PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 106811 BANDAR SETIA

Isi Artikel Utama

Tasya Miranda Harahap
Wildansyah Lubis

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair Share Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 106811 Bandar Setia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design dengan bentuk pre-test dan posttest. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik total sampling dengan mengikutsertakan keseluruhan populasi sebanyak 20 siswa kelas 5-B (kelas eksperimen) dan 20 siswa kelas 5-A (kelas kontrol). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dua sampel dengan menggunakan rumus uji-t berbantuan aplikasi SPSS 22 for windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair Share Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 106811 Bandar Setia. Pada uji normalitas data pre-test kelas eksperimen dengan ketentuan nilai signifikansi > 0,05 bernilai 0,469 > 0,05, sedangkan kelas kontrol 0,280 > 0,05, dinyatakan kedua kelompok sampel berdistribusi normal. Uji normalitas data post-test diketahui 0,095 > 0,05 pada kelas eksperimen dan 0,070 > 0,05 pada kelas kontrol, dinyatakan data kedua kelompok berdistribusi normal. Uji homogenitas dilakukan dengan ketentuan nilai signifikansi > 0,05 bernilai 0,094 > 0,05, dinyatakan sampel pada kedua kelompok memiliki varian yang sama. Uji hipotesis dilakukan dengan ketentuan nilai signifikansi (2 tailed) < 0,05 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) 0,041 < 0,05, membuktikan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair Share Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 106811 Bandar Setia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Miranda Harahap, Tasya, dan Wildansyah Lubis. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 106811 BANDAR SETIA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (Desember 9, 2025): 4730–4738. Diakses Desember 14, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3380.
Bagian
Artikel

Referensi

Ali, Z., Akib, I., & Rukli. (2023). Identifikasi Kesulitan Berbicara Siswa Di Sd Inpres Pakkolompo.

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(3), 1726-1741.

Bahri, A., Rahamma, T., & Idkhan, M. (2023). Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra Berbasis

Interaktif. Sukabumi: CV. Haura Utama.

Khoirudin, & Supriyanah. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Terhadap

Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X Di Sma Kutabumi I Tangerang, Banten . Jurnal

Inovasi Dan Kreatifitas (JIKa), 1(2), 14-22.

Magdalena, I. (2021). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 3 pada Pelajaran Bahasa Indonesia

di MI.Roudhotul Jannah Tangerang. Jurnal Pendidikan Dakwah, 3(2).

Mailani, O., I. N., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi dalam

Kehidupan Manusia . Kampret Journal , 1(2), 1-10 .

Manullang, C. T., & Simanjuntak, E. B. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap

Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Kelas IV SD Negeri 105272. Jurnal Handayani , 15(1),

-137.

Marzuqi, L. (2019 ). Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Surabaya: CV Istana .

Muammar, Suhardi, & Mustadi, A. (2018). Model Pembelajaran Keterampilan Berbicara Berbasis

Komunikatif bagi Siswa Sekolah Dasar: Teori dan Praktik. Mataram: Sanabil.

Nazihah, & Mujianto. (2020). Relevansi Faktor Psikolinguistik dengan Keterampilan berbicara pada

Pembelajaran Berbahasa Produktif. Jurnal Bahasa dan Sastra, 7(1).

Pradana, O. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Prestasi

matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama . Jurnal Jendela Pendidikan, 1(1), 1-6.

Rukmini, A. (2020). Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dalam Pembelajaran Pkn SD .

SHEs: Conference Series 3, 3(3), 2176-2181.

Rukminingsih, & dkk. (2020). Metode Penelitian Pendidikan . Yogyakarta: Erhaka Utama .

Sarifah, I., Imaningtyas, & Budiarti, N. E. (2022). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa SD dalam

Berpuisi Melalui Pemanfaatan Media Youtube selama Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal

Pendidikan Ilmiah, 4(5), 6732-6742.

Simamora, A. B., & dkk. (2024). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF. Tasikmalaya :

Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Sitepu, L. B., Simanungkalit, E., Simanjuntak, E. B., Faisal, & Sembiring, M. M. (2023).

Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara

Pada Tema 1 Subtema 1 Kelas 3 SD Negeri 105401 Namo Linting. IJOL: Indonesian Journal

of Language and Literature, 1(1), 100-106.

Soesana, A. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Medan: Yayasan Kita Menulis

Sukma, H. H., & Saifudin, M. F. (2021). KETERAMPILAN MENYIMAK DAN BERBICARA: TEORI

DAN PRAKTIK. Yogyakarta : K-Media. Ummah, N. A., Gufron, S., Kasiyun, S., & Rahayu, D.

W. (2020). Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Kelas IV Sekolah Dasar. Wanastra :

Jurnal Bahasa dan Sastra, 12(2), 120-128.

Waqiah, F. N., Rohana, & Faisal, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think

Pair Share Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten

Gowa. Pinisi Journal Of Education , 3(5), 181-188.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama