PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 027950 BINJAI T.A. 2024/2025
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS Kelas V SDN 027950 Binjai. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model Pembelajaran Teams Games Tournament dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional berjumlah 48 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara total sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan berganda. Sebelum tes diberikan kepada siswa terlebih dahulu melewati uji coba instrumen kemudian uji prasyarat dengan uji hipotesis Independent Sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 53,40 dan kelas kontrol sebesar 52,35. Selanjutnya, setelah diberi perlakuan yang berbeda dengan model pembelajaran Teams Games Tournament pada kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol, maka diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 80,72 dan kelas kontrol sebesar 66,35. Dari hasil uji t diperoleh 4,33 sedangkan 2,013, karena > maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS Kelas V SDN 027950 Binjai T.A. 2024/2025.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Bukhari. (2022). Model Teams Games Tournament. JURNAL EKSPERIMENTAL : Media Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 11(1), 18–26. https://doi.org/10.58645/eksperimental.v11i1.122
Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P., Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022
Nurrita, T. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. 03, 171–187.
Slavin, R. E. (2016). COOPERATIVE LEARNING Teori, Riset dan Praktik (Z. Zubaedi (ed.)). Penerbit Nusa Media.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Alfabeta.
Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003).