PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS 3 SDN 100902 HUTARAJA MELALUI TEKNIK STORYTELLING

Isi Artikel Utama

Saima Putri Pohan
Eko Sucahyo
Reviva Safitri

Abstrak

Rendahnya keterampilan berbicara siswa melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini. Rata-rata siswa masih di bawah KKM. Permasalahan tersebut disebabkan siswa belum berani untuk tampil berbicara serta kurangnya pengetahuan siswa terkait pembelajaran keterampilan berbicara. Teknik Storytelling diterapkan dalam penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari satu siklus. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 3 semester genap tahun pelajaran 2024/2025 SDN 100902 Hutaraja. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi (untuk melihat tingkat keaktifan siswa dan guru dalam pembelajaran teknik storytelling) dan tes (untuk melihat peningkatan prestasi belajar siswa). Hasil lembar observasi siswa pada siklus I sebesar 92,86% dan hasil lembar observasi guru pada siklus I sebesar 85,29%. Artinya model pembelajaran teknik storytelling mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia mengenai bercerita pada siswa kelas 3 SDN 100902 Hutaraja.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pohan, Saima Putri, Eko Sucahyo, dan Reviva Safitri. “PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS 3 SDN 100902 HUTARAJA MELALUI TEKNIK STORYTELLING”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (Desember 9, 2025): 4692–4699. Diakses Desember 14, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3881.
Bagian
Artikel

Referensi

Hermawan, Dani. "Kesantunan berbahasa pada anak usia 11 tahun (Studi kasus terhadap anak usia 11 tahun)." METAMORFOSIS| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya 11.1 (2018): 1-9.

Maulinda, R. (2021). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN PENDEKATAN. Gerakan Aktif Menulis, 48. https://journal.stkipsubang.ac.id/

Mubarak, A. F. (2022). Penggunaan Metode Storytelling Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 183.

Parnawi, A. 2020. Penelitian tindakan kelas (classroom action research). Deepublish.

Ramadhania, J., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Paired Storytelling Learning Model Assisted By Paper Puppet Media On Students’ Speaking Skills. Journal of Education Technology, 4(4), 524. https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.27108.

Sucahyo, Eko, dan Rani Kusuma Ningtyas. “IMPLEMENTASI ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI DAN MINAT BELAJAR SISWA”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 2 (Agustus 6, 2023): 374–379. Diakses Juli 24, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1607.

Tumanggor, Suci Rusadi, Melwan Ady Rezki Harahap, Sabri Sabri, Nurbaiti, Eko Sucahyo, Reviva Safitri, Monica Theresia, Fadli Nasution, Rani Kusuma Ningtyas, Sartika Rati Asmara Nasution, Royhanun Siregar, Khairuddin Saleh Siregar, Nurzanna Nurzanna, dan Afdhal Ilahi. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) KELAS IV DI SD NEGERI 155708 PO MANDUAMAS 2 KABUPATEN TAPANULI TENGAH”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 2 (Mei 20, 2023): 299–308. Diakses Juli 24, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1405.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>