PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK MONOPOLI PADA KETERAMPILAN MENULIS PANTUN UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 101947 TANJUNG BULUH

Isi Artikel Utama

Annisya Ayu Sutrisna
Masta Marselina Sembiring
Halimatussakdiah
Edizal Hatmi
Faisal

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Pop Up Book Monopoli guna meningkatkan keterampilan menulis pantun siswa kelas V SDN 101947 Tanjung Buluh. Model yang digunakan adalah ADDIE, yang meliputi lima tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada tahap analisis, dilakukan wawancara dan observasi yang menunjukkan perlunya media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pendidikan, dengan hasil rata-rata kelayakan sebesar 78,75% (kategori layak). Kepraktisan media diuji melalui angket kepada guru dan diperoleh hasil 78,75% (kategori praktis). Efektivitas media dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa, yang menunjukkan peningkatan signifikan dari 2 siswa yang tuntas pada pre-test menjadi 19 siswa pada post-test, dengan nilai N-Gain sebesar 0,72 (kategori tinggi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Pop Up Book Monopoli dinyatakan layak, praktis, dan efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan menulis pantun siswa

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ayu Sutrisna, Annisya, Masta Marselina Sembiring, Halimatussakdiah Halimatussakdiah, Edizal Hatmi, dan Faisal Faisal. “PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK MONOPOLI PADA KETERAMPILAN MENULIS PANTUN UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 101947 TANJUNG BULUH”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 3191–3199. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3153.
Bagian
Artikel

Referensi

Aguspiani, R., Bagus, I., & Irawan, M. (2022). Kemampuan Guru Dalam Pelaksanaan

Pembelajaran Membaca Permulaan di Era Pandemi Covid-19. Journal

of Classroom Action Research,4(3), 87-97.

Arsyad, Azhar, Jaka Wijaya Kusuma. (2023). Dimensi Media Pembelajaran. PT. Sonpedia

Publishing Indonesia, h. 80.

Asyhar, Rayandr, Jaka Wijaya Kusuma. (2023). Dimensi Media Pembelajaran. PT. Sonpedia

Publishing Indonesia, h. 59.

Audi Yundayani, dkk. (2023) Penguatan Kajian Pantun Indonesia sebagai Sebuah Topik

Penelitian, Jurnal Abdimas Prakasa Dakara , h. 19.

Desfitria, Rahmah, and Aninditya Sri Nugraheni, (2021). “Pengembangan Materi Ajar Pantun

Pada Buku Tematik Kelas V Tema 4.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra

Indonesia 2(1):13–23.

Fitriyawani, La Ili. (2022). Ragam Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. CV. Penerbit Qiara

Media, JawaTimur, h. 64.

Hadi Gunawan, (2019). Puisi dan Pantun. Yogyakarta: Cosmic Media Nusantara, h. 58

Hamzah Pagarra, dkk. (2022). Media Pembelajaran. Badan Penerbit UNM, h. 105-109.

Isniarni (2021), Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun dan Syair dengan Model

Contextual Teaching And Learning Siswa Kelas V MI Ma’arif Candran Godean,

J urnal Pendidikan Dasar Islam, 1(10) h. 108).

Kerlinger, Rifa’i Abubakar, (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. SUKA-Press UIN

Sunan Kalijaga, h. 52.

Khalik, Idham. (2021). Peningkatan kemampuan menulis cerita pendek sebagai trapi

ekspresif terhadap emosi pada peserta didik kelas xi man 3 kota jambi. Jurnal

Literasiologi, 6. (2), h. 4.

Kidder, Rifa’i Abubakar, (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. SUKA-Press UIN Sunan

Kalijaga, h. 52.

Lebu, H. (2020). Analisis Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas V SD. Jurnal Elemtary

Education, 2(1), 90.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2021). Qualitative Data Analysis, A Methods

Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan.

Mulyatiningsih (Dalam Rohaeni, S. 2020. Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam

Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model ADDIE Pada Anak Usia

Dini. Jurnal Intruksional, 1(2), h. 122–130).

Nur, H. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Menulis Pantun Bahasa

Daerah. Jurnal Geram (Gerakan Aktif Menulis), 9 (1), h. 38-46

Nurdiana, R. (2021, h. 47). Kreativitas dalam Penyusunan Pantun: Analisis Struktural dan

Kontekstual. Bandung: Media Edukasi.

Ramli, Muhammad, Jaka Wijaya Kusuma, (2023). Dimensi Media Pembelajaran. PT.

Sonpedia Publishing Indonesia, h. 81-83.

Rifa’i Abubakar, (2021), Metodologi Penelitian Kuantitatif, Yayasan Penerbit Muhammad

Zaini Anggota IKAPI (026/DIA/2012), h. 98.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama