UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI LAMBANG NEGARA KELAS III SD NEGERI 173243 AEK BOTIK KABUPATEN TAPANULI UTARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada materi lambang negara di kelas III SD Negeri 173243 Aek Botik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 173243 Aek Botik yang berjumlah 17 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada materi lambang negara di kelas III SD Negeri 173243 Aek Botik Kabupaten Tapanuli Utara dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 9 orang dengan persentase 52,94% sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 8 orang dengan persentase 47,06%. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dimana siswa yang mencapai KKM sebanyak 14 orang dengan persentase 82,35% sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 3 orang dengan persentase 17,65%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lambang negara di kelas III SD Negeri 173243 Aek Botik, Kec. Pahae Jae, Kab. Tapanuli Utara dinyatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Al-Tabany, Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana
Arikunto Suharsimi, Supardi, Suhardjono. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Daryanto. 2018. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh-contohnya. Yogyakarta: Gava Media
Fathurrohman Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Latip A.E. 2018. Evaluasi Pembelajaran di SD dan MI. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Maskani Elia. 2020. Keefektifan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Kartu untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kerjasama Peserta Didik. Skripsi. Tegal: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal
Mudrika, dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas X MIA 3 SMAN 1 Tanete Rilau (Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia dan Bentuk Geometri. Makasssar: Universitas Negeri Makassar. Jurnal Chemical, Juni 2018, Volume 19 Nomor 1, (75-86)
Nasution M.K. 2017. Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Serang: UIN “SMH”. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, Juni 2017, Volume 11 Nomor 1, (9-16). ISSN 1978-8169
Novianto L.A, Degeng, Wedi. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang. Malang: Universitas Negeri Malang. JKTP, September 2018, Volume 1 Nomor 3, (257-263). ISSN 2615-8787
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Shoimin Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Slavin R.E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Narulita. 2015. Nusa Media: Bandung
Sudjana Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Susanto Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Thalita Rachma, dkk. 2019. Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. JPGSD, Agustus 2019, Volume 4 Nomor 2, (147-156). ISSN : 2501- 1923