pokok Materi Bahasa

Indonesia di Sekolah Dasar. DAWUH: Islamic Communication Journal, 1(3), 102-112.

Larasati, D., Wrahatnolo, T., Rijanto, T., & Anifah, L. (2022). Pengembangan media

pembelajaran Ispring Suite 9 berbasis android pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(1), 79-85.

Limbong, M., Firmansyah, Fahmi, F., & Khairiah, R. (2022). Sumber Belajar Berbasis

Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah. DECODE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1),

-35. http://dx.doi.org/10.51454/decode.v2i1.27

Linggasari, E., & Rochaendi, E. (2022). Indonesian Language Learning in Elementary

Schools Through Life Skills Education Model. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 13(1), 40.

https://doi.org/10.21927/literasi.2022.13(1).40-62

Mahadi, B. S., & Tohe, A. (2023). Aplikasi Android Menggunakan iSpring Suite untuk

Mengajarkan Kosakata Bahasa Arab bagi Siswa Kelas IV. JoLLA Journal of Language Literature

and Arts, 3(11), 1606–1631. https://doi.org/10.17977/um064v3i112023p1606-1631

Maharani, D., Permata, T., & Harahap, S. H. (2024). Penerapan Keterampilan Bahasa

Produktif: Bericara dan Menulis. Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1),

-282.

Mailida. (2023). Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal of Social Science

Research, 3(2), 1–8.

Mardiansyah, Zen, Z., Bentri, A., & Supendra, D. (2023). Pengembangan Media

Pembelajaran Menggunakan Ispring Suite pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP. Jurnal Family

Education, 37-42.

Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu

Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 554–559.

https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3429

Mulyatiningsih, E. (2016). Model-Model Pengembangan. Yogyakarta: Alfabeta

Munawir, M., Rofiqoh, A., & Khairani, I. (2024). Peran Media Interaktif Dalam

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal AlAzhar Indonesia Seri Humaniora, 9(1), 63– 71. http://dx.doi.org/10.36722/sh.v9i1.2828

Muslih, H., & Roslaeni, E. (2024). Model Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Linuhung: Jurnal

Manajemen dan Pendidikan Islam, 1(1), 1-15.

Muzakkir, M. A., Pomalato, S. W. D., & Katili, M. R. (2022). Efektivitas Multimedia

Interaktif Berbasis Smartphone untuk Pembelajaran Matematika dengan Tatap Muka Terbatas.

Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 81–92.

https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.15605

Nasution, F. K., Munawwaroh, S., & Anandia, S. (2022). Prinsip-Prinsip Pembelajaran

Bahasa. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 361- 364.

Nurjanah, & Erita, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi

Ispring Suite Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Basic

Education Studies, 4 (2), 126-134.

Nurmalasari, W. (2023). Problematika dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia di

Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2912–2919. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6101

Permendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses

Pendidikan Dasar dan Menengah (Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi).

Permendiknas RI. (2007). Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar

Kualifikasi dan Kompetensi Guru (Standar Kompetensi Guru Kelas SD/MI).

Pertiwi, D. S., & Wardhani, I. S. (2024). Karakteristik Media Pembelajaran Interaktif untuk

Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(11), 1-13.

Pratama, M. A., Sufyadi, S., & Satrio, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran IPS

Berbasis Ispring Suite 10 di SMP Negeri 6 Banjarmasin. J-INSTECH, 5(1), 159-170.

https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i1.9851

Prayoga, N., & Gularso, D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis

Multimedia Interaktif dengan Macromedia Authorware pada Kelas IV SD untuk Meningkatkan

Prestasi Belajar IPS. Prodi. PGSD, FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta.

http://repository.upy.ac.id/1174/1/Artikel.pdf

Raehang, & Karim. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam

Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah dasar. Taksonomi: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar,

(2), 174-182.

Rahcmawati, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan

Ispring Suite Materi KPK & FPB Kelas IV SD Islam Al-Ihsan (Skripsi). Tersedia dari Repositori

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/72581/1/Skripsi_Aghnaita%20Rahcma

wati_11160183000010.pdf

Rahmawati, A. A., Roshayanti, F., Mayasari, L., & Dasar, S. (2023). Seminar Nasional

Pendidikan Profesi Guru Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. November, 3060–3069.

Ramadani, E. N., Saryantono, B., & Kirana, A. R. (2022). Pengembangan Media

Pembelajaran Menggunakan Ispring Suite bagi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama.

Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika (JMPM), 4(1), 123-134.

Ramadhani, D., Fatmawati, E., & Oktarika, D. (2019). Pelatihan Pembuatan Media

Evaluasi Dengan Menggunakan Ispring di SMA Wisuda. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada

Masyarakat, 3(1), 24–33.

Rasmuin, R., Jais, E., & Wahyuni, A. A. S. M. (2021). Reliabilitas Tes Buatan Guru Mata

Pelajaran Matematika Menurut Teori Tes Klasik Tingkat SMP Di Kota Baubau. Jurnal Akademik

Pendidikan Matematika, 7(2), 191-196. https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.465

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2:

Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Rhomadhoni, C. S., & Sulaikho, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran iSpring

Suite Berbasis Android pada Materi Kisah Teladan Nabi Ibrahim dalam Meningkatkan Minat

Belajar. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah,7(1), 1-17.

https://doi.org/10.25299/althariqah.2022.vol7(1).7239

Riduwan & Sunarto. (2023). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Rihani, A. L., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2022). Studi Literatur : Media Interaktif

Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan

Dasar), 7(2), 123–131.

Roosita, B., Lestari, D. P., & Setyawan, A. (2022). Keterkaitan Media Interaktif Dengan

Semangat Belajar Peserta Didik. EduCurio Jurnal, 1(1), 117–122.

https://qjurnal.my.id/index.php/educurio

Sabatini, G., Ananda, I. T., Lubis, K. M., Marisca, L., & Sari, V. K. (2024). Pengembangan

dan Aplikasi Media Pembelajaran Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran. Jurnal Generasi

Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 95-103.

Saptomo, W. L. (2018). Ragam Media Interaktif dalam Pembelajaran. Semarang: Badan

Penerbitan Universitas Stikubank (BP-UNISBANK).

Sembiring, R. B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi

Ispring Suite 9 pada Subtema 3 di Kelas IV SDN 040450 Kabanjahe T.A 2021/2022 (Skripsi).

Shoffa, S., Subroto, D. E., Nasution, F. S., Astuti, W., Romadi, U., Cholid, F., . . .

Gusmirawati. (2023). Media Pembelajaran. Simpang Empat: CV. Afasa Pustaka.

Solissa, E. M., Satriah, Sasabone, C., Safar, M., & Hasanah, U. (2024). Efektivitas

Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Pear Deck.

INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4(2), 7273-7280.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D). Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suparlan, S. (2020). Pembelajaran bahasa indonesia di sekoah dasar. Fondatia, 4(2), 245-

Suryanti, E., Tri Widayati, R., Nugrahani, F., & Veronika, U. P. (2024). Pentingnya

Pengembangan Media Berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan,

(1), 505–514. https://doi.org/10.32585/jp.v33i1.4944

Sutrisno, S., Wardah, W., Panjaitan, M., Marlina, S., Manurung, A. K. R., Sinaga, M., ...

& Abidin, Z. (2023). Media Pembelajaran: Konsep Dan Aplikasi. Penerbit Tahta Media.

http://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/436

Watri, Gimin, & Suarman. (2023). Desain dan Pengembangan Media Pembelajaran

Interaktif Berbasis Android. Pekanbaru: Taman Karya.

Widyantara, I.M.S dan Rasna, I.W. (2020). Penggunaan Media Youtube Sebelum dan Saat

Pandemi Covid-19 dalam pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal Pendidikan

dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9 (2), 113-122

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., & Shofiah, T. (2023). Pentingnya Media

Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. 05(02), 3928–3936.

Verawaty, E., & Zulqarnain. (2021). Buku Panduan Guru Bahasa Indonesia: Bergerak

Bersama untuk SD Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen

Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama