PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK MONOPOLI PADA KETERAMPILAN MENULIS PANTUN UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 101947 TANJUNG BULUH
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Pop Up Book Monopoli guna meningkatkan keterampilan menulis pantun siswa kelas V SDN 101947 Tanjung Buluh. Model yang digunakan adalah ADDIE, yang meliputi lima tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada tahap analisis, dilakukan wawancara dan observasi yang menunjukkan perlunya media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pendidikan, dengan hasil rata-rata kelayakan sebesar 78,75% (kategori layak). Kepraktisan media diuji melalui angket kepada guru dan diperoleh hasil 78,75% (kategori praktis). Efektivitas media dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa, yang menunjukkan peningkatan signifikan dari 2 siswa yang tuntas pada pre-test menjadi 19 siswa pada post-test, dengan nilai N-Gain sebesar 0,72 (kategori tinggi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Pop Up Book Monopoli dinyatakan layak, praktis, dan efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan menulis pantun siswa
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Aguspiani, R., Bagus, I., & Irawan, M. (2022). Kemampuan Guru Dalam Pelaksanaan
Pembelajaran Membaca Permulaan di Era Pandemi Covid-19. Journal
of Classroom Action Research,4(3), 87-97.
Arsyad, Azhar, Jaka Wijaya Kusuma. (2023). Dimensi Media Pembelajaran. PT. Sonpedia
Publishing Indonesia, h. 80.
Asyhar, Rayandr, Jaka Wijaya Kusuma. (2023). Dimensi Media Pembelajaran. PT. Sonpedia
Publishing Indonesia, h. 59.
Audi Yundayani, dkk. (2023) Penguatan Kajian Pantun Indonesia sebagai Sebuah Topik
Penelitian, Jurnal Abdimas Prakasa Dakara , h. 19.
Desfitria, Rahmah, and Aninditya Sri Nugraheni, (2021). “Pengembangan Materi Ajar Pantun
Pada Buku Tematik Kelas V Tema 4.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia 2(1):13–23.
Fitriyawani, La Ili. (2022). Ragam Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. CV. Penerbit Qiara
Media, JawaTimur, h. 64.
Hadi Gunawan, (2019). Puisi dan Pantun. Yogyakarta: Cosmic Media Nusantara, h. 58
Hamzah Pagarra, dkk. (2022). Media Pembelajaran. Badan Penerbit UNM, h. 105-109.
Isniarni (2021), Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun dan Syair dengan Model
Contextual Teaching And Learning Siswa Kelas V MI Ma’arif Candran Godean,
J urnal Pendidikan Dasar Islam, 1(10) h. 108).
Kerlinger, Rifa’i Abubakar, (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. SUKA-Press UIN
Sunan Kalijaga, h. 52.
Khalik, Idham. (2021). Peningkatan kemampuan menulis cerita pendek sebagai trapi
ekspresif terhadap emosi pada peserta didik kelas xi man 3 kota jambi. Jurnal
Literasiologi, 6. (2), h. 4.
Kidder, Rifa’i Abubakar, (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. SUKA-Press UIN Sunan
Kalijaga, h. 52.
Lebu, H. (2020). Analisis Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas V SD. Jurnal Elemtary
Education, 2(1), 90.
Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2021). Qualitative Data Analysis, A Methods
Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan.
Mulyatiningsih (Dalam Rohaeni, S. 2020. Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam
Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model ADDIE Pada Anak Usia
Dini. Jurnal Intruksional, 1(2), h. 122–130).
Nur, H. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Menulis Pantun Bahasa
Daerah. Jurnal Geram (Gerakan Aktif Menulis), 9 (1), h. 38-46
Nurdiana, R. (2021, h. 47). Kreativitas dalam Penyusunan Pantun: Analisis Struktural dan
Kontekstual. Bandung: Media Edukasi.
Ramli, Muhammad, Jaka Wijaya Kusuma, (2023). Dimensi Media Pembelajaran. PT.
Sonpedia Publishing Indonesia, h. 81-83.
Rifa’i Abubakar, (2021), Metodologi Penelitian Kuantitatif, Yayasan Penerbit Muhammad
Zaini Anggota IKAPI (026/DIA/2012), h. 98.