PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI ISPRING SUITE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 106163 BANDAR KLIPPA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi iSpring Suite yang valid, praktis, dan efektif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa. Subjek penelitian terdiri dari 1 guru wali kelas V dan 22 peserta didik kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, kuesioner, dan tes, kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Validitas media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi iSpring Suite memperoleh nilai 88% dari validator ahli konten media dan termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, kemudian memperoleh nilai 91% dari validator ahli desain media dan termasuk dalam kategori “Sangat Layak”; (2) Praktikalitas media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi iSpring Suite memperoleh nilai 92% dari guru dan termasuk dalam kategori “Sangat Praktis”, serta memperoleh nilai 91,6% dari respon peserta didik dan termasuk dalam kategori “Sangat Praktis”; dan (3) Efektivitas media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi iSpring Suite dari kenaikan hasil rata-rata pre-test dan post-test yaitu memperoleh skor N-Gain 0,59 dan 0,51 yang termasuk dalam kategori “Efektif”. Selanjutnya dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi iSpring Suite pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Akbar, J. S., Ariani, M., Zulhawati, Haryani, Zani, B. N., Husnita, L., . . . Hamsiah, A.
(2023). Penerapan Media Pembelajaran Digital. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Alfriyanti, N., Hala, B., Karlina, I., Blegur, S., & Garak, S. S. (2023). Pemanfaatan
Powerpoint dan Ispring Suite Dalam Mendesain Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran
Matematika Berbasis Android. 1(2), 39–45.
Angelia, R. A., Vivayosa, N., Anatasia, D., & Hutapea, L. (2024). Pengembangan Media
Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Ispring Suite 9 Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia
Kelas IV Sekolah Dasar. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 4(2), 224-233.
Ardiani, K. E. (2022). Multimedia Pembelajaran Interaktif Berorientasi Teori Belajar
Ausubel pada Muatan IPA Materi Sumber Energi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan
Pendidikan, 6(1), 26–35. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45159
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen
Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal
Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arosyadi, M. I., & Suyantiningsih, S. (2020). Korelasi antara persepsi pengelolaan dan
layanan pustaka dengan motivasi belajar di digital library UNY. Epistema, 1(1), 59-67.
Astini, N. K. S. (2019). Pentingnya Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi
Guru Sekolah Dasar untuk Menyiapkan Generasi Milenial. Jurnal Prosiding Seminar Nasional
Dharma Acarya. 1(1), 119.
Aziz, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android
Menggunakan Aplikasi Ispring Suite pada Mata Pelajaran Teknik Gambar Manufaktur di Kelas XI
SMK Negeri 5 Padang. Jurnal pendidikan Tambusai. 6(2), 16624–16633.
Clarissa, W. F., Dewi, C., & Hartini. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis
Ispring Suite 9 pada Pembelajaran Tematik Kelas V Semester 2 SDN 03 Madiun Lor. Prosiding
Konferensi Ilmiah Dasar, 525-537. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep
Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294.
https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993
Fadli, R., Hakiki, M., Rahayu, S., & Astriyani, S. (2020). Validitas Media Pembelajaran
Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di Sekolah
Menengah Kejuruan. JIPTI: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi, 1(1), 9-15.
https://doi.org/10.52060/pti.v1i1.302
Firdausi, A. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint
pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa SMP Kelas VIII Sebagai Sumber Belajar (Skripsi).
Tersedia dari Repositori UIN Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/61574
Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas media pembelajaran interaktif dengan aplikasi
powntoon pada mata pelajaran bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 1-13.
Halimatussakdiah, Simanungkalit, E., Faisal, Sembiring, M. M., & Siregar, S. L. (2019).
Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas Rendah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Hanisah, Irhasyuarna, Y., & Yulinda, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran
Interaktif Menggunakan Ispring Suite 10 pada Materi Reproduksi Tumbuhan untuk Mengukur
Hasil Belajar. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 6-16.
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... &
Indra, I. (2021). Media pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.
Hidayatillah, W., Ningsih, E. T. W., & Pratama, L. D. (2022). Kepraktisan Media
Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Sites Berorientasi Pada Hasil Belajar Dan Minat Belajar
Siswa. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 93–104.
https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.675
Huda, N., & Mulyani, A. E. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika
Berbasis Android dengan Ispring Suite pada Materi Garis dan Sudut. Al-Khwarizmi: Jurnal
Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 12(1), 51-66.
https://doi.org/10.24256/jpmipa.v12i1.4022
iSpring Solutions, Inc. (2023). iSpring Suite: The Complete Guide. Diakses tanggal 15
Oktober 2024, dari https://www.ispringsolutions.com/articles/create-learning-course-with-ispring
Khoiruman, M. A. (2021). Analisis Hambatan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah
Dasar. Kajian Linguistik, 9(2), 51-62.
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Sutabaya.
Kusuma, Y. (2020). Analisis Komunikatif Peserta Didik Pada Pokok Materi Bahasa
Indonesia di Sekolah Dasar. DAWUH: Islamic Communication Journal, 1(3), 102-112.
Larasati, D., Wrahatnolo, T., Rijanto, T., & Anifah, L. (2022). Pengembangan media
pembelajaran Ispring Suite 9 berbasis android pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(1), 79-85.
Limbong, M., Firmansyah, Fahmi, F., & Khairiah, R. (2022). Sumber Belajar Berbasis
Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah. DECODE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1),
-35. http://dx.doi.org/10.51454/decode.v2i1.27
Linggasari, E., & Rochaendi, E. (2022). Indonesian Language Learning in Elementary
Schools Through Life Skills Education Model. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 13(1), 40.
https://doi.org/10.21927/literasi.2022.13(1).40-62
Mahadi, B. S., & Tohe, A. (2023). Aplikasi Android Menggunakan iSpring Suite untuk
Mengajarkan Kosakata Bahasa Arab bagi Siswa Kelas IV. JoLLA Journal of Language Literature
and Arts, 3(11), 1606–1631. https://doi.org/10.17977/um064v3i112023p1606-1631
Maharani, D., Permata, T., & Harahap, S. H. (2024). Penerapan Keterampilan Bahasa
Produktif: Bericara dan Menulis. Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1),
-282.
Mailida. (2023). Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal of Social Science
Research, 3(2), 1–8.
Mardiansyah, Zen, Z., Bentri, A., & Supendra, D. (2023). Pengembangan Media
Pembelajaran Menggunakan Ispring Suite pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP. Jurnal Family
Education, 37-42.
Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu
Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 554–559.
https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3429
Mulyatiningsih, E. (2016). Model-Model Pengembangan. Yogyakarta: Alfabeta
Munawir, M., Rofiqoh, A., & Khairani, I. (2024). Peran Media Interaktif Dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal AlAzhar Indonesia Seri Humaniora, 9(1), 63– 71. http://dx.doi.org/10.36722/sh.v9i1.2828
Muslih, H., & Roslaeni, E. (2024). Model Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Linuhung: Jurnal
Manajemen dan Pendidikan Islam, 1(1), 1-15.
Muzakkir, M. A., Pomalato, S. W. D., & Katili, M. R. (2022). Efektivitas Multimedia
Interaktif Berbasis Smartphone untuk Pembelajaran Matematika dengan Tatap Muka Terbatas.
Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 81–92.
https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.15605
Nasution, F. K., Munawwaroh, S., & Anandia, S. (2022). Prinsip-Prinsip Pembelajaran
Bahasa. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 361- 364.
Nurjanah, & Erita, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi
Ispring Suite Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Basic
Education Studies, 4 (2), 126-134.
Nurmalasari, W. (2023). Problematika dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia di
Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2912–2919. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6101
Permendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses
Pendidikan Dasar dan Menengah (Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi).
Permendiknas RI. (2007). Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar
Kualifikasi dan Kompetensi Guru (Standar Kompetensi Guru Kelas SD/MI).
Pertiwi, D. S., & Wardhani, I. S. (2024). Karakteristik Media Pembelajaran Interaktif untuk
Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(11), 1-13.
Pratama, M. A., Sufyadi, S., & Satrio, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran IPS
Berbasis Ispring Suite 10 di SMP Negeri 6 Banjarmasin. J-INSTECH, 5(1), 159-170.
https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i1.9851
Prayoga, N., & Gularso, D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis
Multimedia Interaktif dengan Macromedia Authorware pada Kelas IV SD untuk Meningkatkan
Prestasi Belajar IPS. Prodi. PGSD, FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta.
http://repository.upy.ac.id/1174/1/Artikel.pdf
Raehang, & Karim. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah dasar. Taksonomi: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar,
(2), 174-182.
Rahcmawati, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan
Ispring Suite Materi KPK & FPB Kelas IV SD Islam Al-Ihsan (Skripsi). Tersedia dari Repositori
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/72581/1/Skripsi_Aghnaita%20Rahcma
wati_11160183000010.pdf
Rahmawati, A. A., Roshayanti, F., Mayasari, L., & Dasar, S. (2023). Seminar Nasional
Pendidikan Profesi Guru Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. November, 3060–3069.
Ramadani, E. N., Saryantono, B., & Kirana, A. R. (2022). Pengembangan Media
Pembelajaran Menggunakan Ispring Suite bagi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama.
Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika (JMPM), 4(1), 123-134.
Ramadhani, D., Fatmawati, E., & Oktarika, D. (2019). Pelatihan Pembuatan Media
Evaluasi Dengan Menggunakan Ispring di SMA Wisuda. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada
Masyarakat, 3(1), 24–33.
Rasmuin, R., Jais, E., & Wahyuni, A. A. S. M. (2021). Reliabilitas Tes Buatan Guru Mata
Pelajaran Matematika Menurut Teori Tes Klasik Tingkat SMP Di Kota Baubau. Jurnal Akademik
Pendidikan Matematika, 7(2), 191-196. https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.465
Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2:
Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.
Rhomadhoni, C. S., & Sulaikho, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran iSpring
Suite Berbasis Android pada Materi Kisah Teladan Nabi Ibrahim dalam Meningkatkan Minat
Belajar. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah,7(1), 1-17.
https://doi.org/10.25299/althariqah.2022.vol7(1).7239
Riduwan & Sunarto. (2023). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
Rihani, A. L., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2022). Studi Literatur : Media Interaktif
Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan
Dasar), 7(2), 123–131.
Roosita, B., Lestari, D. P., & Setyawan, A. (2022). Keterkaitan Media Interaktif Dengan
Semangat Belajar Peserta Didik. EduCurio Jurnal, 1(1), 117–122.
https://qjurnal.my.id/index.php/educurio
Sabatini, G., Ananda, I. T., Lubis, K. M., Marisca, L., & Sari, V. K. (2024). Pengembangan
dan Aplikasi Media Pembelajaran Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran. Jurnal Generasi
Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 95-103.
Saptomo, W. L. (2018). Ragam Media Interaktif dalam Pembelajaran. Semarang: Badan
Penerbitan Universitas Stikubank (BP-UNISBANK).
Sembiring, R. B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi
Ispring Suite 9 pada Subtema 3 di Kelas IV SDN 040450 Kabanjahe T.A 2021/2022 (Skripsi).
Shoffa, S., Subroto, D. E., Nasution, F. S., Astuti, W., Romadi, U., Cholid, F., . . .
Gusmirawati. (2023). Media Pembelajaran. Simpang Empat: CV. Afasa Pustaka.
Solissa, E. M., Satriah, Sasabone, C., Safar, M., & Hasanah, U. (2024). Efektivitas
Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Pear Deck.
INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4(2), 7273-7280.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D). Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suparlan, S. (2020). Pembelajaran bahasa indonesia di sekoah dasar. Fondatia, 4(2), 245-
Suryanti, E., Tri Widayati, R., Nugrahani, F., & Veronika, U. P. (2024). Pentingnya
Pengembangan Media Berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan,
(1), 505–514. https://doi.org/10.32585/jp.v33i1.4944
Sutrisno, S., Wardah, W., Panjaitan, M., Marlina, S., Manurung, A. K. R., Sinaga, M., ...
& Abidin, Z. (2023). Media Pembelajaran: Konsep Dan Aplikasi. Penerbit Tahta Media.
http://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/436
Watri, Gimin, & Suarman. (2023). Desain dan Pengembangan Media Pembelajaran
Interaktif Berbasis Android. Pekanbaru: Taman Karya.
Widyantara, I.M.S dan Rasna, I.W. (2020). Penggunaan Media Youtube Sebelum dan Saat
Pandemi Covid-19 dalam pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal Pendidikan
dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9 (2), 113-122
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., & Shofiah, T. (2023). Pentingnya Media
Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. 05(02), 3928–3936.
Verawaty, E., & Zulqarnain. (2021). Buku Panduan Guru Bahasa Indonesia: Bergerak
Bersama untuk SD Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen
Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi