PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III SD NEGERI 200305 PADANGSIDIMPUAN

Isi Artikel Utama

Nurzanna
Eko Sucahyo
Mintana Fauzia Hasibuan

Abstrak

       Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap keterampilan membaca siswa serta menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap peningkatan keterampilan membaca siswa kelas III di SD Negeri 200305 Padangsidimpuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel utama, yaitu model pembelajaran CIRC sebagai variabel bebas dan keterampilan membaca siswa sebagai variabel terikat. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 200305 Padangsidimpuan dengan populasi seluruh siswa kelas III yang berjumlah 16 orang. Karena jumlah populasi yang relatif kecil, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling, sehingga seluruh siswa kelas III dijadikan sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik, yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk menggambarkan data secara umum, serta analisis statistik inferensial untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC berada dalam kategori "baik", dengan nilai rata-rata sebesar 85. Sementara itu, hasil posttest menunjukkan peningkatan yang signifikan dari kategori "rendah" menjadi kategori "cukup", dengan nilai rata-rata sebesar 70. Pengujian hipotesis menggunakan uji t melalui bantuan perangkat lunak SPSS versi 23 menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 8,55 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,131. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca siswa kelas III di SD Negeri 200305 Padangsidimpuan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nurzanna, Nurzanna, Eko Sucahyo, dan Mintana Fauzia Hasibuan. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III SD NEGERI 200305 PADANGSIDIMPUAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 3292–3300. Diakses Desember 6, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3463.
Bagian
Artikel

Referensi

Ahmad, Marzuki, Rahmat Afandi Dongoran, Sabri, and Reviva Safitri. 2023. “Pembinaan Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Kontekstual.” Jurnal Adam: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(2): 325–34. doi:10.37081/adam.v2i2.1491.

Dwirani, M., Harahap, M. S., Nurbaiti, N., & Lubis, I. S. (2023). MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MATERI SIKLUS MAKHLUK HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DIKELAS IV SD NEGERI 101505 PANGARIBUAN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 3(2), 400-408.

Harahap, E. A., Theresia, M., Siregar, R., & Nurzanna, N. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema 4 Subtema 1 Jenis-Jenis Pekerjaan Di Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 4(2), 97-106.

Huduni, A., Affandi, L. H., & Nisa, K. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Membaca Permulaan di Kelas 1 SD Negeri 3 Darek. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 394–398. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.488

Kurniasih, I., dan Sani, B. (2023). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata pena

Lewang, S., Muhammadiyah, M., & Madjid, S. (2023). Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Comosition (CIRC). Chakti Pustaka Indonesia.

Natalia, F. J., & Oentoe, N. N. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integreted Reading And Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Inpres Kakaskasen III. Edu Primary Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1-9.

Nurzanna, N., Nasution, S. R. A., & Putri, Y. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VSEKOLAH DASAR NEGERI 101216 SITUMBA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 4(4), 397-407.

Putri, A., Rambe, R. N., Nuraini, I., Lilis, L., Lubis, P. R., & Wirdayani, R. (2023). Upaya peningkatan keterampilan membaca di kelas tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 51-62.

Zulfadli, Z., Theresia, M., Ningtyas, R. K., Sucahyo, E., & Ilahi, A. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI PERISTIWA DALAM TEKS NONFIKSI DAN FIKSI MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NO. 153064 LOPIAN 1 KABUPATEN TAPANULI TENGAH. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 2(4), 429-437.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 > >>